Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik

Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik. Mungkin waktu berlibur anda di kota Tuban sudah mendekati batas akhir. Mungkin anda juga sudah mengunjungi semua obyek wisata dan mencicipi semua tempat kuliner terpopuler di Tuban.

Selanjutnya yang harus anda lakukan sebelum pulang adalah membeli oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan Unik untuk saudara maupun kerabat yang menunggu anda di rumah.

Berbicara mengenai oleh-oleh, kota Tuban memang tidak mempunyai banyak makanan atau cemilan khas seperti kota lainnya. Bahkan banyak sekali orang asli kota Tuban yang kebingungan ketika mereka dimintai buah tangan oleh teman ketika pulang kampung.

Memang benar tidak banyak jajanan khas Tuban yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Namun sebenarnya, ada cukup banyak bahan makanan khas Tuban yang cocok sekali dijadikan oleh-oleh.

Jika anda masih kebingungan menentukan oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik untuk dibawa pulang setelah berlibur, anda bisa membaca beberapa rekomendasi bahan makanan khas Tuban yang cocok dijadikan oleh-oleh di artikel ini.

7 Oleh-Oleh Khas Tuban Yang Terkenal dan Unik Untuk Saudara Maupun Kerabat

Memang tidak mudah menemukan jajanan khas Tuban yang bisa dijadikan oleh-oleh. Kenapa? Karena mayoritas oleh-oleh khas Tuban itu biasanya berbentuk bahan mentah.

Bagi anda yang bingung mencari oleh-oleh khas Tuban yang terkenal untuk dibawa pulang setelah berlibur di kota para Wali ini, anda bisa membaca rekomendasi oleh-oleh khas Tuban berikut ini:

1. Terasi udang

Ya, oleh-oleh khas Tuban yang pertama dan paling terkenal adalah terasi udang. Memang kota Tuban bukan satu-satunya produsen terasi udang. Hampir semua kota yang berada di pesisir pantai selalu memproduksi terasi udang.

Namun demikian, setelah diolah menjadi makanan, terasi udang buatan kota Tuban ternyata yang memberikan peningkatan rasa paling drastis jika dibandingkan dengan terasi udang dari kota lain.

Oleh sebab itu, terasi udang selalu menjadi oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan Unik yang paling dicari oleh pelancong. Berbicara mengenai terasi udang yang merupakan bahan makanan khas Tuban ini memang ada banyak merek.

Namun mayoritas merek terasi udang buatan kota Tuban ini sama enaknya. Jadi anda tidak perlu bingung memilih merek terasi udang khusus. Jadi apapun mereknya, asalkan terasi udang tersebut masih buatan kota Tuban tetap cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat anda.

2. Kerupuk ikan

Selain terasi udang, sebenarnya masih ada jajanan khas Tuban yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk saudara maupun kerabat anda.

Jajanan khas Tuban yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah seperti kerupuk ikan. Sekali lagi, memang kerupuk ikan bisa anda dapatkan di kota manapun, terutama kota yang berada di pesisir pantai.

Namun menariknya, kerupuk ikan buatan kota Tuban ini punya cita rasa ikan laut yang sangat kuat. Mayoritas kerupuk ikan yang dijadikan oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik selalu dibuat menggunakan ikan tengiri.

Kerupuk ikan dari Tuban ini tidak hanya cocok dijadikan teman makan nasi saja. Kerupuk ikan ini juga cocok dijadikan cemilan saat nonton televisi.

3. Ikan asin

Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik-Ikan Asin

Kota Tuban adalah kota yang terletak di pesisir pantai utara. Jadi sudah pasti kota ini paling banyak menghasilkan ikan laut. Oleh sebab itu, cukup banyak bahan makanan khas Tuban yang berbentuk ikan laut yang sudah diasinkan.

Ikan asin juga seringkali menjadi salah satu oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik. Pasalnya, ikan asin dari kota Tuban ini benar-benar diolah ketika ikan masih dalam kondisi fresh. Proses pengolahan ikan asin di kota Tuban juga masih dilakukan secara tradisional.

Jadi anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan zat-zat kimia yang seharusnya tidak digunakan dalam proses pembuatan ikan asin.

Ikan asin sangat mudah didapatkan, terutama di Pasar Besar kota Tuban. Jika anda berwisata di pantai, anda juga bisa membelinya langsung dari nelayan.

4. Kecap Laron

Oleh-Oleh Khas Tuban yang terkenal dan Unik-Kecap Laron

Jika anda berlibur di kota Tuban dan mencari oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik untuk diberikan kepada kerabat maupun saudara, anda juga bisa memilih kecap Laron sebagai oleh-oleh.

Kecap Laron merupakan bahan makanan khas Tuban. Kecap Laron ini diproduksi langsung di kota Tuban. Menariknya, pabrik kecap Laron ini masih mempertahankan metode pembuatan kecap tradisional hingga saat ini.

Kecap Laron jelas tidak bisa dibandingkan dengan kecap-kecap dari merek terkenal. Kecap Laron memiliki cita rasa yang khas. Jika mau dibandingkan dengan merek kecap terkenal, Kecap Laron ini memiliki tekstur yang jauh lebih kental.

Banyak sekali yang menyukai Kecap Laron ini karena irit ketika digunakan untuk memasak. Oleh sebab itu, banyak juga wisatawan yang mulai menjadikan kecap Laron sebagai salah satu oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik.

5. Kerupuk udang

Selain kerupuk ikan yang dibuat dari bahan ikan tengiri, kota Tuban juga masih mempunyai satu kerupuk khas yaitu kerupuk udang.

Namun kerupuk udang yang juga menjadi oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik ini biasanya dijual dalam kondisi mentah, tidak seperti kerupuk ikan yang kebanyakan dijual dalam kondisi siap makan.

Meskipun tergolong sebagai bahan makanan khas Tuban yang harus diolah terlebih dahulu, kerupuk udang dari kota Tuban juga mempunyai ciri khas tersendiri.

Kerupuk udang dari kota Tuban memiliki cita rasa udang yang sangat kuat. Selain itu, kerupuknya juga sangat renyah jika dibandingkan dengan kerupuk udang dari kota lain.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membeli kerupuk udang sebagai oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik untuk saudara maupun kerabat anda.

6. Cumi crispy

Selain kerupuk, kota Tuban juga mulai terkenal dengan olahan laut seperti cumi crispy. Cumi crispy memang baru saja menjadi salah satu jajanan khas Tuban.

Makanan ini bisa dibeli di beberapa toko oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik ini memang sangat lezat dijadikan teman makan nasi maupun untuk cemilan.

Cumi crispy dari kota Tuban ini biasanya dijual dalam kemasan toples. Beberapa toko oleh-oleh di kota Tuban juga mulai menjual cumi crispy dalam beberapa rasa seperti balado, asin, dan juga original.

7. Petis udang

Satu lagi oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik yang wajib anda beli adalah petis udang. Kota Tuban memang menjual petis yang cukup terkenal.

Memang mayoritas kota yang berada di dekat pesisir pantai hampir selalu

Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Khas Tuban yang Lengkap dan Murah

menjual petis sebagai oleh-oleh khasnya. Namun demikian, petis udang dari kota Tuban ini benar-benar berbeda dari petis dari kota lain.

Cita rasa udang di dalam petis dari kota Tuban ini begitu terasa. Oleh sebab itu, tidak heran jika sampai saat ini, petis udang masih menjadi salah satu bahan makanan khas Tuban.

Setelah membahas mengenai apa saja bahan makanan khas Tuban yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat maupun saudara, selanjutnya anda juga perlu mengetahui dimana membeli oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik tersebut.

Jika anda tidak ingin repot membeli oleh-oleh ketika berlibur di kota Tuban, anda bisa membeli berbagai macam jajanan khas Tuban tersebut di beberapa toko oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik berikut ini:

1. Toko Asih dan Toko Ana

Toko Asih dan Toko Ana merupakan 2 toko oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik yang paling sering menjadi tujuan utama. Mayoritas bahan makanan maupun jajanan khas Tuban bisa anda beli di kedua toko ini.

Kedua toko oleh-oleh khas Tuban ini berada di jalan Martadinata. Letak kedua toko ini saling berdekatan sehingga cukup mudah untuk ditemukan.

2. Toko Hanik

Selain toko Asih dan toko Ana, anda juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Tuban di toko Hanik yang berada di jalan WR Supratman nomor 320.

3. Toko Trubus

Jika anda tidak menemukan beberapa macam oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik di 3 toko sebelumnya, anda bisa mencoba mampir ke toko Trubus yang berada di jalan Pramuka.

Toko Trubus ini juga cukup sering dikunjungi oleh pelancong yang ingin membeli oleh-oleh khas dari kota Tuban.

Setelah membaca artikel ini, pasti anda sudah tidak bingung lagi bukan mencari oleh-oleh khas Tuban yang terkenal dan unik? Dari sekian banyak pilihan bahan makanan khas Tuban yang dibahas di artikel ini, mana yang kemungkinan besar akan anda beli sebagai oleh-oleh untuk saudara maupun kerabat anda nanti?

Terima kasih telah membaca artikel tentang oleh oleh khas tuban, jajanan khas tuban. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik"

Tempat Wisata di Tuban Terbaru
Tempat Wisata di Tuban. Kota Tuban yang
Wisata Alam di Tuban yang Eksotis
Tuban merupakan salah satu kota yang berada
Oleh-Oleh Khas Malang yang Legend
Oleh-Oleh Khas Malang yang Legend. Liburan di
Wisata Edukasi Di Malang Yang Terkenal
Wisata Edukasi di Malang. Kota Malang tidak