Destinasi Wisata Sunrise dari Goa Gajah Mangunan

Menceritakan tempat wisata yang berada di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Hampir di setiap sudut kota Yogyakarta memiliki potensi wisata dengan latar belakang dan keunikan yang berbeda. Yogyakarta menawarkan tempat-tempat wisata baru yang saat ini sedang di gandrungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal Yogyakarta maupun dari luar kota. Mangunan sangat terkenal dengan Hutan Pinus, Kebun Buah, Bukit Becucu dan yang terbaru adalah terdapat sebuah goa yang bernama Goa Gajah Mangunan.

Salah satu tempat wisata yang sedang hits adalah Goa Gajah Mangunan. Goa Gajah Mangunan menawarkan sensasi sunrise di atas bukit nan indah yang membuat wisatawan terpesona dan terhipnotis. Goa Gajah juga dapat digunakan untuk camping bersama keluarga atau teman-teman.

Goa Gajah Mangunan

Lokasi Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan terletak di Desa Lemah Abang, Mangunan, Dlingo, Yogyakarta. Kawasan wisata ini masih sangat terjaga keasriannya. Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari kebun buah Mangunan maupun hutan pinus yang terkenal lebih dulu. Kira-kira jarak dari kebun buah Mangunan ke Goa Gajah kurang lebih sekitar 2 kilometer.

Informasi Tentang Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah merupakan salah satu goa yang masih alami dan bukan karena buatan manusia. Mengapa namanya Goa Gajah? Goa Gajah merupakan sebuah goa yang memiliki keunikan yaitu terdapat sebuah batu yang menyerupai seekor gajah.

Goa Gajah adalah goa horizontal yang memiliki kedalaman sekitar 200 meter. Banyaknya tumpukan tanah yang berada di dalam goa, membuat akses jalan masuk goa menjadi sempit dan sulit untuk dilalui pengunjung. Karena sulit untuk dijamah pengunjung, sehingga goa ini masih menyimpan kealamiannya. Anda akan menjumpai banyak stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa ini. Jarak pintu masuk goa hingga pintu keluar hanya sekitar 200 meter.

Mulut Goa Gajah mempunyai ukuran yang sangat besar dan lebar. Didalam goa terdapat ruangan besar yang mempunyai lorong atau jalan kecil untuk melanjutkan perjalanan susur goa. Biasanya penduduk setempat menjulukinya lorong ular. Karena ukuran lorong yang kecil dan sempit, sehingga apabila melalui lorong tersebut harus merunduk. Kira-kira ketinggian dari lorong tersebut hanya 1 meter.

Goa Gajah Mangunan Jogja

Suasana dalam Goa Gajah Mangunan

Kondisi dalam goa yang sangat gelap, mengharuskan pengunjung untuk membawa atau menyewa alat penerangan atau senter, agar Anda dapat menikmati pesona keindahan di dalam goa.

Didalam Goa Gajah ini Anda juga akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan yang berada di dalam ruangan besar yaitu stalaktit dan stalakmit yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Stalaktit dan Stalakmit terbentuk secara alami, sehingga bentuk yang dihasilkannya pun terbentuk secara alamiah.

Suasana di tengah goa mirip dengan suasana di hutan. Di tengah goa juga terdapat banyak sekali goa yang bergelantungan. Selain itu, di tengah goa terdapat tanaman dan sebuah pohon yang sangat besar dan menjulang keluar menembus goa. Sungguh hal yang aneh, bagaimana bisa tumbuhan dan pohon dapat tumbuh di dalam goa. Ternyata, pada zaman dahulu goa ini pernah ambrol, karena tidak adanya atap yang menghalangi, sehingga tanaman dan pohon dapat masuk dan tumbuh di dalam goa. Tumbuhan dan Pohon tersebut masih ada dan tumbuh hingga sekarang. Di ujung Goa Gajah terdapat pintu keluar goa yang memiliki bentuk vertikal.

Pemandangan pada pagi hari yang dipenuhi kabut tebal menutup bukit-bukit yang hijau dan Sungai Oyo, suasana ini sangat pas digunakan untuk camping bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu Anda juga dapat menikmati sunrise dengan cara camping, Anda juga dapat melakukan susur Goa Gajah, dan gardu pandang.

Daya Tarik Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah memiliki daya tarik bagi Anda yang menyukai petualangan, dengan berkunjung ke goa ini Anda dapat melakukan susur goa (carving) karena jaraknya pintu masuk dan pintu keluar yang hanya 200 meter. Nah, dengan jarak pintu masuk dan keluar yang tidak terlalu panjang, cocok bagi Anda yang masih pemula dalam melakukan susur goa. Selain itu, kondisi dalam goa yang dapat dibilang mudah untuk dilalui.

Cahaya dari surga, merupakan salah satu daya tarik dari Goa Gajah. Cahaya dari surga adalah fenomena dimana sinar matahari dapat masuk melalui lubang atas goa yang seolah-olah menyerupai sorotan lampu senter di ruangan yang sangat gelap. Hal tersebutlah yang membuat fenomena ini dijuluki Cahaya dari surga. Cahaya yang masuk melalui lubang atas goa sangat indah.

Destinasi Wisata Sunrise dari Goa Gajah Mangunan

Waktu Yang Tepat Melihat Fenomena “CAHAYA DARI SURGA”

Nah, apabila Anda ingin melihat fenomena “ Cahaya dari Surga “, datanglah setelah pukul 12.00 siang hari. Karena pada pukul 12.00 sinar matahari yang  masuk ke dalam goa datang dari arah barat. Sedangkan pada sore hari, sinar matahari yang menerobos masuk kedalam goa sangat maksimal sehingga tampak sangat indah. Fenomena ini dapat anda nikmati terutama saat cuaca cerah.

Anda harus tetap berhati-hati apabila hendak menyusuri goa gajah, karena kondisi jalan di dalam goa yang licin karena air di dalam goa yang menetes secara terus menerus.

Harga Tiket Masuk Goa Gajah Mangunan

Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk dapat masuk dan menikmati keindahan di Goa Gajah. Anda hanya membayar biaya parkir Rp. 2.000, biaya sewa lampu Rp. 5.000 dan biaya pemandu seikhlasnya. Murah sekali bukan? Dengan harga yang cukup murah anda dapat menikmati fenomena “ Cahaya dari Surga “ yang jarang kita temui di tempat lain.

Harga Tiket Masuk Goa Gajah Mangunan

Transportasi Menuju Goa Gajah Mangunan

Bagaimana cara Anda bisa sampai ke lokasi Goa Gajah?

Dari terminal Giwangan lurus hingga melewati jalan Imogiri Timur, kemudian dari jalan Imogiri Timur terus sampai melewati sebuah pasar Imogiri sampai mentok di pertigaan, di pertigaan tersebut ada penanda makam raja-raja belok kiri, lalu dari pertigaan itu ikuti papan penunjuk yang ada di sisi jalan hingga sampai ke arah Dlingo, kemudian belok ke kebun buah Mangunan. Apabila kebun buah Mangunan berada di kanan, maka Goa Gajah masih terus ke selatan. Anda akan menemui penanda berupa triplek, kira-kira berjarak 2 KM dari kebun buah Mangunan.

Anda tidak perlu khawatir dengan rute yang akan Anda hadapi menuju Goa Gajah, akses jalan menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan motor dan mobil. Lokasi Goa Gajah dapat ditempuh kira-kira sekitar 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu tempuh yang tidak terlalu lama dan jauh. Selama sepanjang perjalanan menuju Goa Gajah Anda akan menikmati pemandangan yang hijau nan indah.

Saat ini, Destinasi Wisata Goa Gajah Mangunan merupakan destinasi wisata unggulan dan sedang digandrungi oleh para petualang di Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin menikmati  pesona  keindahan alam di Goa Gajah buruan kunjungi destinasi wisata ini. Demikianlah ulasan mengenai Destinasi Wisata Sunrise dari Goa Gajah di Yogyakarta. Semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi tempat liburan Anda. Selamat berlibur!

Terima kasih telah membaca artikel tentang goa gajah mangunan, kebun buah mangunan sunrise. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Goa

Related Post "Destinasi Wisata Sunrise dari Goa Gajah Mangunan"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak