10 Macam Oleh-Oleh Khas Solo yang Maknyus Banget

Sudah beres menyusuri semua tempat wisata di Solo, sudah kenyang juga perut setelah mencicipi menu kuliner di Solo, tak terasa sudah saatnya untuk kembali ke kota asal. Tunggu dulu, jangan buru-buru menyudahi liburan anda di kota Solo. Anda masih ada satu tugas sebelum bisa pulang kembali ke kota anda. Ya, tugas anda sebelum pulang dari berlibur di kota Solo adalah membeli oleh-oleh khas Solo.

Memberikan oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga dari tempat liburan kan sudah menjadi sebuah budaya. Lalu apa oleh-oleh khas Solo itu?

Ada cukup banyak macam oleh-oleh khas Solo yang rasanya maknyus. Berikut ini adalah 10 macam oleh-oleh dari kota Solo yang rasanya pasti tidak akan dilupakan oleh kerabat anda:

10 Macam Oleh-Oleh Khas Solo

1. Roti Mandarin Orion

Jika anda berencana untuk makan siang di rumah makan Timlo Solo, sekalian saja untuk membeli oleh-oleh khas Solo.

Pasalnya, Timlo Solo juga dekat sekali dengan toko Roti Orion. Ada satu jenis roti Orion yang sejak jaman dulu sudah menjadi oleh-oleh khas Solo.

Ya, Roti Mandarin dari Orion memang bisa dikatakan spesial. Sampai saat ini, tidak ada satupun toko roti yang bisa meniru cita rasa dari roti mandarin buatan Orion Solo.

Menariknya, Roti Mandarin dari Orion ini juga sangat cocok digunakan sebagai buah tangan setelah anda berlibur di kota Solo. Kenapa? Karena kemasan roti mandarin Orion ini sangat ekslusif. Kisaran harga roti mandarin buatan Orion ini sekitar Rp 100.000 per kardus.

2. Inthip

Oleh-Oleh Khas Solo-Inthip

Selain roti mandarin dari Orion, ada juga oleh-oleh khas Solo lain yang tidak hanya lezat namun juga unik. Oleh-oleh khas Solo yang lezat dan unik bentuknya tersebut adalah inthip.

Inthip ini awalnya adalah makanan yang dibuat dari nasi sisa yang dikeringkan. Namun sekarang, inthip dibuat khusus menggunakan nasi baru. Makanan ini dibuat menggunakan cetakan khusus seperti mangkok.

Inthip khas dari kota Solo sendiri terdiri dari 2 macam pilihan rasa yaitu manis dan asin. Inthip ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena bentuknya yang unik dan juga cita rasanya yang cukup lezat sebagai makanan ringan. Anda juga bisa membeli inthip ini di toko Orion maupun di Pasar Gede dengan kisaran harga Rp 10.000 per mangkok.

3. Surabi Notosuman

Oleh-Oleh Khas Solo-Surabi Notosuman

Ya, memang Surabi Notosuman sekarang sudah ada di beberapa kota selain Solo. Namun sampai saat ini, banyak orang yang merasa bahwa cita rasa Surabi Notosuman yang sebenarnya adalah yang dari Solo.

Oleh sebab itu, Surabi Notosuman masih berhak dinyatakan sebagai salah satu oleh-oleh khas Solo. Surabi Notosuman ini bisa anda beli langsung di gerainya di jalan Mohammad Yamin dengan harga sekitar Rp 2.500 per biji.

4. Abon Mesran

Jika anda berkunjung ke Warung Selat Mekarsari, maka anda juga bisa sekaligus membeli oleh-oleh khas Solo. Di daerah dekat Warung Selat Mekarsari tersebut terdapat toko yang menjual Abon Mesran.

Abon Mesran bisa dikatakan sebagai makanan legendaris dari Solo. Toko yang menjual Abon Mesran ini tepatnya berada di jalan Kalilarangan nomor 71. Lokasi tersebut terdapat banyak tukang permak plat nomor.

Satu bungkus Abon Mesran dijual dengan kisaran harga Rp 40.000 sampai Rp 100.000.

5. Bakpia Balong

Selain surabi, abon, roti mandarin, dan juga inthip, bakpia juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo. Bakpia bukan hanya oleh-oleh khas Jogja saja.

Salah satu toko bakpia yang rajin melayani pembeli yang mencari oleh-oleh khas Solo adalah Bakpia Balong. Cita rasa bakpia Balong sedikit berbeda dengan bakpia khas Jogja.

Menurut kebanyakan orang yang sudah pernah mencobanya, Bakpia Balong jauh lebih crispy jika dibandingkan dengan Bakpia dari Jogja.

Jika anda berminat, anda bisa mencicipi terlebih dahulu bagaimana cita rasa dari Bakpia Balong tersebut. Bakpia Balong ini berada di jalan Kapten Mulyadi nomor 17. Kisaran harga satu Bakpia Balong kurang lebih Rp 5.000.

6. Ampyang Kacang

Ampyang kacang merupakan makanan ringan khas Jawa. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana yaitu kacang, gula merah, dan juga jahe.

Ampyang kacang ini memang biasanya sangat mudah ditemukan di kota-kota tertentu seperti Solo dan Jogja. Oleh sebab itu, jika anda mencari oleh-oleh khas Solo, anda bisa memilih ampyang kacang ini.

Anda bisa membeli ampyang kacang ini di tempat yang juga menjual Abon Mesran ataupun langsung mencarinya di Pasar Gede.

7. Brem Solo

Makanan ringan yang cukup unik sehingga memang biasanya dijadikan oleh-oleh khas Solo salah satunya adalah Brem. Brem Solo ini terbuat dari beras ketan dan ragi tape. Cita rasa dari Brem Solo ini sendiri terasa dingin ketika bersentuhan dengan lidah.

Karena cita rasanya yang lezat dan unik tersebut, Brem Solo sudah sejak lama menjadi salah satu oleh-oleh khas dari kota budaya dan tradisi.

Jika anda ingin membeli Brem Solo, anda juga bisa membelinya di toko roti Orion maupun di toko Abon Mesran.

8. Serbat

Hampir serupa seperti Brem, Serbat juga merupakan makanan ringan khas dari Solo. Namun demikian, Serbat ini tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung. Serbat ini juga bisa dijadikan minuman hangat yang nikmat.

Ya, serbat ini dibuat dari jahe. Serbat ini sudah sejak dahulu kala menjadi obat alami untuk mengusir masuk angin.

Namun demikian, seiring berjalannya waktu, Serbat yang unik tersebut justru menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo di jaman sekarang.

9. Rambak Petis

Jika kerabat anda masih belum memiliki msalah dengan kadar kolesterol, anda bisa memberikan Rambak Petis sebagai oleh-oleh khas Solo untuk mereka.

Rambak Petis di kota Solo ini sudah sangat terkenal. Rasanya yang renyah dan gurih tidak hanya cocok sebagai cemilan, namun juga cocok sebagai teman makan nasi.

yang dimaksud dengan Rambak Petis ini adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan. Setelah digoreng, rambak disajikan dengan petis udang pedas.

Jika anda ingin membeli Rambak Petis untuk oleh-oleh, anda bisa membelinya langsung di kampung Jagalan Jebres Solo yang merupakan produsen terbesar Rambak Petis di kota Solo.

Harga rambak petis per kilogram sekitar Rp 140.000 dan harga rambak tanpa petis per kilogram sekitar Rp 130.000.

10. Serundeng

Berbicara mengenai oleh-oleh khas Solo belum lengkap jika tidak menyebutkan serundeng. Lauk yang dibuat dari parutan kelapa tua ini benar-benar dapat meningkatkan cita rasa makanan apapun. Serundeng ini sangat cocok digunakan untuk taburan di atas makanan.

Ada cukup banyak toko yang menjual serundeng ini, salah satunya adalah di toko roti Orion dan juga toko Abon Mesran.

Jadi bagaimana? Apakah tas anda masih cukup untuk membawa lebih banyak oleh-oleh khas Solo untuk dibagikan ke kerabat sepulang dari liburan?

Terima kasih telah membaca artikel tentang oleh oleh kas wisata di solo, Oleh oleh khas solo terbaik. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "10 Macam Oleh-Oleh Khas Solo yang Maknyus Banget"

Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik
Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik.
Oleh-Oleh Khas Malang yang Legend
Oleh-Oleh Khas Malang yang Legend. Liburan di
Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa Tengah
Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa
Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Cirebon yang Fenomenal
Tempat wisata kuliner di Cirebon. Bicara masalah