Destinasi Wisata Tonjong Canyon di Kota Tasikmalaya

Tasikmalaya adalah kota yang di kenal dengan julukan kota santri karena banyak terdapat pesantren di kota Tasikmalaya, tidak hanya itu ternyata di kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang masih tersembunyi. Kota Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang terkenal dengan pesona keindahan destinasi wisatanya, salah satu destinasi wisata yang saat ini menjadi perbincangan di kalangan petualang wisata yaitu Destinasi Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Destinasi Wisata Tonjong Canyon di Kota Tasikmalaya

Lokasi Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya

Destinasi wisata Tonjong Canyon merupakan destinasi wisata yang terletak di Tasikmalaya, tepatnya berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Pesona keindahan alam yang di suguhkan di Tonjong Canyon dapat membuat pengunjung terhipnotis dan terbuai oleh pemandangannya.

Jernihnya Air di Tonjong Canyon

Pesona Jernihnya Air Tonyong Canyon

Saat ini, Tonjong Canyon menjadi tempat wisata yang menjadi incaran sejumlah petualang wisata. Sebenarnya apa sih Tonjong Canyon itu? Tonjong Canyon merupakan tempat wisata sungai dengan aliran sungai yang jernih berwarna hijau, dan dikelilingi oleh tebing batu yang berwarna kecoklatan serta bertekstur menyerupai ukiran. Aktivitas yang dapat anda lakukan selama berada di Tonjong Canyon adalah berenang, bermain air, pengunjung juga dapat kongkow-kongkow untuk menikmati pemandangan dan kesejukan alam di tepi sungai tonjong atau di atas bebatuan, dan bagi Anda yang tidak ingin bermain air juga dapat mengabadikan moment ini dengan cara selfie di tepian sungai dengan background tebing batuan yang berwarna kecoklatan. Tonjong Canyon di kelilingi oleh tebing-tebing yang mirip dengan Green Canyon yang berada di Pangandaran.

Daya Tarik Tonjong Canyon

Daya Tarik Tonyong Canyon

Keindahan alam di Tonjong Canyon membuat pengunjung terpikat karena adanya Curug Tonjong yang dapat mengalirkan air ke sungai, sehingga menambah pesona keindahan alam di tempat tersebut. Bagi Anda yang sangat menyukai destinasi air akan merasa puas dengan mengunjungi tempat wisata ini. Bagaimana tidak, Anda dapat langsung berenang, bermain air dan menikmati kejernihan aliran air yang berwarna hijau.

Destinasi wisata Tonjong Canyon yang terletak di Tasikmalaya memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Kurang lengkap rasanya apabila Anda berada di Tasikmalaya namun tidak mengunjungi obyek wisata Tonjong Canyon yang keindahannya tidak ada duanya.

Pesona Tonyong Canyon

Penduduk lokal di Tasikmalaya sangat ramah terhadap pengunjung yang datang, baik pengunjung lokal maupun pengunjung asing. Tempat wisata ini dapat memberikan sensasi yang luar biasa bagi Anda yang menyukai hal-hal baru. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata untuk mengisi liburan akhir pekan atau liburan panjang Anda bersama keluarga, pasangan, teman atau sahabat.

Tonjong Canyon adalah salah satu surga tersembunyi yang berada di Tasikmalaya. Tonjong Canyon memiliki pesona alam yang sangat indah dan menakjubkan, namun sayang sekali Pemkab Tasikmalaya kurang memberikan perhatian yang serius terhadap destinasi wisata ini sehingga kondisinya masih terabaikan. Padahal Tonjong Canyon memiliki potensi alam yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah sebagai destinasi wisata baru di Tasikmalaya.

Daya Tarik Tonyong Canyon Tasikmalaya

Saat ini aktivitas yang dapat dilakukan di Tonjong Canyon hanya berenang, karena tidak adanya fasilitas-fasilitas yang mendukung. Tonjong Canyon dilintasi sungai yang berwarna hijau sepanjang 60 meter dengan lebar 30 meter sehingga dengan kondisi tersebut aman untuk melakukan aktivitas berenang hingga hilir. Bagi Anda yang menyukai destinasi wisata yang menantang serta memacu adrenalin, Anda dapat melompat dari tebing bebatuan untuk berenang. Lompat dari tebing bebatuan tergolong aman karena kedalaman sungai kira-kira 8 – 10 meter dan tidak ada batu di sungai tersebut, jadi Anda tak perlu khawatir. Namun, pada kondisi hujan disarankan untuk tidak berenang, karena aliran air di sungai Tonjong sangat deras dan tinggi.

Fasilitas yang ada di Tonjong Canyon

Fasilitas yang ada di Tonyong Canyon

Destinasi wisata di Tonjong Canyon, memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan, yaitu:

  • Area Parkir
  • Kamar mandi / MCK
  • Musholah
  • Penginapan / Homestay

Transportasi Menuju Tonjong Canyon

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Tonjong Canyon bisa dari Kota Tasikmalaya menuju arah Karangnugal, kemudian dari Karangnugal-Pamijahan belok ke kiri menuju ke arah Cipatujah. Lalu menuju Desa Nagrog Kecamatan Cipatujah. Apabila Anda menggunakan kendaraan bermotor atau mobil bisa memalui jalan Cikangkung kira-kira 7 KM, setelah itu Anda harus jalan kaki sekitar 3 KM menuju lokasi.

Fasilitas yang ada di Tonyong Canyon Tasikmalaya

Anda juga dapat melalui Darawati kea rah Cikalong yang memiliki jarak tempuh sekitar 4 KM, namun jalur tersebut hanya dapat dilalui pengendara bermotor saja. Kondisi jalan di cor, pada kondisi hujan jalannya sangat extrim. Kemudian sama, Anda harus jalan kaki sekitar 3 KM menuju lokasi.

Untuk menikmati keindahan di Tonjong Canyon hanya dapat dilalui melalui jalur darat yaitu dengan jalan kaki. Untuk sampai di tempat tersebut kurang lebih sekitar 3 KM karena harus berjalan mapai jalan setapak. Jadi harus berhati-hati. Sayang sekali Anda masih belum bisa menggunakan via sungai karena tidak adanya fasilitas yang menunjang. Padahal untuk sampai ke Tonjong Canyon dengan menggunakan via sungai memiliki waktu tempuh yang lebih singkat yairu 2 KM.

Harga Tiket Masuk Tonjong Canyon

Harga Tiket Masuk Tonyong Canyon

Namun, meskipun fasilitas-fasilitas di Tonjong Canyon masih seadanya dan sangat terbatas tidak menyurutkan antusias pengunjung. Banyak pengunjung yang berbondong-bondong mengunjungi tempat ini, terutama pada Hari Sabtu dan Minggu. Tidak hanya pengunjung dari Tasikmalaya, namun juga banyak pengunjung dari luar daerah seperti Bandung dan Jakarta. Pengunjung yang mengunjungi tempat ini dikenakan biaya sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 saja. Dengan biaya yang sangat murah dan pesona alam yang indah, Anda tidak akan merasa lelah meskipun telah melakukan perjalanan yang cukup panjang dengan berjalan kaki.

Rasa penat dan capek selama perjalanan panjang menuju Tonjong Canyon akan terbayar oleh keindahan alam yang terpampang di depan mata. Mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan sungai tonjong yang memiliki aliran air yang jernih dan berwarna hijau. Juga tebing bebatuan yang berwarna kecoklatan menyerupai ukiran. Pesona wisata Tonjong Canyon akan membuat Anda merasa tenang, nyaman, dan betah berlama-lama di lokasi tersebut.

Tips Bertlibur ke Tonjong Canyon

Saran dan tips sebelum Anda mengunjungi tempat wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat. Sebelum Anda menuju tempat wisata tersebut Anda harus mempersiapkan keperluan yang nantinya akan di butuhkan seperti makanan (snack) dan minuman, perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, antiseptik, tisu basah, sampo, obat-obatan pribadi dan P3K), perlengkapan telekomunikasi seperti handphone dan tablet, jangan lupa isi pulsa dulu serta barang tambahan seperti kamera DSLR atau Go Pro untuk mengabadikan moment selama di Tonjong Canyon.

Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan kendaraan Anda agar liburan Anda nyaman dan lancar. Jaga kondisi tubuh Anda dan berhati-hati dalam berkendara.

Demikianlah ulasan mengenai Destinasi Wisata Tonjong Canyon di Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Semoga dapat menginspirasi dan menjadi salah satu pilihan destinasi wisata Anda di Tasikmalaya. Selamat mengunjungi dan semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk Anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tonjong canyon, tonjong canyon tasik. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "Destinasi Wisata Tonjong Canyon di Kota Tasikmalaya"

Destinasi Wisata Tebing Gunung Parang
Tebing Gunung Parang - Pernahkah Anda berwisata
Museum Upside Down World Bandung
Bagi anda warga bandung yang menginginkan pengalaman
Destinasi Wisata Taman Gesit Bandung
Destinasi Wisata Bandung Taman Gesit. Berbicara tentang
Tempat Wisata Tradisional di Cirebon yang Kental Sejarah dan Budaya
Tempat Wisata Tradisional di Cirebon. Kota Cirebon