Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta

Pantai Baru – Pesona alam Yogyakarta memang tidak ada habisnya dengan keindahan-keindahan yang luar biasa. Yogyakarta atau yang biasanya masyarakat kenal dengan sebutan Jogja ini memang diberkahi dengan potensi pariwisata yang berlimpah. Wisata-wisata Jogja sangat menarik dan wajib dinikmati oleh wisatawan, tak heran Jogja dijadikan salah satu tujuan utama pariwisata nasional di Indonesia.

Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta

Jogja merupakan magnet yang sangat kuat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan bagi masyarakat Jogja pun, berkelililing dan berkunjung ke destinasi wisata-wisata di Jogja merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Pariwisata juga menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah terbesar. Hal ini merupakan bukti bahwa perkembangan sektor pariwisata di Jogja dari waktu ke waktu semakin pesat.

Beragam wisata dapat anda temui di Jogja diantaranya yaitu wisata kuliner dengan gudegnya yang sangat terkenal dan menjadi menu wajib apabila anda berada di Jogja, wisata sejarah dengan kerarton dan bangunan candi-candi yang berdiri megah, wisata budaya dengan ribuan seniman-seniman kreatif dan budaya khas jawa yang masih kental, wisata belanja dengan banyaknya pusat-pusat perbelanjaan serta kawasan malioboro yang melegenda, dan yang tak kalah pentingnya yaitu wisata alamnya mulai dari deretan pegunungan sampai dengan deretan pantai-pantai yang mempunyai pemandangan alam yang eksotis.

Pantai Baru Yogyakarta

Berbicara destinasi wisata alam, Yogyakarta mempunyai banyak wisata alam yang keindahannya akan membuat mata anda takjub ketika melihatnya. Ada 3 daerah kabupaten di Jogja yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, kabupaten-kabupaten tersebut diantaranya yaitu Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Bantul.

Jika Kulon Progo dan Gunung Kidul terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, Bantul juga mempunyai kawasan pantai yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Salah satu destinasi wisata di Bantul yang unik dan wajib anda kunjungi adalah Pantai Baru.

Sesuai dengan namanya, Pantai baru ini memang merupakan sebuah pantai yang baru. Yang dimaksud dengan baru dalam nama pantai ini adalah karena pantai ini baru saja dikelola dan dikembangkan untuk pariwisata oleh masyarakat sekitar. Berawal dari kondisi pantainya yang kotor dan kurang terawat, membuat masyarakat berinsiatif untuk mengelola dan mengembangkan potensi wisata di pantai ini.

Wisata Pantai Baru Yogyakarta

Lokasinya juga yang jauh dari pusat kota membuat banyak orang tidak mengetahui keberadaan pantai ini, ditambah dengan minimnya infrastruktur yang tersedia juga membuat orang enggan mengunjungi lokasi pantai ini. Tetapi saat ini pantai ini telah banyak berubah menjadi lebih bersih, nyaman, dan yang pasti bebas dari polusi udara. Pantai Baru ini dapat anda jadikan sebagai salah satu pilihan untuk tujuan wisata anda apabila anda ingin menghilangkan penat dari padatnya aktivitas dan panasnya udara di perkotaan.

Entah sampai kapan nama Pantai Baru ini akan digunakan, karena bagaimanapun nantinya setelah bertahun-tahun pantai ini sudah tidak layak lagi menyandang nama Pantai Baru, karena statusnya yang sudah tidak lagi baru. Pantai ini memang kurang terkenal jika dibandingkan dengan Parangtritis dan Pantai Krakal serta pantai-pantai lainnya yang lokasinya juga berada di daerah Bantul tetapi Pantai baru ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan anda temukan di pantai-pantai lainnya di Jogja.

Keunikan Pantai Baru Yogyakarta

Keunikan Pantai Baru Yogyakarta

Pantai Baru ini mempunyai beragam keunikan tersendiri yang tentunya sangat layak dijadikan sebagai keunggulan dari sebuah wisata pantai. Salah satu keunikan tersebut berawal dari datangnya Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan tujuan untuk melakukan pengembangan listrik bertenaga alternatif matahari dan angin. Oleh karena itu Kemenristek melakukan uji coba dengan cara memasang sejumlah solar cell dan kincir angin dengan berbagai ukuran yang dapat membuat mata anda terkagum saat melihatnya dari dekat.

Dari situlah semakin lama pantai ini juga menjadi sebuah kawasan untuk melakukan riset. Masyarakat yang datang berkunjung selain untuk menikmati keindahan pantainya yang masih alami juga dapat melihat secara langsung dari dekat penerapan teknologi alternatif pembangkit listrik bertenaga matahari dan angin. Anda juga tidak akan rugi dan patut berbangga saat mengunjungi Pantai Baru ini pasalnya kawasan Pantai Baru ini merupakan suatu kawasan pengembangan listrik bertenaga alternatif terbesar yang ada di Indonesia.

Pantai ini bisa menjadi wisata edukasi untuk anda dan keluarga. Anda akan mendapat tambahan ilmu karena disana juga banyak terdapat petugas yang akan setia melayani pertanyaan-pertanyaan seputar teknologi pembangkit listrik alternatif bertenaga matahari dan angin ini.

Anda juga dapat menikmati deretan pohon cemara yang membuat suasana pantai menjadi rindang dan sejuk. Anda bisa menggelar tikar dan bersantai sambil menikmati desiran angin dan ombak pantai sembari menyantap bekal makanan yang anda bawa dari rumah. Anda juga dapat menikmati sunset yang indah pada saat sore hari.

Di Pantai Baru ini juga diadakan kegiatan pelepasan penyu yang dapat anda saksikan. Anda juga dapat bermain layang-layang karena anginnya yang cukup besar. Apabila anda tidak membawa layang-layang sendiri, anda dapat membelinya di pantai ini karena terdapat beberapa penjual yang menjajakan layang-layang.

Lokasi Pantai Baru Yogyakarta

Lokasi Pantai Baru Yogyakarta

Pantai Baru ini dapat anda temukan di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi pantai Baru ini berada diantara Pantai Kuwaru dan Pantai Pandansimo. Apabila anda ingin berkunjung ke Pantai Baru ini, berangkatlah menuju ke arah Bantul menyusuri jalan lintas selatan. Sebelum anda sampai di jembatan Srandakan beloklah ke kiri, kemudian luruslah mengikuti jalan sampai menemukan sebuah pertigaan. Di pertigaan nanti anda akan melihat papan penunjuk arah. Jika anda belok ke kiri, anda akan menuju ke Pantai Kuwaru dan jika anda belok ke kanan anda akan menuju Pantai Baru, dan jika anda lurus terus setelah Pantai baru, anda akan menuju ke Pantai Pandansimo.

Jam Operasional Berkunjung ke Pantai Baru Yogyakarta

Apabila anda tertarik mengunjungi destinasi wisata Pantai baru ini, anda tidak perlu khawatir karena pantai ini dibuka setiap harinya dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Anda bisa berkunjung kapan pun, apabila anda datang di pagi hari anda akan menikmati sejuknya udara pantai, menikmati angin disiang hari, dan menunggu sunset di sore hari.

Tiket Masuk Pantai Baru Yogyakarta

Tiket Masuk Pantai Baru Yogyakarta

Sebagai tempat destinasi wisata, tentu untuk masuk ke Pantai Baru ini anda akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk ke Pantai ini terbilang murah. Anda bisa mendapatkan ketenangan sekaligus ilmu tambahan mengenai teknologi pembangkit listrik bertenaga alternatif matahari dan angin. Berikut adalah daftar tiket di Pantai Baru:

  • Tiket masuk adalah sebesar Rp 4.000,- per orang
  • Tiket parkir roda dua adalah sebesar Rp 2.000,-
  • Tiket parkir roda empat adalah sebesar Rp 5.000,-
  • Tiket parkir minibus adalah sebesar Rp 10.000,-
  • Tiket parkir bus adalah sebesar Rp 15.000,-

Fasilitas Pantai baru Yogyakarta

Semenjak dijadikan sebagai destinasi wisata, Pantai Baru semakin mengembangkan sejumlah fasilitas yang dapat menunjang keperluan pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya yaitu toilet, mushola yang dapat digunakan pengunjung untuk beribadah, warung makan apabila anda tidak membawa bekal dari rumah, tempat parkir yang luas sehingga dapat menampung kendaraan pengunjung, kolam renang mini serta hiburan lainnya seperti ATV yang bisa anda sewa untuk berkeliling kawasan Pantai Baru.

Sekian ulasan mengenai Pantai Baru ini, semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam memilih suatu wisata alam khususnya pantai. Bagaimanapun pantai ini menyimpan keunikan yang tidak ditawarkan oleh pantai-pantai lainnya dengan deretan kincir-kincir angin besar yang berdiri kokoh menghiasi pantai. Destinasi wisata alam ini wajib anda kunjungi bersama teman maupun keluarga anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang letak pesarean wali songo, pondok pesantren bejagung kota tuban jatim. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Pantai

Related Post "Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak
Destinasi Wisata Tebing Gunung Parang
Tebing Gunung Parang - Pernahkah Anda berwisata