Destinasi Wisata Pantai Sedahan, Surga Baru yang Tersembunyi

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki kurang lebih 46 pantai dengan panjang 70 km di seluruh kawasannya dan terbentang dari ujung barat sampai ujung timur. Selain dikenal memiliki banyak pantai, Kabupaten Gunung Kidul ini terkenal memiliki kawasan perairan yang indah karena bagian selatan dari kabupaten ini berbatasan langung dengan Samudera Hindia.

Pantai-pantai yang cukup terkenal di Kabupaten Gunung Kidul ini adalah Pantai Sundak, Krakal, Wediombo, Indrayanti, Sepanjang, Ngobaran, dan Sedahan. Pantai Sedahan adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta yang belum teralu terkenal. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai Pantai Sedahan.

Tentang Pantai Sedahan

Destinasi Wisata Pantai Sedahan, Surga Baru yang Tersembunyi

Menurut World Tourism Organization (WTO) masyarakat jaman sekarang lebih tertarik melakukan perjalanan untuk menemukan tempat yang masih asri dan alami. Hal tersebut terbukti karena pada jaman sekarang banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk menemukan tempat liburan yang masih asri dan alami, salah satunya adalah Pantai Sedahan di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Sedahan terletak di Dusun Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Sedahan adalah salah satu pantai yang masih belum dikelola oleh pemerintah kota Yogyakarta, sehingga akses menuju pantai ini dapat dibilang masih kurang dan tidak layak. Namun, dengan akses yang kurang layak tersebut, anda akan menemukan keindahan bagaikan surga yang tersembunyi di balik bukit di sebuah desa.

Pantai Sedahan ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin menemukan ketenangan dari hingar bingar perkotaan, karena pantai ini memiliki suasana yang tenang dan alami. Pasalnya dengan akses jalan tersebut, banyak orang yang enggan untuk mendatangi objek wisata ini.

Pantai Sedahan ini memiliki panjang kurang lebih 100 meter dengan air laut yang jernih, bersih, dan terbebas dari sampah. Ditambah dengan hiasan berbagai jenis biota laut yang dapat dilihat di bibir pantai saat air laut sedang surut pada pukul 14:00 s.d 17:00 dan plankton yang dapat menyala di bibir pantai pada pukul 18:00 s.d 21:00. Selain itu, terdapat hiasan dua tebing karst di kanan dan kirinya, yang menambah keindahan Pantai Sedahan ini.

Pasir putih yang luas dan bersih ditambah ombak yang besar akan membuat anda enggan untuk beranjak pulang dan ingin menginap. Pantai Sedahan ini merupakan tempat yang sangat diminati masyarakat untuk camp beach. Pasalnya dengan rute dan akses yang sulit tersebut, sayang sekali untuk tidak menikmati keindahan pantai ini dengan bermalam. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda persiapkan apabila ingin melakukan camping di pantai ini.

Jalur Yang Harus Ditempuh Menuju Pantai Sedahan

Sebenarnya terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk mencapai Pantai Sedahan ini. Jalur yang pertama adalah jalur yang memutar melalui bukit dan dapat ditembuh selama empat jam. Sedangkan jalur yang kedua dapat ditempuh hanya dengan waktu kurang lebih dua jam. Namun jalur ini adalah jalur yang sangat dilalui terutama saat musim hujan.

Hal-Hal Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Camp Beach di Pantai Sedahan

1. Persiapan Fisik

Sebelum berangkat ke Pantai Sedahan di Gunung Kidul, anda harus memastikan bahwa keadaan tubuh anda sedang sehat dan fit. Hal tersebut dikarenakan untuk sampai di tempat wisata tidak bisa menggunakan kendaraan yang anda tumpangi. Anda diharuskan berjalan kaki sejauh dua kilometer dengan melewati bukit yang licin dan naik turun. Jarak dua kilometer tersebut dapat anda tempuh kurang empat jam yang dimulai dari meeting point pantai wediombo. Hal tersebut dikarenakan jalan beraspal hanya sampai di pantai wediombo tersebut. Namun, selama perjalanan kaki tersebut anda akan disuguhkan pemandangan hutan, persawahan, dan perkebunan palawija dari atas bukit.

2. Mempersiapkan Kendaraan

Apabila anda ingin melakukan camping di Pantai Sedahan ini, anda harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti kendaraan. Sebaiknya anda menggunakan mobil atau truk karena akan lebih efisien untuk mengangkut barang-barang yang dibutuhkan untuk camp beach dalam sekali jalan. Apabila anda menggunakan kendaraan bermotor, sulit sekali untuk membawa peralatan dalam sekali jalan, sehingga tidak akan efektif dan efisien.

3. Mempersiapkan Logistik

Untuk melakukan camp beach tentu anda memerlukan peralatan untuk camping seperti alat operasional (carrier, trash bag, senter, dan raincoat), alat navigasi (kompas bidik, kompas orienteering, altimeter, dan douglas protector), alat khusus (kamera, handycam, kernmantel, ascendeur, dan discendeur), survival kit (P3k, kantung air, korek api, pluit, dan jarum jahit), alat masak, makan, dan minum (meesting, kompor paraffin, piring, alat makan, alat minum, dan bahan bakar), alat tidur (tenda, flysheet, matras, dan sleeping bag), alat kesehatan (sikat dan pasta gigi, thermometer, betadhine, obat flu, obat maag, obat nyamuk, dan alkohol)

4. Bekal Selama Di Perjalanan

Selama di perjalanan menuju Pantai Sedahan, anda tidak akan menemukan warung yang menyediakan makanan dan minuman karena memang tidak terdapat rumah penduduk di sekitaran jalur pendakian. Untuk itu, anda sebaiknya menyiapkan bekal makanan dan minuman sesuai dengan jumlah anggota camp beach anda.

Tips-Tips Saat Berkunjung ke Pantai Sedahan

  • Mintalah bantuan ke warga sekitar untuk mengantarkan anda melalui jalur trekking yang lumayan sulit dan kurang penunjuk arah, sehingga akan menghindarkan anda dari risiko tersesat.
  • Usahakan untuk datang pada musim kemarau. Apabila anda datang ke Pantai Sedahan ini pada musim penghujan maka jalur trek yang harus ditempuh dengan jalan kaki tersebut akan sangat licin dan sulit dilalui
  • Untuk mendapatkan pengalaman yang memuaskan, pastikan anda naik ke tebing karst di samping pantai Sedahan. Dengan naik ke tebing tersebut anda akan melihat pemandangan Samudera Hindia yang masih alami
  • Apabila anda sudah ingin mengakhiri perjalanan dan kunjungan anda di Pantai Sedahan, usahakan untuk singgah di Pantai Wwediombo karena dua pantai ini memiliki jalur yang sama
  • Jangan terlalu membawa banyak peralatan. Apabila anda membawa banyak peralatan maka akan menyusahkan anda dalam perjalanan.
  • Jangan membuang dan meninggalkan sampah. Apabila anda mengunjungi atau bermalam di Pantai Sedahan, usahakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dengan membuang sampah sembarangan akan mengurangi keindahan dan kealamian Pantai Sedahan itu sendiri. Selain itu, apabila sampah yang anda tinggalkan tersebut masuk ke dalam laut, maka akan membahayakan biota laut yang terdapat di dalmnya.

Biaya yang Diperlukan Untuk Mengunjungi Pantai Sedahan

Biaya yang diperlukan untuk memasuki Pantai Sedahan adalah Rp 5.000.000 untuk satu rombongan. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Wediombo, Jungwok, Pantai Kreweng, dan sekitarnya. Selain itu, anda akan mendapatkan tour guide yang akan mengantarkan anda sampai ke lokasi wisata.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai penjelasan dan beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk berkunjung ke Pantai Sedahan di Gunung Kidul. Semoga artikel tentang destinasi wisata Pantai Sedahan di Gunung Kidul ini dapat membantu anda dan menjadi alternatif pilihan tempat berlibur yang indah dan meyenangkan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pantai sedahan, pandai sedahan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Pantai

Related Post "Destinasi Wisata Pantai Sedahan, Surga Baru yang Tersembunyi"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak