Wisata Alam di Tuban yang Eksotis

Tuban merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur. Kota Tuban memang tidak begitu besar. Namun ternyata, kota Tuban mempunyai cukup banyak tempat wisata eksotis yang selama ini masih belum banyak diketahui pelancong.

Mayoritas obyek wisata alam di Tuban yang eksotis memang berbentuk pantai karena kota Tuban memang berada di pesisir pantai utara. Penasaran dimana dan bagaimana pemandangan pantai di Tuban?

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai wisata alam di Tuban yang eksotis, khususnya obyek wisata alam, anda bisa membaca informasi tersebut selengkapnya di artikel ini.

Wisata Alam di Tuban yang Eksotis dan Wajib Dikunjungi Oleh Pecinta Alam

Bila anda memang lebih suka berwisata di tempat-tempat yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Anda perlu berlibur di kota Tuban.

Pasalnya, ada cukup banyak destinasi wisata alam di Tuban Jawa Timur. Berikut ini adalah beberapa wisata alam di Tuban yang eksotis yang pasti dapat memanjakan mata dengan keindahan alamnya:

1. Pantai Boom

Wisata Alam di Tuban yang Eksotis - Pantai Boom

Pantai Boom merupakan pantai di Tuban yang umurnya paling tua. Di pantai Boom ini dulunya dipercaya terdapat pelabuhan pada jaman kerajaan Majapahit.

Penamaan Boom sendiri cukup unik yaitu dikarenakan mayoritas penduduk di kota Tuban ini menyebut daratan yang menjorok ke laut dengan istilah Boom. Oleh sebab itu, pantai yang berada cukup dekat dengan alun-alun kota Tuban ini dinamakan pantai Boom.

Selain pemandangan lautan yang indah, anda juga bisa menyaksikan adanya 2 sumur air tawar di pantai Boom ini. Kedua sumur air tawar tersebut berada di bangunan yang dibuat menggunakan arsitektur Jawa.

Ada cukup banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di pantai Boom ini, contohnya seperti melihat pemandangan matahari terbit maupun tenggelam, bersantai di pinggir dermaga, dan bahkan mencoba menyusuri perairan di sekitar pantai Boom dengan menyewa kapal milik nelayan.

Untuk bisa masuk di kawasan wisata alam di Tuban yang eksotis satu ini, setiap pengunjung memang ditarik biaya masuk sebesar Rp 2.500 per orang. Bagi anda yang tertarik untuk menyaksikan keindahan alam di pantai Boom, lokasinya berada di kelurahan Kutorejo atau sekitar 150 meter kearah utara dari alun-alun kota Tuban.

2. Pantai Sowan

Selain Pantai Boom, masih ada banyak pilihan pantai di Tuban, salah satunya adalah pantai Sowan. Pantai Sowan ini tidak hanya menjual pemandangan laut yang indah. Di pantai Sowan ini, anda juga sekaligus bisa menikmati keindahan pepohonan yang asri.

Pantai Sowan ditumbuhi banyak sekali jenih pohon seperti akasia, jati, mahoni, randu, dan masih banyak lagi.

Selain pohon, Pantai Sowan juga ditinggali oleh banyak fauna seperti burung kutilang, burung jalak, burung prenjak, dan bahkan musang.

Meskipun umurnya belum setua wisata alam di Tuban yang eksotis lainnya, Pantai Sowan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum untuk pelancong.

Pantai Sowan ini berada di pinggir Jalan Pantura, tepatnya di desa Sowan. Lokasi Pantai Sowan ini kurang lebih berada 40 kilometer dari pusat kota Tuban. Jika anda berkunjung ke Pantai Sowan, anda juga diharuskan membayar tiket masuk.

Namun anda tidak perlu khawatir, tarif masuk ke Pantai Sowan ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp 3.000 saja per orang.

3. Pantai Cemara dan Mangrove

Wisata Alam di Tuban yang Eksotis - Pantai Cemara dan Mangrove

Pantai Cemara dan Mangrove juga termasuk sebagai salah satu obyek wisata pantai di Tuban yang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Awalnya, kawasan seluas 56 hektar ini digunakan sebagai kawasan konservasi untuk tanaman cemara dan juga mangrove. Namun lama kelamaan, cukup banyak pelancong yang tertarik untuk menikmati keindahan alam di lokasi ini.

Oleh sebab itu, Pantai Cemara dan Mangrove ini kemudian dijadikan sebagai salah satu wisata alam di Tuban yang eksotis.

Di kawasan ini memang belum dibangun berbagai macam fasilitas wisata untuk pelancong. Namun setidaknya, anda bisa menikmati keindahan alam dari pohon cemara, mangrove, beserta dengan keindahan pantai di Tuban dari kawasan ini.

Pantai Cemara dan Mangrove ini berada di desa Jenu, lokasinya kurang lebih berada sekitar 8 kilometer dari pusat kota Tuban. Menariknya, sampai saat ini pelancong sama sekali tidak ditarik biaya masuk di kawasan ini.

Pelancong hanya dipungut biaya seiklhasnya ketika menggunakan fasilitas yang membutuhkan air ataupun listrik.

4. Pantai Panyuran

Tempat wisata ini juga menjadi salah satu obyek wisata alam di Tuban yang eksotis. Pantai Panyuran ini ditumbuhi banyak pohon kelapa.

Anda tidak hanya bisa menyaksikan keindahan alam saja, namun andapun bisa membeli hasil tangkapan dari nelayan yang baru berlabuh di pantai.

Kebanyakan nelayan yang berlabuh di pantai ini membawa hasil tangkapan seperti ikan tengiri, kepiting, dan juga rumput laut.

Mayoritas nelayan di daerah pantai Panyuran ini memang lebih sering membawa tangkapan berupa rumput laut.

Pantai Panyuran ini juga seringkali dikenal dengan sebutan Pantai Kelapa karena memang di kawasan ini mayoritas ditumbuhi oleh pohon kelapa.

Pantai Panyuran ini berada di desa Panyuran, tepatnya berjarak 6 kilometer dari pusat kota Tuban. Sama halnya dengan Pantai Cemara dan Mangrove, untuk masuk ke area pantai Panyuran ini juga tidak ditarik biaya apapun.

5. Goa Akbar

Jika anda sudah cukup bosan menikmati pemandangan pantai di Tuban, anda bisa mencoba mengunjungi Goa Akbar.

Goa Akbar bisa dikatakan sebagai salah satu obyek wisata alam di Tuban yang eksotis dan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Awalnya, Goa Akbar ini merupakan tempat tinggal dari Sunan Kalijogo dan kemudian digantikan oleh Sunan Bonang.

Sekarang, Goa Akbar ini menjadi salah satu tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang sangat terkenal. Di dalam Goa Akbar ini terdapat cukup banyak hal menarik seperti Musholla, Paseban Wali, Tempat Wudhu, dan juga kolam ikan air tawar.

Goa Akbar ini juga merupakan wisata alam di Tuban yang eksotis dan  benar-benar terawat dan difasilitasi oleh pemerintah kota. Oleh sebab itu, mayoritas area Goa Akbar sudah dilengkapi dengan penerangan sehingga memudahkan pelancong berkeliling dan menyaksikan keindahan alam Goa Akbar ini.

Goa Akbar ini berada tepat dibawah Pasar Baru Tuban. Jadi sangat mudah sekali untuk menemukan lokasi wisata alam di Tuban yang eksotis satu ini. Setiap orang yang ingin menyaksikan keindahan Goa Akbar dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang saja.

6. Grojogan Nglirip

Grojogan Nglirip juga merupakan salah satu wisata alam di Tuban yang eksotis yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pemandangan air terjun dengan ketinggian 30 meter di lokasi ini benar-benar memanjakan mata para pengunjung.

Selain itu, terdapat satu gua yang cukup besar di balik air terjun Nglirip tersebut. Namun biasanya pelancong tidak disarankan untuk mencoba memasuki gua tersebut karena alasan keselamatan pelancong sendiri.

Kawasan Grojogan Nglirip ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk pelancong seperti tempat beristirahat dan juga warung-warung yang menjual makanan.

Grojogan Nglirip ini berada di desa Mulyoagung. Lokasi obyek wisata alam di Tuban yang eksotis satu ini bisa dikatakan sangat strategis karena berada tidak jauh dari jalan raya. Andapun tidak harus berjalan mendekati lokasi untuk menyaksikan keindahan air terjun Ngliripan ini karena pemandangan air terjun yang indah tersebut bisa anda saksikan bersama keluarga dari jembatan kecil di tepi jalan raya.

Cukup menarik bukan tempat wisata di Tuban yang eksotis dan telah dibahas di artikel ini? Dari sekian banyak tempat wisata alam di Tuban tersebut, mana yang paling ingin anda kunjungi?

Terima kasih telah membaca artikel tentang ceritakan wisata alam ING tuban, wisata desa panyuran. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "Wisata Alam di Tuban yang Eksotis"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak