Destinasi Wisata Pantai Tangsi Lombok

Pulau Lombok perlahan-lahan mulai dikenal oleh para wisatawan, mulai dari wisatawan lokal maupun asing. Hal tersebut memang tidak mengherankan karena Pulau Lombok memang pantas dikatakan sebagai salah satu pulau terindah di Indonesia. Terletak di arah Timur Bali, Pulau Lombok rupanya mewarisi keindahan yang ada di pulau Bali.

Dari tahun ke tahun semakin banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang menjadikan pulau Lombok sebagai salah satu tujuan destinasi wisata selain Bali. Oleh sebab itu, jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Destinasi Wisata Pantai Tangsi

Dunia kepariwisataan di Lombok semakin mendapatkan perhatian khusus dari wisatawan. Dengan dibangunnya berbagai fasilitas pendukung di Lombok membuat wisatawan tidak khawatir mengenai berbagai kebutuhan yang dibutuhkan saat perjalanan wisata. Salah satu infrastruktur yang paling dibutuhkan dan paling penting adalah akses jalan yang menghubungkan antara destinasi wisata satu dengan yang lainnya yang berada di pulau Lombok. Karena akses jalan yang mudah tentu menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa saat ini wisata Lombok merupakan salah satu tempat wisata terfavorit wisatawan yang ada di Indonesia. Kepopuleran pulau Lombok tidak lepas dari masih bersih dan terawatnya obyek-obyek wisata alam yang ada di Lombok. Banyak para wisatawan yang berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat ini.

Membahas mengenai destinasi wisata yang ada di pulau Lombok tentunya sangat banyak sekali. Ditambah lagi dengan berbagai macam pantai yang sangat menarik dan eksotis sehingga dapat membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang rela jauh-jauh datang untuk mengunjungi Pulau Lombok hanya sekedar untuk menikmati segala keindahan alam yang telah ditawarkan.

Lombok Timur merupakan salah satu obyek wisata alam yang sedang banyak diminati oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Salah satu obyek wisata yang saat ini sedang populer adalah Pantai Tangsi atau sering juga disebut Pantai Pink.

Panorama Alam Wisata Pantai Tangsi Lombok

Lokasi Destinasi Wisata Pantai Tangsi

Wajar saja banyak wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya untuk mengunjungi pantai yang cantik nan eksotis yang satu ini. Pantai Tangsi memberikan panorama alam yang sangat indah dan sangat mengesankan sehingga sayang sekali apabila anda melewatkannya. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi serta terdapat pendopo yang berada diatas tebing. Kita dapat menikmati hamparan pantai yang sangat indah.

Tempat wisata ini memiliki aroma air laut yang khas ditambah lagi dengan hembusan angin pantai dan suara ombaknya yang membuat hati anda tenang dan merasa senang. Deburan ombak di Pantai Tangsi ini tergolong tenang dan kecil sehingga membuat wisatawan betah untuk berlama-lama ditempat ini.

Selama anda berada di tempat ini jangan lupa untuk mencoba aktivitas snorkeling agar anda dapat menikmati keindahan biota bawah laut yang sangat menakjubkan.

Asal Usul Pasir dan Nama Pantai Tangsi Lombok

Asal Usul Pasir dan Nama Pantai Tangsi Lombok

Pantai Tangsi lebih terkenal dengan sebutan Pantai Pink karena pantai ini memiliki pesisir pasir yang berwarna merah muda atau pink. Pasir pink yang terdapat di pantai ini diakibatkan oleh pasir putih yang bercampur menjadi satu dengan terumbu karang yang sudah keropos dan menjadi serpihan pasir berwarna merah muda. Nah, hal tersebutlah yang membuat pasir di Pantai Tangsi ini terlihat berwarna merah muda atau pink.

Lokasi Pantai Tangsi Lombok

Pantai Tangsi berada tepat di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai Tangsi memiliki jarak tempuh sekitar 60 km dari kota Mataram, kira-kira membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan untuk dapat sampai di destinasi wisata Pantai Tangsi.

Goa Peninggalan Jepang di Pantai Tangsi Lombok

Goa Peninggalan Jepang di Pantai Tangsi Lombok

Apabila anda mengunjungi destinasi wisata Pantai Tangsi kurang lengkap rasanya apabila anda belum menikmati seluruh lokasi yang berada di dekat Pantai Tangsi. Tempat wisata Pantai Tangsi atau Pantai Pink dibagi menjadi 3 bagian. Pantai Pink 1 yang menjadi destinasi wisata pantai paling diminati oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Kedua adalah Pantai Pink 2 dan yang terakhir adalah Pantai Pink 3. Untuk Pantai Pink 2 dan 3 masih jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan.

Kata “tangsi” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya asrama. Wajar saja apabila masyarakat setempat menganggap bahwa dulunya pantai ini merupakan markas tentara Jepang. Hal tersebut semakin kuat dan diperjelas dengan adanya goa buatan dan meriam yang merupakan peninggalan Jepang yang terletak tidak jauh dari Pantai Tangsi. Pantai Tangsi memiliki warna pasir yang sangat khas dan berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya.

Cara Menuju ke Pantai Tangsi Lombok

Untuk dapat sampai ke Pantai Tangsi anda bisa melewati rute dari kota Mataram menuju ke Pantai Tanjung Ringgit. Letak kedua pantai ini memiliki jarak yang berdekatan. Karena jalannya yang rusak parah dan berlubang sehingga wisatawan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk dapat sampai ke Pantai Tangsi. Pintu masuk menuju Pantai Tangsi memiliki jarak sekitar 1 km sebelum wisatawan memasuki kawasan Pantai Tanjung Ringgit. Sebelum anda sampai di pintu masuk Pantai Ringgit anda akan melihat rambu di pinggir jalan yang bertuliskan “Pantai Tangsi atau Pantai Pink 50 meter”.

Selain dapat sampai ke wisata Pantai Tangsi melalui jalur darat, akses jalan lain yang dapat anda lalui untuk dapat sampai di Pantai Tangsi adalah melalui jalur laut. Anda akan menempuh melalui akses ke Tanjung Luar melalui pelabuhan kecil tersebut anda dapat menggunakan perahu. Waktu tempuh perjalanan melalui jalur laut membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dan biasanya berhenti di beberapa tempat indah yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai baru yaitu Pantai Pink atau Pantai Tangsi.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Tangsi Lombok

Bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Tangsi dapat melakukan banyak kegiatan khususnya kegiatan yang berhubungan dengan air. Di antaranya seperti snorkeling, memancing, berenang, dan menyelam. Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas snorkeling, usahakan membawa peralatan snorkeling sendiri. Di pantai ini tidak menyediakan jasa sewa peralatan snorkeling.

Namun, selama berada disana anda juga dapat menyewa perahu nelayan untuk dapat mengelilingi pulau-pulau kecil yang dekat dengan Pantai Tangsi. Kira-kira memiliki jarak hanya 2 km dari tepi pantai. Anda juga dapat sekaligus menjelajahi goa peninggalan Jepang yang terletak tidak jauh dari Pantai Tangsi.

Fasilitas Pantai Tangsi Lombok

Fasilitas-fasilitas yang terdapat di Pantai Tangsi masih tergolong terbatas dan belum lengkap. Tidak tersedia kamar mandi dan toilet, ditambah lagi kondisi jalan menuju pantai ini yang rusak parah dan berlubang. Disana juga masih belum tersedia penginapan, hotel atau losmen, jadi pengunjung masih belum bisa menginap di Pantai Tangsi ini. Akan tetapi, kira-kira sejauh 2 km dari Pantai Tangsi terdapat penginapan satu-satunya yang paling dekat dengan pantai ini, anda bisa mencoba untuk bermalam disana.

Memang fasilitas yang tersedia di Pantai Tangsi tidak terlalu banyak. Ada beberapa nelayan yang menawarkan perahunya untuk di sewakan menuju ke pulau kecil yang bersebelahan dengan Pantai Tangsi. Ada pula penjual air minum yang tidak diketahui apakah sebagai penjual permanen atau hanya musiman saja.

Sekian ulasan mengenai Destinasi Wisata Pantai Tangsi Lombok. Semoga dapat Anda jadikan referensi sebelum Anda berlibur ke Lombok. Jika Anda bosan dengan aktivitas perkotaan, Pantai Tangsi atau Pantai Pink dapat menjadi pelarian Anda untuk sekedar menyegarkan pikiran dari penatnya pelajaran dan pekerjaan di kota. Semoga Bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang bagian pantai tangsi. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Pantai

Related Post "Destinasi Wisata Pantai Tangsi Lombok"

Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak
Destinasi Wisata Tebing Gunung Parang
Tebing Gunung Parang - Pernahkah Anda berwisata
Wisata Alam di Tuban yang Eksotis
Tuban merupakan salah satu kota yang berada
Destinasi Wisata Sunrise dari Goa Gajah Mangunan
Menceritakan tempat wisata yang berada di Yogyakarta