TIPS LIBURAN PANJANG

LIBURAN

Banyak orang yang yang menganggap bahwa musim liburan lebaran dan liburan akhir tahun seperti natal dan tahun baru adalah momen libur panjang yang bisa mereka dapatkan. Banyak orang mungkin merencanakan untuk berwisata keluar kota karena memanfaatkan libur panjang pada waktu lebaran atau natal dan tahun baru dan ada pula yang memilih untuk menghabiskan musim liburan panjangnya hanya di rumah. Untuk Anda yang memiliki keinginan untuk ke luar kota sebaiknya, benar-benar persiapkan diri Anda sebelum memulai perjalanan karena adanya kemungkinan jalanan yang sangat padat atau macet terutama untuk kota-kota destinasi tujuan wisata seperti Bandung, Bogor, Yogyakarta dan Solo.

Di bawah ini terdapat berbagai macam tips liburan panjang untuk Anda yang ingin ke luar kota atau mudik:

1. Periksa dan Pastikan bahwa Anda dalam Kondisi yang Prima

Jika Anda berkeinginan membawa kendaraan pribadi, jagalah kondisi Anda agar benar-benar sehat, walaupun kamu bukan sebagai pengemudi tetapi hanya sebagai penumpang, karena kesehatan tubuh Anda harus menjadi prioritas utama. Karena, melihat dari kejadian di musim lebaran sebelumnya ketika banyak para pemudik yang kecapaian di jalan harus membuat kita jauh lebih waspada dan sayang akan kesehatan tubuh kita. Untuk itu jangan remehkan kesehatan dan jangan lupa untuk selalu sedia kotak P3K di dalam kendaraan anda, dan isilah kotak tersebut dengan obat-obatan yang sering dipakai oleh para pengendara jarak jauh.

Liburan

Sumber: Instagram @fitu77

2. Lengkapi Kendaraan Pribadi Anda dengan GPS

Dengan adanya libur panjang ini, kemungkinan terjadinya penumpukan kendaraan atau kemacetan sangat mungkin terjadi, Anda harus pintar-pintar untuk mencari jalan alternatif dan yang paling efektif. Dengan keadaan sekarang di mana zaman semakin canggih, banyak sekali aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps atau Waze yang dapat digunakan untuk mengetahui keadaan lalu lintas. Bisa juga dengan memfollow beberapa akun resmi milik kepolisian seperti di Twitter.

3. Periksa Kembali Kondisi Kendaraan

Apabila Anda memilih untuk bepergian menggunakan mobil pribadi selama liburan panjang, maka sebaiknya periksa ulang kondisi kendaraan Anda seperti komponen-komponen penting yang ada yaitu keadaan rem, ban, lampu indikator, lampu jalan, aki, AC, dan tentu saja bensin. Jangan sampai Anda lupa mengisi bensin atau kalau tidak liburan Anda bisa terhambat.

4. Apabila Anda Lelah Sebaiknya Istirahat

Biasanya suasana lalu lintas yang padat karena musim liburan panjang ini, dapat membuat para pengemudi terserang kelelahan dan mengantuk. Apabila pengemudi sudah merasakan hal seperti itu, sebaiknya beristirahatlah di tempat-tempat yang memang telah disediakan. Kurang lebih Anda bisa beristirahat selama 1-2 jam untuk melakukan peregangan otot dan rasa kantuk.

5. Persiapkan Hiburan Selama Perjalanan

Untuk Anda yang menginginkan berlibur ke tempat yang jauh, pilihan musik yang tepat untuk menemani selama perjalanan sangat dibutuhkan karena itu dapat mengurangi rasa bosan selama mengemudi. Musik yang tepat juga dapat membuat Anda lebih santai dan menikmati perjalanan yang Anda lakukan.

6. Tidak Perlu Tergesa-gesa

Selama liburan panjang seringkali pengemudi menginginkan agar lekas sampai di tempat tujuan, sebaiknya perlu diingat bahwa liburan sendiri berarti bahwa Anda seharusnya menikmati perjalanan tersebut meskipun keadaannya macet, dan ingatlah bahwa keselamatan adalah yang utama.

7. Gunakanlah Transportasi Umum

Apabila Anda berencana melakukan liburan panjang yang jauh sebaiknya jangan menggunakan kendaraan pribadi. Sebaiknya gunakanlah transportasi umum yang ada seperti pesawat atau kereta api. Dan baru apabila Anda sudah berada si tempat tujuan, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa mobil yang adadi kota tersebut.

8. Persiapkan Alat Komunikasi dan Dokumentasi

Apabila Anda hendak bepergian ke tempat wisata, berphoto adalah hal yang wajib dilakukan. Bawalah perangkat seperlunya seperti kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Disamping itu jangan lupa isi Pulsa atau Paket Internet untuk mengungah foto Anda ke media sosial.

Untuk Anda yang lagi berhemat dan dana yang dipunya tidak cukup untuk melakukan perjalanan keluar kota selama liburan panjang. Jangan khawatir liburan dapat juga dilakukan di rumah sebagai alternatif mengisi musim liburan Anda. Liburan di rumah dapat melakukan aktivitas hobi atau sosialita. Di bawah ini terdapat berbagai macam tips musim liburan panjang di rumah:

1. Menonton Film secara Beruntun di Rumah

Untuk Anda yang lagi kekurangan dana untuk menghadapi musim liburan panjang, Anda bisa melakukan hal ini. Apabila Anda memiliki koleksi film-film yang belum sempat kalian tonton karena kesibukan harian, momen ini bisa Anda gunakan. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan menggunakan snack dan juga minuman. Hal ini asyik dilakukan baik sendirian maupun bersama teman-teman.

2. Melakukan Percobaan di Dapur

Untuk Anda yang memang terampil di dapur, Anda bisa melakukan percobaan-percobaan terutama untuk mencoba menu masakan baru yang belum pernah sama sekali Anda buat. Carilah berbagai macam resep di internet dan Anda bisa mempraktekannya di rumah. Liburan panjang Anda pasti mengasyikkan terutama ketika Anda mencobanya bersama keluarga ataupun teman-teman dekat anda.

Tips Liburan Panjang

Sumber: Instagram @yuripech

3. Bercocok Tanam

Untuk Anda yang menyukai kegiatan bercocok tanam hal ini bisa Anda lakukan, sekarang banyak sekali orang yang menjual berbagai macam bibit tumbuhan baik itu sayuran atau bunga di internet. Anda bisa mencoba membelinya menanamnya di pekarangan rumah anda. Selain menyenangkan hal itu juga bermanfaat karena bisa mempercantik rumah anda.

4. Adakan Pertandingan Game

Untuk Anda para gamer sejati, pasti Anda sangat menyukai ketika Anda memiliki waktu yang sangat panjang untuk bermain game. Kamu bisa bermain dengan menggunakan Play Station, Xbox, smarthphone ataupun PC kamu, tetapi jangan sampai kelewatan. Tidak hanya game yang dilakukan menggunakan alat elektronik saja, kamu juga bisa melakukan monopoly dan Uno bersama keluarga, dan akan lebih seru lagi apabila yang kalah harus menerima hukuman seperti diberi lipstick ataupun bedak. Pasti musim liburan panjangmu akan sangat berkesan

5. Melakukan Perawatan Kecantikan

Ketika kamu memiliki waktu luang yang sangat panjang, kamu bisa memanjakan dirimu dengan melakukan berbagai macam perawatan tubuh, seperti luluran atau melakukan hair mask. Kamu bisa mencontoh perawatan-perawatan yang ada di website-website kecantikan dan mencoba mengaplikasikannya sendiri di rumah.

6. Membersihkan dan Menata Rumah

Apabila sepanjang tahun, Anda selalu dipenuhi aktivitas yang padat, mungkin akhir tahun ini menjadi waktu yang sempurna untuk Anda merawat dan menata kembali rumah anda, dengan menatanya bisa jadi Anda menemukan barang-barang yang Anda kira hilang selama ini.

Berikut adalah berbagai macam tips liburan panjang dan dapat Anda gunakan pada saat musim liburan panjang seperti liburan akhir tahun natal dan tahun baru, liburan lebaran, liburan sekolah, dan berbagai macam liburan lainnya. Selamat berlibur!

Tags: Liburan Liburan Akhir Tahun Liburan Lebaran Liburan Natal Liburan Panjang Liburan Sekolah Liburan Tahun Baru tips liburan

Related Post "TIPS LIBURAN PANJANG"

5 TIPS LIBURAN SENDIRIAN BAGI WANITA
5 tips liburan sendirian bagi wanita ini
10 TIPS MENGATASI JET LAG SAAT LIBURAN
10 Tips Mengatasi Jet Lag Saat Liburan
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TIPS MENGATASI FLU DAN PILEK SAAT WISATA
5 Tips Mengatasi Flu Dan Pilek Saat