Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta

Pantai Cemara Sewu – Jika kita akan memasuki libur panjang terkait dengan acara natal, tahun baru, sekolah, atau hari raya. Bagi Anda warga Bantul ataupun daerah lainnya pasti sedang sibuk untuk mencari referensi tempat yang bagus dan recommended untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata di kota Bantul yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Cemara Sewu. Pantai ini berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis Kecamatan Kretek Bantul Yogyakarta.

Destinasi Wisata Pantai Cemoro Sewu Yogyakarta

Nama Pantai Cemara Sewu telah banyak digunakan untuk nama berbagai pantai di Indonesia seperti pantai cemara di daerah pemalang jawa tengah, pantai cemara sewu di desa wisata jetis cilacap, dan pantai cemara sewu di tulungagung jawa timur. Namun hal yang membedakan pantai cemara sewu di Bantul Yogyakarta dengan berbagai pantai tersebut adalah usianya.

Berbeda dengan pantai-pantai tersebut, pantai cemara sewu ini adalah destiansi wisata yang baru saja dikenalkan kepada masyarakat, sehingga belum cukup terkenal di telinga para traveler. Anda pasti penasaran mengenai penamaan dan daya tarik dari pantai cemara sewu. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai pantai cemara sewu di Bantul Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Cemara Sewu

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Cemara Sewu

Pantai cemara sewu ini berlokasi di jalan pantai parangkusumo desa parangtritis kecamatan kretek Bantul Yogyakarta. Pantai ini terletak di kawasan dan desa yang sama dengan pantai parangtritis. Tentu kita semua sudah mengetahui destinasi wisata parangtritis yang cukup terkenal di kota Yogyakarta.

Dikarenakan pantai cemara sewu dan pantai parangtritis berada di lokasi yang berdekatan, maka memudahkan anda untuk mencari lokasi dari pantai ini. Oleh karena itu, apabila anda berniat untuk mengunjungi pantai ini, dapat mengikuti rute menuju pantai parangtritis dan pantai gumuk pasir, kemudian terus ke barat sekitar 500 meter dari daerah pantai parangkusumo.

Waktu yang diperlukan untuk mencapai destinasi wisata pantai cemara sewu adalah 1,5 jam dari kota Yogyakarta. untuk mengunjungi pantai ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, maka dapat mengikuti jalan poros yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan pantai parangtritis kemudian menuju arah pantai. Selain menggunakan kendaraan pribadi, anda juga dapat menggunakan kendaraan umum atau bis jurusan yogya-parangtritis.

Daya Tarik Pantai Cemara Sewu

Daya Tarik Pantai Cemara Sewu

Kumpulan Pohon Cemara

Daya tarik pertama dari pantai cemara sewu adalah pohon cemara yang rimbun. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki banyak pohon cemara yang lebat dan rimbun. Kumpulan dari pohon-pohon cemara tersebut membentuk lorong panjang yang sangat indah. Diantara kumpulan pohon cemara tersebut, pihak pengelola juga menambahkan fasilitas tempat duduk dan ayunan agar anda dapat menikmati keindahan pohon-pohon cemara tersebut.

Spot lorong pohon cemara ini sangat cocok untuk digunakan berfoto, sehingga banyak sekali pasangan calon suami istri yang menggunakan pantai ini sebagai tempat untuk mengabadikan kenangan mereka melalui foto prewedding. Selain untuk prewedding, pantai ini juga cocok bagi anda pemburu foto untuk diupload di Instagram. Pastikan pulsa atau kuota paket data Anda cukup selama liburan.

Jembatan Bambu

Daya Tarik kedua dari pantai cemara sewu ini adalah jembatan bambu. Setelah melewati Lorong pohon cemara, selanjutnya anda akan melewati jembatan bambu yang indah. Jembatan ini digunakan untuk menghubungkan bibir pantai dengan daratan. Selain berfungsi sebagai penghubung, jembatan bambu ini juga sangat digemari oleh pengunjung untuk berfoto. setelah melewati jembatan bambu, anda akan dimanjakan dengan pantai dengan pasir yang berwarna hitam khas Yogyakarta.

Keindahan Pantai dan Lautnya

Daya Tarik ketiga dari pantai cemara sewu ini adalah keindahan pantai dan lautnya. Setelah melewai jembatan bambu yang menghubungkan bibir pantai dengan daratan, anda akan dimanjakan dengan hamparan pasir pantai yang berwarna hitam khas kota Yogyakarta. Berbeda dengan kota  lainnya seperti bali yang memiliki pasir pantai berwarna putih, kota Yogyakarta memang dikenal memiliki pantai yan memiliki pasir berwarna hitam.

Selain hamparan pasir pantai, anda akan disuguhi pemandangan laut yang memiliki warna hijau dengan ombak yang besar. Ombak yang besar tersebut memang menjadi ciri khas dari pantai di Yogyakarta, sehingga untuk menjaga keselamatan sebaiknya anda menghindari untuk berenang atau bermain air di pantai ini.

Keindahan Pada Sore Hari

Daya Tarik keempat dari pantai cemara sewu ini adalah keindahan pada sore hari atau pemandangan sunset. Sama halnya dengan pantai yang lain, di pantai ini anda juga dapat menikmati keindahan matahari tenggelam atau sunset. Untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan, anda dapat melakukan kemah atau camping di sekitaran pantai ini. Apabila anda enggan untuk berkemah, tetapi ingin menikmati suasan malam khas jogya di dekat pantai ini, anda dapat menyewa hotel atau penginapan di sekitaran pantai parangtritis.

Tarif Masuk ke Pantai Cemara Sewu

Tarif Masuk ke Pantai Cemara Sewu

Untuk dapat memasuki area pantai cemara sewu ini, anda akan dikenakan biaya yang super murah yaitu sebesar Rp.5.000. Harga tersebut juga termasuk tiket masuk ke dalam destinasi wisata pantai parangtritis, pantai parangkusumo, dan gumuk pasir parangkusumo. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp. Rp.10.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Di Pantai Cemara Sewu

Fasilitas Di Pantai Cemara Sewu

Walaupun pantai cemara ini adalah destinasi yang masih terbilang baru, tetapi fasilitas yang disediakan cukup memadai antara lain kamar mandi atau WC berbayar, mushola, area parkir, camping round, gubuk, dan gazebo yang tersebar di pinggir pantai. Bagi anda pengunjung yang tidak membawa bekal dari rumah dan merasa lapar dapat singgah di warung-warung yang terletak pinggir pantai untuk menyantap berbagai kudapan yang dijual di warung tersebut.

Salah satu kekurangan dari fasilitas pantai cemara sewu ini adalah belum adanya penginapan atau hotel. Hal tersebut dikarenakan pantai tersebut baru saja dibuka sehingga belum terdapat banyak wisatawan yang datang mengunjungi pantai ini. Hal tersebutlah yang menjadi alasan pengusaha tempat penginapan atau hotel enggan untuk berinvestasi dengan membangun hotel atau penginapan.

Namun, bagi anda yang tetap ingin untuk bermalam di Yogyakarta dengan suasana pantai di malam hari dapat menggunakan jasa penginapan di sekitaran Pantai Parangtritis.

Tips Untuk Mengunjungi Pantai Cemara Sewu

Tips Untuk Mengunjungi Pantai Cemara Sewu

Sama halnya dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, pantai cemara sewu ini memiliki ombak yang cukup besar dengan arus yang kuat karena berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Maka dari itu, apabila anda mengunjungi pantai ini sebaiknya menghindari untuk berenang atau bermain air.

Selain itu, apabila anda mengunjungi pantai cemara sewu ini pada pagi atau siang hari, sebaiknya mengenakan baju Panjang dan jangan lupa menggunakan sunblock atau sunscreen agar kulit wajah atau badan terbakar dan menghitam.

Nah, demikialah sedikit ulasan mengenai destinasi wisata pantai cemara sewu di Bantul Yogyakarta. semoga artikel dengan judul destinasi wisata pantai ini dapat menjadi referensi bagi anda untuk menentukan tempat wisata yang dikunjungi pada liburan panjang.

Terima kasih telah membaca artikel tentang fasilitas pantai Cemara Sewu bantul, jarak pantai cemara sewu dari keraton jogja. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Pantai

Related Post "Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta"

Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak
Destinasi Wisata Tebing Gunung Parang
Tebing Gunung Parang - Pernahkah Anda berwisata