TEMPAT WISATA DI BREBES

Tempat Wisata di Brebes – Brebes adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang cukup terkenal dengan bawang. Ya, di daerah Brebes memang terdapat banyak petani bawang dan juga lahan yang ditanami bawang. Letak Brebes yang berbatasan dengan Jawa Barat membuat Brebes memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan yang dimiliki Brebes adalah Bahasa sehari-hari yang digunakan. Di wilayah Brebes bagian barat, ada beberapa wilayah yang menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari, namun di wilayah bagian timur rata-rata masyarakatnya menggunakan bahasa ngapak sebagai bahasa sehari-hari. Selain bahasa yang unik, Brebes juga memiliki tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Jika anda berkunjung ke Brebes untuk berlibur, cobalah untuk mengunjungi beberapa rekomendasi tempat wisata di Brebes versi tempatwisatamu.com berikut ini.

Daftar Tempat Wisata di Brebes yang Populer

1. Wisata Alam Kaligua

Wisata Alam Kaligua

Tempat Wisata Alam Kaligua – Nah, tempat wisata di Brebes pertama yang harus anda kunjungi ketika sedang berwisata ke Brebes adalah Kaligua. Tempat wisata ini berada di dataran tinggi sehingga memiliki pemandangan hijau dan juga udara yang bersih dan sejuk. Wisata Alam Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Ketika wisatawan sampai ke tempat ini, wisatawan akan langsung dimanjakan dengan pemandangan hijau perbukitan serta kebun teh yang subur. Di sekitar tempat ini juga terdapat aliran sungai yang masih sangat jernih serta beberapa tempat wisata lainnya seperti Goa Jepang, Mata Air Tuk Bening, dan juga Telaga Ranjeng. Wisata Alam Kaligua juga menyediakan beberapa fasilitas yang menarik, salah satunya adalah flying fox. Wisatawan yang datang ke sini bisa memacu adrenalin sambil melihat pemandangan Brebes dari atas.

2. Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng

Tempat Wisata Telaga Ranjeng – Masih di kawasan wisata Kaligua, wisatawan dapat mampir ke Telaga Ranjeng untuk menikmati pemandangan telaga yang masih asri dan tentunya sangat eksotis. Karena telaga ini masih berada di pegunungan, tentu udara di sekitar telaga akan terasa sejuk. Air telaga yang jernih akan membuat mata yang memandang terpesona akan keindahannya. Wisatawan yang datang ke telaga ini juga bisa melihat berbagai lele karena Telaga Ranjeng merupakan habitat para lele dengan ukuran yang cukup besar.

3. Curug Putri

Curug Putri

Tempat Wisata Curug Putri – Curug yang satu ini bisa menjadi alternatif tempat wisata di Brebes yang bisa dikunjungi. Air terjun yang terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes ini menyajikan pemandangan yang sangat eksotis. Tebing yang ada di Curug Putri memiliki tekstur batuan yang unik sehingga membuat siapa saja terpesona akan keindahannya. Selain tebing yang unik, air terjun dengan ketinggian 35 meter ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Dulunya, Curug Putri memiliki 2 buah air terjun yang sama sehingga sering juga dinamakan dengan Curug Kembar, namun sekarang hanya tersisa 1 buah air terjun saja.

4. Waduk Malahayu

Waduk Malahayu

Tempat Wisata Waduk Malahayu – Brebes memiliki beberapa tempat wisata populer berbentuk waduk, salah satunya adalah Waduk Malahayu. Waduk yang berlokasi di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes ini merupakan peninggalan Belanda yang tersisa. Waduk ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa berupa waduk dengan latar belakang pepohonan serta perbukitan yang sangat indah. Tempat wisata ini belum begitu terkenal oleh wisatawan luar Brebes sehingga masih belum banyak wisatawan yang datang mengunjungi tempat ini. Namun hal inilah yang justru bisa anda manfaatkan. Anda bisa mengunjungi waduk ini untuk mencari ketenangan dan inspirasi karena sepinya wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Waduk Malahayu adalah waduk yang dimanfaatkan sebagai saluran irigasi untuk mengaliri air ke persawahan masyarakat sekitar. Waduk ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat perkemahan karena lokasinya yang masih sangat alami.

5. Waduk Penjalin

Waduk Penjalin

Tempat Wisata Waduk Penjalin – Waduk lainnya di Brebes yang bisa anda kunjungi adalah Waduk Penjalin yang berada di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Tempat wisata yang satu ini masih sepi pengunjung sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota. Waduk peninggalan Belanda ini memiliki panorama alam yang luar biasa dengan latar belakang pegunungan yang luar biasa.

6. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada – Untuk anda yang ingin mencari sensasi mandi air hangat, cobalah kunjungi Pemandian Air Panas Tirta Husada yang terletak di Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Pemandian ini memiliki pemandangan yang sangat indah serta terdapat beberapa fasilitas pendukung yang cukup menarik. Di tempat ini, wisatawan dapat mandi di kolam air panas yang tersedia. Kandungan belerang yang terdapat di air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan juga rematik. Fasilitas lain di tempat ini yang bisa dinikmati oleh wisatawan antara lain adalah café, tempat karaoke, dan juga kamar ganti. Untuk bisa menikmati air panas yang mengandung belerang ini, Pemandian Air Panas Tirta Husada mematok tiket masuk sebesar 2000 rupiah pada hari biasa dan 3000 rupiah pada akhir pekan dan hari libur.

7. Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom

Tempat Wisata Ciblon Waterboom – Ada satu lagi tempat basah-basahan di Brebes yang wajib anda kunjungi yaitu Ciblon Waterboom Brebes. Tempat wisata yang terletak di Jalan Yos Sudarso Brebes ini menawarkan wisata keluarga yang cukup menarik dengan aneka wahana yang bisa dinikmati wisatawan. Tempat wisata di Brebes yang satu ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar dengan wahana permainan yang cukup lengkap. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa mencicipi aneka wahana permainan seperti kolam renang, ember tumpah, lintasan kolam, slider, fitness center, senam aerobik, dan masih banyak lagi. Tentunya tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Sejak dibuka, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung terutama saat weekend dan hari libur.

8. Ranto Canyon

Ranto Canyon

Tempat Wisata Ranto Canyon – Tempat wisata alam di Brebes yang satu ini memang sedang populer dan hits di kalangan wisatawan. Ini dikarenakan Ranto Canyon memiliki pemandangan yang indah, tak kalah dengan Green Canyon di Jawa Barat. Di tempat ini, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan sungai dengan aliran air yang cukup deras dan juga tebing tinggi yang curam. Keindahan inilah yang membuat tempat ini menjadi terkenal dan hits. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Windusari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes ini menawarkan aneka wisata yang manantang adrenalin anda. Di sini, anda bisa memilih beberapa aktifitas yang memacu adrenalin seperti berenang, body rafting, dan juga cliff climbing. Ketika datang ke sini, jangan lupa untuk membawa kamera anti air untuk mengabadikan momen anda ketika sedang basah-basahan. Selain itu, Ranto Canyon ini bisa menjadi spot foto yang menarik dan bisa membuat follower Instagram anda penasaran dengan tempat tersebut. Dulunya, Ranto Canyon memiliki nama Leuwih Ranto, kemudian karena semakin terkenal dan mirip seperti Green Canyon, maka namanya diubah menjadi Ranto Canyon.

Baca Juga: Tempat Wisata di Boyolali, Brebes, dan Cilacap

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Brebes yang cukup terkenal dan populer di kalangan traveler. Selain beberapa tempat diatas, masih ada banyak tempat wisata di Brebes yang bisa anda eksplore lebih jauh karena Brebes memiliki potensi wisata yang tinggi.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tempat wisata di brebes, daftar nama Dukuh di desa Pandansari Brebes. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TEMPAT WISATA DI BREBES"

Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa Tengah
Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa
10 Macam Oleh-Oleh Khas Solo yang Maknyus Banget
Sudah beres menyusuri semua tempat wisata di
TEMPAT WISATA DI REMBANG DAN PURWOREJO JATENG
Tempat Wisata Di Rembang Dan Purworejo Jateng
TEMPAT WISATA DI TEMANGGUNG, WONOGIRI DAN SALATIGA
Tempat Wisata Di Temanggung, Wonogiri Dan Salatiga