ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG

Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung – Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah salah satu tempat berkemah di Bandung. Bagi Anda yang suka berkemah dan menikmati suasana alam dengan teman-teman atau bersama keluarga. Bumi Perkemahan Ranca Upas merupakan salah satu tempat berkemah yang cukup asyik di Bandung selain Bumi Perkemahan Cikole Lembang.

Kegiatan perkemahan merupakan salah satu kegiatan yang baik untuk menguji daya tahan di alam liar. Kegiatan perkemahan ini biasanya diadakan oleh banyak sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Mereka yang mengikuti kegiatan perkemahan ini pasti akan merasakan adanya pengaruh yang positif terutama dalam soal kemandirian dalam menjalani hidup.

Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey Bandung
Tempat berkemah di Bandung, recomended

Lokasi perkemahan juga tentunya sangat berpengaruh dalam kegiatan pelaksanaan perkemahan itu akan berjalan menarik atau terasa membosankan. Oleh sebab itu Anda harus pintar dalam memilih tempat atau lokasi untuk berkemah. Salah satu tempat yang banyak direkomendasikan oleh para pecinta alam untuk berkemah adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas yang tepatnya berada di daerah Ciwidey Bandung Selatan provinsi Jawa Barat. 


Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey Bandung
Salah satu sudut di Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey
Meski namanya biasa disebut sebagai bumi perkemahan, tapi yang datang ke objek wisata ini ternyata tak hanya para peserta kemah ataupun para pecinta alam. Namun ada juga banyak diantaranya para wisatawan yang datang hanya untuk rekreasi. Lokasi Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung ini tidak jauh dari gerbang utama tempat wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung, tepatnya sebelum memasuki kawasan Perkebunan Teh Ranca Bali Bandung Jawa Barat.

Asyiknya wisata di Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung bersama keluarga karena tempat wisata ini memiliki luas kurang lebih sekitar 215 hektar dengan sebagian wilayahnya merupakan perbukitan dan hutan alami. Lokasi objek wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas berada diatas ketinggian kurang lebih sekitar 1.700 meter diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata sekitar 18-23 derajat celsius. Hutan di kawasan ini ditumbuhi beberapa jenis pepohonan seperti pohon Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai, Pasang dan lain-lain. Sementara hewan yang bisa kamu dapat ditemukan antara lain burung tekukur, gagak, elang serta surili, monyet, macan dan yang lainya. 

Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey Bandung
Berkemah bersama keluarga
Para wisatawan yang datang ke sini atau para peserta perkemahan yang datang ke lokasi ini akan dimanjakan dengan pemandangan alam Kota Kembang yang indah dan juga eksotis yang memanjakan mata. Disini Anda juga bisa merasakan asyiknya wisata di Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung karena bisa sambil melihat penangkaran rusa yang lokasinya pun tak jauh dari bumi perkemahan. Kawanan rusa jinak yang pada awalnya didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan dari daerah Jakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey ini. Untuk alamat Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey sendiri terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Bandung yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bandung. 

Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey Bandung
Banyak warung menyediakan makanan dan alat berkemah
Untuk Anda yang datang dari luar Bandung, khususnya bagi Anda yang berasal dari arah Jakarta. Anda bisa berangkat menuju Kota Bandung dengan melewati tol Purbaleunyi. Untuk menuju ke arah Ciwidey, Anda bisa keluar tol di dua tempat, yaitu keluar melalui exit tol Cimahi ataupun melalui exit tol Kopo.

Jika Anda memilih pintu exit tol Cimahi, setelah membayar tol, Anda langsung belok kanan, nanti disana ada petunjuk arah jalan menuju ke Ciwidey. Atau Anda juga bisa juga mengikuti angkot warna hijau dengan jurusan tertulis di angkot Cimahi – Ciwidey. Exit tol Cimahi ini relatif tidak macet jika dibandingkan dengan lewat Kopo.

Harga tiket masuk ke Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung adalah Rp10.000 per orang, sedangkan untuk kendaraan roda 4 adalah Rp. 5.000 dan untuk kendaraan roda 2 adalah Rp. 2.000. Fasilitas di Objek Wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas cukup memudahkan untuk para pengunjung, karena disana ada lokasi untuk Anda mendirikan tenda, ada mushalla untuk beribadah, tolet umum yang cukup terawat, ada juga tempat untuk outbound dan water boom untuk bermain air terutama bagi anak-anak yang baru di buka pada tahun 2012 silam, dan tentunya penangkaran rusa. 

Penangkaran rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey Bandung
Penangkaran rusa di Ranca Upas Bandung
Untuk Anda yang mau wisata sambil berkemah di Bumi Perkemahan Ranca Upas ini, jangan khawatir jika tidak membawa bekal makanan dan perlengkapan berkemah. Karena disana juga terdapat warung-warung yang menyediakan makanan yang buka hingga tengah malam. Apalagi saat weekend, para pedagang buka hingga 24 jam penuh. Selain itu, warung-warung disana juga menyediakan peralatan untuk Anda berkemah bersama keluarga.

Related Post "ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG"

BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk