OBJEK WISATA CARINGIN TILU BANDUNG

Objek Wisata Caringin Tilu Bandung – Satu lagi tempat wisata yang saya rekomendasikan bagi Anda pecinta wisata alam, terutama bagi Anda yang berada di Jawa Barat, tepatnya di sekitar wilayah Bandung. Selain Tasik yang terkenal hingga ke mancanegara dengan wisata alamnya, di Jawa Barat memang tidak ada habisnya untuk menyajikan tempat-tempat wisata yang indah, menarik serta dengan pemandangan yang eksotis dan udara yang sangat sejuk, salah satunya adalah objek wisata Caringin Tilu Bandung yang tepatnya berlokasi di wilayah di Bandung sebelah timur. Caringin Tilu merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi sebagai tempat rekreasi bersama dengan keluarga, dan objek wisata Caringin Tilu Bandung ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang banyak, termasuk warga Kota Bandung sendiri. 

Caringin tilu Bandung

Pesona alam Caringin Tilu yang sangat luar biasa sekali untuk dinikmati setelah kita merasa penat dengan berbagai kegiatan dan pekerjaan selama satu minggu penuh. Sebuah tempat wisata yang bisa dibilang sangat dekat sekali lokasinya dengan Kota Bandung. Disana kita juga dapat menikmati sajian pemandangan alam yang indah dan pegunungan yang menghampar hijau di sekelilingnya. Tempat wisata Caringin Tliu Bandung ini tidak jauh dari tempat yang biasa dilewati para wisatawan yang berlibur ke Bandung, hanya berjarak kurang lebih sekitar 6 km dari Surapati Core atau Saung Angklung Udjo yang ada di daerah Jalan Padasuka Bandung.
 

caringin tilu bandung
Jelang malam di Caringin Tilu Bandung
Tempat Wisata Caringin Tilu Bandung merupakan tempat wisata alam yang masih cukup terdengar asing di telinga warga Bandung dan sekitarnya ini tepatnya berada di wilayah Kampung Cisayur, Desa Cimenyan, daerah Kecamatan Cimenyan dan termasuk Kabupaten Bandung. Jika Anda mau kesana arahnya adalah dari Terminal Cicaheum Kota Bandung langsung saja belok kiri masuk ke Jalan Padasuka jika Anda berkendaraan dari arah Bandung kota. Untuk sampai di tempat wisata alam Caringin Tilu yang jarak tempuhnya sekitar 5 km dari terminal Cicaheum kuncinya cuma satu, Anda tinggal ikuti saja alur jalan menuju kesana yang berkelok dan agak menanjak, maka dalam waktu kurang lebih sekitar 20 menit Anda akan sampai di puncak tertinggi di wilayah Kecamatan Cimenyan itu. Baca juga: 5 Tempat Makan Malam Romantis Di Bandung.

Caringin tilu bandung view city light

City light Kota Bandung terlihat dari caringin Tilu

Warga sekitar menyebut tempat ini dengan sebutan Cartil yang berasal dari kepanjangan Caringin Tilu. Cartil mulai dibuka menjadi tempat wisata Alam di Bandung mulai tahun 2002. Tempat ini mempunyai keindahan alam yang indah dan masih sangat asli. Pada waktu pertamakali dibuka sebagai tempat wisata, disana hanya ada tiga orang pedagang yang menjual makanan. Namun, saat ini di Cartil Bandung sudah semakin ramai dengan berdirinya sekitar 25 saung dengan berbagai menu kuliner dan varian makanan yang disediakan untuk para pengunung. Baca juga: 10 Tempat Wisata Alam Terbaik Di Bandung.

 

Nama Caringin Tilu sendiri merupakan Bahasa Sunda yang dalam Bahasa Indonesia artinya tiga beringin. Nama ini diambil dari keberadaan tiga buah pohon beringin yang berada di daerah ini. Tiga buah pohon beringin yang berada di daerah ini telah berumur ratusan tahun, namun saat ini hanya tersisa satu pohon saja, karena satu pohon beringin lainnya tumbang, dan satu pohon beringin yang satu lagi mati kering. Untuk dapat melestarikan keidentikan nama tempat wisata ini dengan keberadaan 3 buah pohon beringin maka warga masyarakat yang bermukim di sekitar Cartil menanam kembali dua buah pohon beringin yang baru sebagai pohon pengganti. 

Tempat Menyambut Tahun Baru Di Bandung
Di atas tempat wisata ini ada sebuah makam leluhur yang diyakini sebagai makam keramat oleh warga masyarakat sekitar. Selain itu mitos tambah berkembang lagi dengan adanya kejadian yang dihubungkan oleh warga dengan kematian dua buah pohon beringin ataupun caringin saat kekalahan yang dialami oleh salah satu partai yang lama berkuasa berlambangkan pohon beringin yang sejak lama bernomor urut 2 pada pemilihan umum silam. Baca juga: 6 Destinasi Kuliner Favorit Anak Muda Bandung.

Ketika tahun baru tiba, tempat wisata Caringin Tilu merupakan salah satu obyek wisata alam di Bandung yang dipenuhi oleh para pengunjung, bahkan selalu menyebabkan kemacetan yang cukup panjang. Rata-rata pengunjung datang kesana pada malam tahun baru karena ingin melihat indahnya pesta kembang api dari atas gunung di kawasan Cartil ini. Baca juga: Daftar Lengkap 200 Objek Wisata Bandung.
Daratan tinggi objek wisata Cartil Bandung memiliki keindahan alam yang sangat alami ini akan membawa Anda pada rasa nyaman dan juga damai dengan melihat harmonisasi alam yang terhampar dengan luas di hadapan kita. Ciptaan Tuhan berupa alam yang sangat indah ini dapat kita lihat serta secara tersirat menyampaikan pesan pada kita untuk selalu menjaga kelestariannya. Kita juga bisa mengamati kota Bandung dengan jelas yang terletak di bawah daratan obek wisata Cartil ini dengan sangat leluasa. Apalagi jika Anda kesana pada malam hari, pemandangan kota Bandung di terlihat dari objek wisata Cartil ini bagaikan lautan hitam dengan beribu bintang bertebaran yang berasal dari ribuan cahaya lampu penduduk dan kota yang berwarna warni. Baca juga: Daftar Hotel Yang Recomended Di Bandung.
 
Keramaian di Cartil Bandung ini pada malam tahun baru biasanya berlangsung hingga jam 01.00 WIB dini hari. Selain karena tempatnya yang indah, pengunjung yang datang ke Objek Wisata Alam Caringin Tilu ini tidak dikenakan biaya karcis atau tiket masuk seperti tempat wisata lain pada umumnya. Para pengunjung atau wisatawan yang datang cukup membayar untuk biaya parkir saja.
Terima kasih telah membaca artikel tentang caringin tilu, cartil bandung. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "OBJEK WISATA CARINGIN TILU BANDUNG"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
WISATA KULINER KE D’COST SEAFOOD DI BANDUNG
Wisata Kuliner Ke D’Cost Seafood Di Bandung
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng