TEMPAT WISATA DI SUMATERA BARAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang cukup terkenal oleh masyarakat. Selain terkenal dengan makanan yang paling enak di dunia yaitu Rendang. Sumatera Barat juga memiliki beragam tempat wisata yang populer dan terkenal bahkan hingga ke luar negeri seperti Malin Kundang dan legenda Siti Nurbaya. Letak geografis dari Sumatera Barat dengan berbagai bukit dan laut membuat Sumatera Barat memiliki beragam tempat wisata yang sangat indah untuk dikunjungi. Apabila Anda datang berlibur ke Sumatera Barat, ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat yang Hits dan populer di kalangan masyarakat sekitar. Berikut adalah daftar Tempat Wisata di Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi.

Tempat Wisata di Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi

1. Janjang Seribu Koto Gadang

Janjang Seribu Koto Gadang

Mungkin tembok besar China atau The Great Wall sudah sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata Sumatera Barat juga memiliki tembok besar yang sayang untuk Anda lewatkan. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi menyusuri tembok besar, datanglah ke Bukit Tinggi. Anda tidak perlu jauh-jauh ke China untuk menikmati tembok besar karena di Sumatera Barat juga ada. Di tempat ini, Anda akan menyusuri tembok besar dengan penjang sekitar 1 km. Karena perjalanannya cukup panjang, ada baiknya untuk menyiapkan bekal seperti makanan dan minuman untuk berjaga-jaga jika Anda kelaparan atau kehausan saat menyusuri jalan. Pemandangan yang ditawarkan Janjang Seribu Great Wall of Koto Gadang juga sangat indah. Terdapat berbagai bukit menjulang tinggi yang bisa menjadi spot foto selfie Anda ketika berada disini. Untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan Anda di Sumatera Barat, rasanya cocok jika Janjang Seribu Koto Gadang masuk ke dalam Tempat Wisata di Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi.

2. Jam Gadang Bukit Tinggi

Jam Gadang Bukit Tinggi
Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata satu ini. Jam Gadang adalah ikon dari Sumatera Barat sehingga sudah sangat terkenal dan sekaligus menjadi tempat wisata hits di kalangan anak muda. Jam gadang memiliki beberapa tingkat dan yang paling atas terdapat jam dinding dengan angka romawi. Yang unik dari jam tersebut adalah terdapat penulisan angka romawi yang seharusnya IV tetapi ditulis IIII. Di tempat ini, Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang Jam Gadang. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sore hari sampai malam hari karena pemandangannya terlihat lebih indah serta banyak anak-anak hits Sumatera Barat yang nongkrong disekitar Jam Gadang. Begitu ikoniknya maka tak heran jika Jam Gadang Bukit Tinggi menjadi salah satu Tempat Wisata di Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi.

3. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai

Rasanya kalau berkunjung ke Sumatera Barat belum afdol kalau tidak berkunjung ke Kepulauan Mentawai yang sudah sangat terkenal keindahannya. Kepulauan Mentawai adalah satu-satunya objek wisata di Sumatera Barat yang sudah mendunia. Salah satu tempat wisata yang menjadi destinasi pengunjung adalah pantai yang ada di kepulauan Mentawai. Ini dikarenakan pantainya memiliki ombak yang beragam dan sangat cocok untuk berselancar. Di Kepulauan Mentawai terdapat banyak pilihan pantai yang bisa digunakan untuk berselancar mulai dari pantai dengan ombak dengan ketinggian 2 meter sampai dengan ketinggian 4 meter. Namun apabila Anda ingin menikmati pantai yang tenang, Anda bisa datang ke pantai Bulasat yang berada di Pulau Siruso. Mentawai memiliki 4 pulau besar yang menjadi destinasi wisata yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Karena sudah mendunia, Kepulauan Mentawai memiliki berbagai penginapan dengan view yang sangat indah serta dengan harga yang bervariatif. Jika datang ke Kepulauan Mentawai sebaiknya cari penginapan karena 1 hari saja tidak akan cukup untuk mengeksplor kekayaan alam di Kepulauan ini. Karena keindahannya, maka cocok sekali jika Kepulauan Mentawai menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi.

4. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai

Sumatera Barat memiliki air terjun yang unik dan sangat indah. Nama air terjun ini adalah Lembah Anai yang terletak di tepi jalan Padang – Padang Panjang. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat akhir pekan. Untuk berkunjung ke Air Terjun Lembah Anai, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah saja. Air Terjun Lembah Anai cocok sekali menjadi salah satu dari tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi.

5. Lembah Harau

Lembah Harau

Kali ini Lembah Harau menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat yang sangat eksotis di Sumatera Barat, silakan datang ke Lembah Harau yang cukup dekat dengan Kota Payakumbuh. Lembah Harau memiliki keindahan alam yang sangat indah dan banyak yang mengatakan bahwa ini adalah Green Canyon Sumatera Barat. Lembah Harau dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi sampai 150 meter. Selain tebing yang sangat indah, lembah ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah karena terdapat sawah dan aneka pepohonan yang masih asri. Di Lembah Harau, Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata lainnya seperti jurang, air terjun, gua, dan juga cagar alam. Apabila Anda sedang berlibur di Sumatera Barat, rasanya melewatkan tempat wisata yang satu ini sangat disayangkan. Jangan lupa untuk membawa kamera saat berkunjung ke sini untuk mengabadikan momen sekaligus mencari berbagai spot foto terbaik untuk di upload ke instagram.

6. Jembatan Siti Nurbaya, Padang

Jembatan Siti Nurbaya, Padang

Kalau Anda sedang mencari pemandangan indah di sore dan malam hari, silakan datang ke Jembatan Siti Nurbaya. Saat Anda datang ke jembatan ini, Anda akan menemukan gemerlap lampu yang sangat terang menghiasi sekitar jembatan dengan pemandangan yang menakjubkan. Sambil menikmati pemandangan Jembatan Siti Nurbaya, pengunjung bisa mencicipi aneka kuliner yang ada disekitar. Tentunya suasana malam yang dingin akan terasa syahdu sambil menikmati roti bakar dan lihir mudik kapal yang melewati sungai. Karena tempatnya yang cukup terang, tentu selfie di tempat ini akan menghasilkan foto yang cukup baik dan terang. Kata Siti Nurbaya sering sekali diibaratkan oleh zaman Siti Nurbaya biasanya ketidak mauan muda-mudi zaman sekarang untuk dijodohkan perihal mencari pasangan hidup. Tetapi beda dengan jembatan Siti Nurbaya ini, keindahan pemandangan yang ada di jembatan ini mampu membuat jembatan ini masuk ke daftar tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi.

7. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Di Sumatera Barat juga memiliki berbagai pantai yang hits, salah satunya Pantai Nirwana. Letaknya yang tak terlalu jauh dari Padang membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara. Ombak di Pantai Nirwana termasuk tenang dengan pasir putih dan garis pantai yang landai membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai ini. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas seperti berenang, berjemur, bermain pasir, dan juga mencicipi aneka kuliner di pinggir pantai. Pantai populer satu ini rasanya cocok menjadi salah satu dari tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi.

8. Pantai Aie Manih Malin Kundang

Pantai Aie Manih Malin Kundang

Letak negara Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau membuat daerah kita banyak dikelilingi oleh pantai yang indah. Pantai Aie Manih Malin Kundang merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Pantai yang satu ini tampaknya harus menjadi destinasi wajib ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Pantai Aie Manih adalah pantai yang sangat terkenal dan di pinggir pantai terdapat batu Malin Kundang beserta kapalnya. Di pantai ini, pengunjung bisa melihat bentuk asli dari legenda Malin Kundang yang sangat terkenal. Ombak pantai ini juga cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk surfing. Ketika pantai sedang surut, cobalah untuk menyusuri pantai menuju ke Pulau kecil bernama Pisang Ketek yang terletak kurang lebih 200 meter menuju laut. Anda bisa mengabadikan momen menggunakan kamera saat berada di Pulau kecil itu. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu lama berada di pulau tersebut karena sewaktu-waktu air laut akan pasang dan membuat jalan menuju pantai terhalang air.

9. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Satu lagi pantai di Padang yang sedang hits di kalangan anak muda Padang yakni Pantai pasir Jambak. Pantai ini berada kurang lebih 17 kilometer dari kota Padang dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja menggunakan motor. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang dengan pantai yang landai serta pemandangan sunset yang menakjubkan. Tak salah jika anak gaul Sumatera Barat menjadikan Pantai Pasir Jambak sebagai destinasi wisata favorit untuk menikmati keindahan matahari tenggelam sambil berfoto ria. Untuk Anda yang memang gemar mengabadikan foto, maka Pantai Pasir Jambak bisa menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi.

Demikianlah beberapa daftar tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi dan terkenal oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan panjang Anda di Sumatera Barat. Selain tempat wisata tersebut, masih banyak tempat wisata lainnya yang tak kalah indah di Sumatera Barat untuk dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Semoga tulisan ini bisa membantu dan Anda jadikan acuan dalam memilih destinasi wisata Anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tempat foto pemandangan anak muda di kota ambon 2018. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TEMPAT WISATA DI SUMATERA BARAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI"

NGARAI SIANOK, TEMPAT SUNSET TERINDAH DI SUMBAR
Ngarai Sianok, tempat sunset terindah di Sumbar
EKSOTISME PANTAI NIRWANA PADANG SUMATERA BARAT
Pantai Nirwana yang lokasinya tepat berada di
KELEBIHAN DANAU MANINJAU SINGKARAK UNTUK LIBURAN
Danau Maninjau Singkarak yang sangat indah di
REFRESHING DI PULAU PASUMPAHAN PADANG – SUMBAR
Pulau Pasumpahan merupakan sebuah pulau yang sebenarnya