9 TIPS LIBURAN MENYENANGKAN DI TEMPAT WISATA

9 Tips Liburan Menyenangkan Di Tempat WisataSudah siap berlibur bersama teman dan keluarga? Waktunya Anda memilih destinasi wisata yang tepat untuk berlibur kali ini. Jangan sampai liburan yang sudah Anda rancang sejak jauh hari berujung membosankan dan tidak meninggalkan kesan tidak menyenangkan sama sekali, karena hasilnya bukan penat Anda yang hilang, tapi malah menambah stres dan kerugian. Agar liburan Anda bersama teman ataupun keluarga menyenangkan, kali ini tempatwisatamu.com akan memberikan tips liburan menyenangkan di tempat wisata. Segala sesuatu bila dipersiapkan dengan matang pasti akan berjalan dengan baik demikian halnya dengan jalan-jalan atau berlibur ke pantai.
Beautiful backpacker
Agar liburan aman dan menyenangkan
1. Informasi Objek Wisata Yang Cukup
Segala sesuatu tentu butuh persiapan yang matang, termasuk dalam berwisata. Jadi sebelum bepergian, sebaiknya Anda cari informasi terlebih dahulu tentang objek wisata yang akan Anda kunjungi. Mulai dari lokasi tempat wisata, arah jalan menuju kesana, transportasi apa yang digunakan, makanan apa saja yang harus di bawa karena tentu berbeda makanan yang kita bawa saat akan berwisata ke daerah pegunungan dengan beriwisata ke pantai misalnya. Selain itu cek juga info berbagai fasilitas apa saja yang tersedia disana, apakah ada penginapan jika Anda ingin menginap di kawasan objek wisata tersebut, oleh-oleh khas yang bisa dibeli dan wahana apa saja yang dapat Anda nikmati di lokasi. Anda bisa mendapatkan informasi via internet atau dari teman yang sudah pernah berwisata ke daerah tujuan Anda.

Tidak ketinggalan Anda juga harus menanyakan siapa saja yang bisa ikut untuk berwisata dengan Anda, jangan sampai alat transportasi tidak cukup karena perencanaan kurang matang. Sebaiknya Anda juga mempertimbangkan adanya event-event khusus di tempat wisata tertentu seperti festival atau acara tahunan lainnnya, karena ini akan menambah asyik perjalanan wisata Anda. Jangan lupa juga untuk mencari tahu tentang ramalan cuaca yang diprediksi akan terjadi di daerah tempat wisata tujuan Anda.

2. Menyusun Rencana Anggaran
Setelah mendapatkan informasi yang cukup, sekarang waktunya bagi Anda untuk menyusun daftar anggaran yang nantinya akan dikeluarkan. Jika wisata ke daerah pantai mungkin selain membeli jajanan Anda juga harus menyiapkan anggaran untuk sewa tikar, sewa naik banana boat, sewa jet ski dan yang lainnya. Jika ke tempat wisata lain, Anda bisa perhitungkan sendiri. Hal ini tidak lain agar Anda tidak usah mengeluarkan banyak biaya yang tidak perlu, seperti belanja sesuatu yang berlebihan dan diluar dari anggaran yang sudah ditetapkan.

3. Persiapkan Keperluan Anda Selama Di Tempat Wisata
Siapkan semua keperluan yang Anda butuhkan selama berwisata. MIsalnya saat ke daerah pegunungan Anda harus membawa jaket yang cukup tebal, sandal gunung, tenda untuk berkemah, minuman penghangat badan dan lain-lain. Saat ke pantai Anda juga jangan pernah lupa untuk membawa baju ganti, kaca mata hitam, topi, membawa handuk serta sabun mandi untuk membilas tubuh. Kenakan pakaian yang cukup ringan, tidak terlalu tebal, atau yang membuat Anda banyak berkeringat saat ke pantai. Jangan lupa Anda persiapkan beberapa obat-obatan yang diperlukan sesuai kondisi tempat wisata. Seperti sunblock dan pelembab kulit saat ke pantai serta minyak angin juga lainnya saat ke pegunungan. 

Beautiful backpacker
Selalu waspada dan patuhi aturan saat berwisata
4. Tetaplah Waspada Di Tempat Wisata
Sebaiknya Anda selalu waspa saat berlibur di tempat wisata, apalagi objek wisata yang dipadati banyak pengunjung. Karena tangan-tangan jahil selalu ada dimana-mana. Jangan sampai Anda lengah saat asyik menikmati wahana atau fasilitas yang ada di tempat wisata. Selalu perhatikan dan patuhi rambu-rambu yang ada dan jangan melanggarnya, seperti daerah yang mudah longsor saat di pegunungan atau ombak yang sedang besar saat dipantai.

5. Perhatikan Makanan
Ini cukup penting bagi Anda saat berada di tempat wisata manapun, khususnya untuk para pecinta wisata kuliner.Perhatikan kebersihan makanan di tempat wisata, memilih makanan yang tidak bersih, malahan membuat Anda dapat sakit perut, mual ataupun gangguan lain yang nantinya akan mengganggu perjalanan wisata Anda. Lihat saja tempat penyajian makanan tersebut, cara penyajiannya dan jika memungkinkan bisa dilihat dari proses pembuatannya. Satu lagi yang penting, untuk mendapat makanan yang enak, harga terjangkau dan pelayanan yang baik biasanya ditandai dengan banyaknya pengujung ditempat makan tersebut. Jangan lupa untuk menanyakan harga sebelumnya pada si penjual, karena segelintir pedagang makanan di tempat wisata terkadang ada yang tidak memasang daftar harga dan ini sengaja untuk memanfaatkan alias menjerat wisatawan.

6. Booking Hotel Bila Perlu
Jika Anda merencanakan liburan yang cukup lama, sebaiknya Anda sudah memesan tempat penginapan baik di hotel atau vila sebelum datangnya masa liburan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak kehabisan tempat untuk bermalam.

7. Membawa Dokumen Lengkap
Tips yang satu ini khususnya untuk Anda yang berlibur ke luar negeri. Pastikan Anda telah mengurus semua dokumen yang diperlukan untuk perjalanan ataupun dokumen kesehatan yang mungkin diperlukan. 

Beautiful backpacker
Mengabadikan kenangan di tempat wisata
8. Istirahat Yang Cukup
Sebaiknya Anda memiliki waktu istirahat dan tidur cukup menjelang hari keberangkatan untuk berlibur. Soalnya, kondisi fisik Anda mungkin akan cukup lelah dikarenakan perjalanan yang cukup panjang ke tempat wisata. Bagaimana liburan Anda akan menyenangkan dengan kondisi fisik yang kurang fit? Oleh karena itu banyaklah istirahat sebelum berangkat.

9. Abadikan Kenangan Indah
Abadikan kebersamaan Anda dengan teman atau keluarga di tempat wisatadengan foto atau video. Selain itu, Anda juga bisa membeli beberapa oleh-oleh yang khas dan identik dengan tempat wisata tersebut.

Itulah beberapa 9 tips liburan menyenangkan di tempat wisata bagi Anda yang mau berwisata dalam waktu dekat. Semoga liburannya menyenangkan ya ^_^ 

Related Post "9 TIPS LIBURAN MENYENANGKAN DI TEMPAT WISATA"

TIPS BULAN MADU ROMANTIS DENGAN BERKEMAH
Tips Bulan Madu Romantis Dengan Berkemah -
11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik