GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA

Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda – Berwisata ke Kota Bandung memang menyenangkan dan mempunyai banyak pilihan. Objek wisata alam di Bandung memang terkenal dengan alam pegunungannya, maklum Bandung bukan wilayah pesisir di Jawa Barat yang mempunyai wisata pantai, beda dengan wilayah Jawa Barat lainnya yang memilki wisata pantai yang sangat terkenal hingga ke mancanegara seperti Tasikmalaya dan Ciamis. Kali ini tempatwisatamu.com akan memberikan ulasan singkat mengenai Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu yang penuh legenda.

Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung berapi di Jawa Barat,tepatnya di kecamatan Lembang, jaraknya kurang lebih sekitar 30 km ke arah sebelah utara kota Bandung. Taman Wisata Gunung Tangkuban Parahu ini mempunyai ketinggian 2084 Meter di atas permukaan air laut. 

Tangkuban Perahu Montain Indonesia
Gunung Tangkuban Parahu yang penuh legenda

Secara administrativ, objek wisata ini termasuk dalam wilayah pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju lokasi Gunung Tangkuban Perahu tidaklah sulit, hanya diperlukan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika Anda tidak mau repot membawa kendaraan sendiri, angkutan umum menuju kesana dari kota Bandung cukup banyak.

 

Tentu kita semua sudah tidak asing dengan legenda gunung tangkuban perahu yang terkenal. Bahkan dulu pernah diangkat pada sebuah film layar lebar. Asal mula nama Tangkuban Perahu sendiri berasal dari sebuah legenda di tanah Sunda yang suda sangat populer, yaitu Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu jika dilihat dari kejauhan memang tampak seperti perahu yang terbalik, konon hal itu diakibatkan oleh kesaktian dari Sangkuriang yang gagal untuk menyelesaikan tugasnya dalam membuat sebuah perahu dan danau untuk berlayar dalam waktu kurang dari satu malam sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi yang tidak lain merupakan ibu kandungnya sendiri yang sudah lama terpisah. 

Tangkuban Perahu Montain Indonesia
Berawal dari kisah Sangkuriang
Sangkuriang tidak percaya bahwa Dayang Sumbi adalah ibu kandungnya, karena memang beliau awet muda dan masih terlihat sangat cantik. Karena do’a dayang Sumbi juga yang tahu bahwa Sangkuriang adalah anaknya, membuat usaha Sangkuriang gagal menyelesaikan syarat tersebut. Karena begitu kesalnya Sangkuriang tidak bisa menyelesaikan perahu yang dibuatnya tersebut, akhirnya dia menendang perahu yang belum selesai tersebut, sehingga perahu yang dibuatnya tersebut telungkup ( telungkup ini jika dalam bahasa sunda disebut tangkuban ). 

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu yang penuh legenda ini mempunyai9 kawah yang hingga kini masih aktif. Banyaknya letusan yang pernah terjadi dalam kurun waktu 1.5 abad terakhirlah yang menyebabkan di tempat wisata ini menjadi banyak kawah.  Kawah kawah yang ada di Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu antara lain adalah Kawah Ratu, disebelahnya ada Kawah Upas, di bagian bawah menuju puncak ada Kawah Domas, Kawah Baru, ada juga Kawah Jurig, ada Kawah Badak, ada Kawah Jurian dan Kawah Siluman serta Kawah Pangguyungan Badak. Di antara kawah-kawah di taman wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang paling besar diantara yang lainnya, dikuti oleh Kawah Upas yang letaknya bersebelahan dengan kawah Ratu. 

Tangkuban Perahu Montain Indonesia
Jalan setapak menyusuri Kawah Domas
Lain lagi dengan kawah Domas yang terletak di bawah Kawah Ratu, jika kita berkendara menuju puncak kawah ratu, maka kita akan melewati sebuah gerbang menuju Kawah Domas. Di Kawah Domas Tangkuban Perahu ini kita bisa melihat dengan lebih dekat area kawahnya, bahkan kita juga bisa merebus telur dengan mencelupkannya dengan jaring tertentu ke dalam kawah yang matang dalam waktu singkat. Jika kita ingin masuk menujuKawah Domas diatas jam 16.00 sore, maka kita harus menggunakan jasa pemandu wisata yang ada agar tidak berbahaya. 

Tangkuban Perahu Montain Indonesia
Merebus telur di Kawah Domas
Beberapa kawah di taman wisata Gunung Tangkuban Perahu ini mengeluarkan bau asap belerang yang cukup menyengat, bahkan ada beberapa kawah yang dilarang untuk dituruni oleh pengunjung, karena bau asap yang ditimbulkannya mengandung racun. 

Taman wisata gunung Tangkuban Parahu memang sangat mengagumkan. Bahkan jika cuaca sedang cerah, lekukan tanah yang terdapat pada dinding kawah dapat dilihat oleh para wisatawan dengan jelas. Selain itu bagian dasar kawah yang sangat mengagumkan jugabisa kita nikmati keindahannya. Keindahan alam yang eksotis inilah yang menjadikan tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung selalu dipadati oleh pengunjung pada setiap libur akhir pekan tiba.
Tangkuban Perahu Montain Indonesia
Tangkuban Perahu dipenuhi wisatawan di hari libur
Tidak hanya wisatawan lokal, para wisatawan dari mancanegara juga banyak yang datang karena ingin menyaksikan keindahan panorama alam gunung Tangkuban Perahu. Bahkan jika libur panjang tiba, para pengunjung yang datang ke lokasi wisata Gunung Tangkuban Parahu ini mencapai ribuan setiap harinya. 

Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu ini adalah Rp. 15.000 per orang. Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Di sekitar lokasi Kawah Ratu banyak sekali pedagang dan juga kios-kios yang menjual cinderamata atau oleh oleh khas Gunung Tangkuban Perahu. seperti baju, kaos, selendang, topi, alat musik angklung, perhiasan seperti gelang, cincin, batu alam, dan berbagai macam aksesoris lainnya dari kerajinan tangan warga setempat seperti topi dari bulu kelinci. 

Tangkuban Perahu Montain Indonesia
Bibir Kawah Ratu dipenuhi pedagang
Selain itu juga ada yang menjual berbagai tanaman bonsai, bunga, mainan anak, hingga senjata tajam yang menjadi khas Sunda ada di lokasi ini. Yang paling saya suka disini adalah jagung bakarnya, menikmati jagung bakar yang memilki banyak variasi rasa di atas gunung dengan suhu yang sangat dingin lebih enak dan sangat menyenangkan. Kedai makanan atau minuman juga banyak berjejer di sekitar kawah ratu. Belum lagi para pedagang buah-buahan seperti strawberry dan murbei yang banyak tumbuh subur di Lembang hilir mudik menawarkan barang dagangannya pada para pengunjung.
Terima kasih telah membaca artikel tentang film legenda gunung tangkuban perahu. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA"

BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik