5 KEUNIKAN PANTAI G-LAND (PLENGKUNG) BANYUWANGI

5 Keunikan Pantai G-Land (Plengkung) Banyuwangi – Sebagai negeri yang terkenal sebagai salah satu pemilik garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Bahkan keindahannya populer hingga ke mancanegara, salah satunya adalah Pantai Plengkung Banyuwangi yang terdapat di bagian sebelah tenggara Pulau Jawa. Pantai yang populer dengan nama Pantai G-Land yang berhadapan langsung dengan perairan Samudera Hindia, sehingga Pantai yang satu ini termasuk pantai yang mempunyai ombak cukup besar. Ombak di Pantai Plengkung bentuknya memanjang, tinggi serta memiliki kecepatan yang tinggi. Selain itu, ombak Pantai Plengkung juga menggulung membentuk tabung ombak yang hampir sempurna sehingga menjadi favorit para pecinta olahraga surfing.

Surfing at g-land beach

G-Land, Surga Pecinta Surfing Dunia (Image: content.rajakamar.com)

Ombak di pantai G-Land Plengkung ini mempunyai 3 tingkatan. Untuk tingkat profesional bisa berselancar dengan ketinggian ombak mencapai 6 hingga 8 meter. Tingkat sedang ada ombak dengan ketinggian mencapai 5 hingga 6 meter. Sedangkan untuk tingkat pemula ombaknya mencapai 3 hingga 4 meter. Berikut 5 keunikan Pantai G-Land (Plengkung) Banyuwangi sehingga bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan salah satu destinasi wisata untuk berlibur.

1. Salah Satu Tempat Surfing Terbaik Di Indonesia
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pantai Plengkung ini merupakan salah satu surga bagi para pecinta surfing. Bukan hanya untuk wisatawan lokal, namun juga terkenal hingga ke mancanegara, seperti Australia, Rusia, Amerika, Brazil, Eropa dan berbagai Negara lain datang jauh-jauh ke pantai ini hanya untuk surfing. Bagi para penggila surfing, belum lengkap rasanya jika belum pernah datang ke G-Land.

Yang perlu diketahui adalah angin lepas pantai yang berhembus di kawasan Pantai Plengkung ini terjadi antara bulan April dan bulan September. Hal tersebut mengakibatkan ombak yang paling besar terjadi di bulan-bulan tersebut. Dalam waktu-waktu tersebut ombak yang tinggi datang secara bertahap, masing-masingnya berlangsung selama beberapa hari, dengan jarak beberapa hari di antara tiap ombak. Gelombang yang datang cenderung lebih besar dan juga lebih baik pada saat laut pasang, jadi waktu yang paling baik untuk mencoba surfing di G-Land ini adalah seminggu setelah bulan purnama ataupun bulan baru, karena di waktu-waktu ini gelombang ombak cukup tinggi akan terjadi selama setengah hari.

Alas Purwo Jungle

Taman Nasional Alas Purwo (Image: www.ririekhayan.com)

2. Kawasan Pantai Plengkung Masih Alami
Kawasan wisata Pantai G-Land ini masih alami, berbeda dengan tempat surfing di Negara lain yang memiliki background gedung-gedung tinggi, disini background-nya adalah hutan lebat. Hal itu karena Pantai Plengkung atau yang populer dengan nama Pantai G-Land ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Perjalanannya menuju kesana melewati jalanan yang masih alami dan tidak diaspal, lokasinya terpencil, bebas polusi dan tidak banyak orang. ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

3. Pantai G-Land Memiliki Tiga Warna
Selain bagus untuk para peselancar, jika dilihat dari laut, Pantai G-Land ini memiliki kombinasi tiga warna, yaitu warna putih, warna biru dan warna hijau. Ini merupakan pemandangan yang eksotis dan berbeda dari pantai yang ada di Bali ataupun Hawaii.

Amazing Island

Plengkung Memiliki 3 Warna (Image: lailatulimana4.wordpress.com)

4. Rute Yang Menantang Untuk Para Petualang
Untuk para pecinta petualangan, trekking menuju ke G-Land menjadi tantangan tersendiri, karena rutenya cukup menantang. Apalagi jika Anda mengambil rute perjalanan dari Pos Perhutani menuju ke Pantai Plengkung yang menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dengan melewati jalan aspal di 2 km pertama dan menyusuri jalan tanah di untuk jarak 8 km berikutnya sambil melewati lebatnya hutan di Taman Nasional Alas Purwo dengan pepohonan yang besar-besar. Jika beruntung, Anda akan bertemu dengan berbagai hewan langka seperti monyet liar, banteng, burung merak liar serta berbagai jenis burung dan binatang lainnya.

Surfing At G-Land Beach

G-Land, Ombak Terbaik Untuk Surfing (Image: banyuwangitourism.com)

5. Mata Air Awet Muda
Untuk keunikan yang satu ini Anda boleh percaya atau tidak. Namun jika Anda hendak berkunjung ke Pantai G-Land dengan melewati Taman Nasional Alas Purwo, Anda akan menemukan beberapa Goa yang dapat dikunjungi. Salah satunya bernama Goa Istana yang mempunyai sumber mata air yang disebut dengan Sendang Srengenge. Masyarakat sekitar percaya bahwa mata air ini mempunyai khasiat dapat membuat awet muda.

Itulah 5 keunikan Pantai G-Land (Plengkung) Banyuwangi yang patut Anda pertimbangkan sebagai salah satu destinasi wisata pantai saat musim liburan tiba.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pantai plengkung, pantai plengkung banyuwangi. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "5 KEUNIKAN PANTAI G-LAND (PLENGKUNG) BANYUWANGI"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk