LIBURAN MURAH DI DAGO PAKAR KOTA BANDUNG

Liburan Murah Di Dago Pakar Kota Bandung– Capek keliling Kota Bandung untuk berbelanja? Waktunya Anda beristirahat sejenak sambil menikmati hutan alami yang tidak jauh dari pusat Kota. Tempat ini adalah Taman Hutan Raya Juanda atau yang lebih dikenal dengan sebutan dago Pakar. Dago Pakar merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kota Bandung, lokasinya ada di arah utara kota Bandung, tepatnya di Jalan Ir. H. Djuanda – Bandung. Dago Pakar yang mempunyai luas sekitar 590 hektar ini membawa Anda untuk refreshing di tengah hutan lebat dengan pemandangan alam yang asri dan indah. Taman Hutan Raya Juanda merupakan salah satu hutan alami yang masih bertahan di wilayah kota Bandung. Dago Pakar juga menjadi Taman Hutan Raya yang pertama di Negara Indonesia yang dulu pernah diresmikan oleh RI kedua, yaitu Presiden Soeharto.
Sepeda gunung di Taman Hutan Raya Juanda
Touring di kawasan Dago Pakar
Keindahan Dago Pakar Bandung
Taman Hutan Raya Juanda atau Dago Pakar ini tidak dapat dilepaskan dari Kawasan Wisata Taman Maribaya, karena Objek Wisata Maribaya sendiri masih bersambung dengan terusan dari Dago Pakar yang memanjang hingga ke arah lembang yang menyajikan suasana alam yang lebih indah karena menyajikan beberapa air terjun yang sangat eksotis serta pesona air panas yang membuat kita merasa kagum.

Kondisi udara di kawasan Objek Wisata Dago Pakar sangat sejuk, dilengkapi dengan panorama dan pemandangan yang memanjakan mata, pohon-pohon besar yang hijau dan tumbuh rindang, semuanya memberikan suasana refreshing yang sempurna untuk melepas penat setelah bekerja selama seminggu penuh atau setelah berkeliling di Kota Bandung yang selalu macet. Di Dago Pakar juga ada sebuh kolam ikan yang sangat besar dan tampak natural.

Selain digunakan sebagai objek wisata alam, Dago Pakar juga dimanfaatkan sebagai tempat konservasi bagi berbagai flora dan fauna yang ada di kota Bandung serta sebagai tempat pendidikan juga penelitian botani.
Gerbang masuk Dago Pakar
Salah satu gerbang masuk Dago Pakar
Gua Jepang Di Dago Pakar Bandung
Selain dapat menikmati wisata alam, liburan murah di Dago Pakar Kota Bandung juga mengajak Anda untuk menikmati wisata sejarah, karena disini Anda  bisa mengunjungi gua Jepang. Gua bersejarah ini merupakan peninggalan sejarah sejak zaman penjajahan Jepang. Dulunya gua ini digunakan oleh tentara Jepang untuk berlindung atau tempat pertahanan. Gua Jepang di kawasan Dago Pakar ini dulunya dibangun oleh warga pribumi yang dipekerjakan secara paksa oleh pihak Jepang. Anda boleh masuk ke dalam area gua ini, rutenya tidak terlalu panjang, hanya ada beberapa lorong khas zaman dulu. Memang di dalam gua ini sangat gelap meskipun siang hari, akan tetapi para pengunjung bisa menyewa senter yang disediakan di sana atau bisa juga membawa senter sendiri dari rumah.
Taman Hutan Raya Juanda Bandung
Gua Jepang di Dago Pakar
Menurut penduduk sekitar yang juga menjadi tour guide, gua Jepang ini dibangun pada sekitar tahun 1942. Untuk masuk ke dalam gua ini, biasanya kita akan diantar oleh seorang tour guide untuk menjelaskan dan menyewakan senter dengan biaya sekitar 5000 rupiah saja.

Masuk ke dalam gua Jepang ini tidak menyeramkan sebagaimana kesan gua yang oleh banyak orang selalu dianggap ang-ker. Ukuran guanya cukup luas, di beberapa lorong terdapat lubang ventilasi sehingga suasana yang terasa di dalam gua tidak terlalu pengap. Tapi Anda harus sedikit hati-hati karena di dalamnya ada banyak kelelawar.

Gua Belanda Di Dago Pakar Bandung
Tidak hanya Gua Jepang, di Dago Pakar juga ada sebuah gua yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Di zaman dulu gua ini pernah digunakan oleh penjajah Belanda sebagai tempat atau markas militer, penjara serta tempat penyimpanan senjata. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Cukup banyak terdapat lorong dan juga ruangan di dalamnya, bahkan sampai menembus menuju Maribaya.
Taman Hutan Raya Juanda Bandung 2
Hutan alam dekat pusat Kota Bandung
Letak gua Belanda ini hanya sekitar satu kilometer dari Gua Jepang. Untuk dapat menikmati sensasi jalan-jalan bersama keluarga di dalam gua, Anda akan dipandu oleh seorang guide, ada sekitar 15 lorong di bagian kanan dan kiri gua yang dapat kita masuki. Pada masa perjuangan merebut kemerdekaan, gua ini pernah dipakai sebagai gudang me-siu oleh para tentara Indonesia.

Untuk meneruskan perjalanan memasuki kawasan wisata Maribaya, para pengunjung masih perlu berjalan cukup jauh dari kawasan Dago Pakar, jaraknya sekitar 6 kilometer. Objek wisata Maribaya akan terlihat dari sebuah jembatan kayu yang ada di seberang air terjun atau Curug Ciomas.
Air terjun Dago Pakar
Air terjun Dago Pakar
Bagi yang sudah biasa hiking, mungkin menempuh jarak sekitar 6 kilometer tidak terlalu sulit. Namun bagi yang merasa malas berjalan dan ingin segera menikmati indahnya Curug Omas, di tempat ini juga cukup banyak jasa ojek yang dapat mengantarkan kita ke Curug Omas dan juga tempat Penangkaran Rusa. Tarifnya sekitar Rp 60-70 ribu untuk pulang pergi.

Setelah menembus rimbunnya hutan dengan jarak sejauh 6 kilometer dan sampai di Curug Omas, Anda akan terpesona dengan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan kedalaman sekitar 10 meter yang berada di dalam aliran Sungai Cikawari. Di atas air terjun tersebut membentang sebuah jembatan yang bisa dipakai untuk melintas dan juga melihat air terjun dari jarak dekat.

Sambil menikmati sejuknya gemericik air dari curug, di sekitar kawasan curug juga tersedia tempat beristirahat yang nyaman. Ada juga sejumlah pedagang yang menjajakan barang dagangannya dalam kios-kios yang berbentuk saung. Sebelum pulang, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi museum yang letaknya tidak jauh dari kantor pengelola.
Curug Ciomas Dago Pakar
Curug Ciomas
Harga Tiket Masuk Dago Pakar Bandung
Untuk dapat sampai tepat di depan gerbang tempat membeli tiket masuk, Anda bisa memakai kendaraan pribadi beroda dua seperti motor dan sepeda dan juga bisa membawa mobil. Sementara ini belum ada angkutan umum yang dapat mengantarkan pengunjung tepat di depan pintu masuk. Sedangkan harga tiket masuk ke kawasan Dago Pakar ini adalah 10.500 rupiah, itu belum termasuk biaya parkir yang dibanderol sampai 10.000 ruiah untuk parkir mobil. Harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Nah, jika sedang wisata ke Kota Kembang, liburan murah di Dago Pakar Kota Bandung ini bisa dijadikan salah satu alternatif liburan Anda bersama keluarga.
Terima kasih telah membaca artikel tentang dago pakar, dago pakar waterfall. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "LIBURAN MURAH DI DAGO PAKAR KOTA BANDUNG"

LIBURAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG YANG POPULER
Liburan Di Saung Angklung Udjo Bandung Yang
BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas