WISATA KE KEBUN BINATANG BANDUNG

Wisata ke Kebun Binatang Bandung – Ini merupakan salah satu tempat wisata favorit salah satu admin tempatwisatamu.com. Sejak kecil hingga sekarang saya selalu mengunjungi tempat yang satu ini hinga beberapa kali dalam setahun. Wisata ke kebun binatang Bandung memang menjadi pilihan warga sekitar Bandung untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga. Apalagi jika Anda membawa anak-anak yang masih berusia 3 hingga 10 tahun, biasanya mereka akan senang berkeliling melihat banyaknya koleksi binatang yang selalu bertambah. Anak-anak juga sering heboh saat berfoto bersama beberapa satwa seperti ular, orang utan atau burung kakatua. Selain itu, Anda juga bisa menunggangi gajah, kuda atau unta mengelilingi track yang sudah disediakan dan mencoba berbagai wahana lain.

Pintu gerbang masuk kebun binatang Bandung
Gerbang masuk Bandung Zoological Park
Sejarah Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung lebih dikenal dengan sebutan Derenten oleh Orang Sunda. Menurut website Wikipedia, Kebun Binatang Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 1930 yang saat itu bernama Bandung Zoological Park (BZP). Pendirian kebun binatang Bandung yang menjadi favorit anak sekolah ini dipelopori oleh Direktur Bank Dennis yang bernama Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang Bandung disahkan oleh seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tanggal 12 April 1933. Namun saat penjajah Jepang menguasai Bandung, tempat wisata ini kurangmendapat perhatian dan terbengkalai, hingga pada sekitar tahun 1948 dilakukanlah rehabilitasi untuk dapat mengembalikan fungsi dari tempat wisata ini. Sekitar tahun 1956 dengan inisiatif dari seorang tokoh besar saat itu yang bernama R. Ema Bratakoesoema, Bandung Zoological Park kemudian dibubarkan dan berganti nama menjadi Yayasan Marga Satwa Taman sari sekitar tahun 1957.

Lokasi Kebun Binatang Bandung
Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi kebun binatang Bandung. Hal itu dikarenakan lokasi kebun binatang Bandung letaknya berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung atau ITB dan juga sungai Cikapundung. Tepatnya di jalan Kebun Binatang nomor 6 Tamansari Kota Bandung. Kebun binatang Bandung mempunyai luas lahan sekitar 13,5 hektare. Bentuk topografinya yang bergelombang menjadikan tempat ini menjadi unik dan tidak membosankan saat kita berkeliling. Dari luasnya yang sekitar 13,5 ha itu, dibuat beberapa wahana dengan penggunaan sekitar 18,25% untuk areal kandang-kandang hewan, sekitar 55,20% untuk area pertamanan dan lesehan, 4,7% digunakan untuk taman ria dan juga kolam perahu, dan sekitar 2,4% untuk tempat pengolahan sampah. Sisanya digunakan untuk berbagai bangunan seperti kantor, masjid, museum, teater, aquarium, dan jalan.

Kebun binatang Bandung
Kontur tanah yang bergelombang makin unik untuk berkeliling
Koleksi Satwa Kebun Binatang Bandung
Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke kebun Binatang Bandung bersama keluarga, Anda bisa mengenalkan koleksi satwa yang cukup banyak, sekitar 213 jenis, yang terdiri dari 79 jenis termasuk satwa yang dilindungi dan 134 jenis binatang yang tidak dilindungi. Binatang ini ada yang berasal dari dalam ataupun luar negeri. Namun dari waktu ke waktu koleksi satwa selalu bertambah, entah itu karena berkembang biak ataupun didatangkan dari berbagai daerah. Di setiap kandang tertulis nama hewan termasuk dalam bahasa latinnya, juga asal habitat serta makanannya. Jadi Anda tidak akan kesulitan mengenalkannya pada anak-anak.

Kebun binatang Bandung
Memberi makan sekaligus berfoto dengan unta
Wahana Di Kebun Binatang Bandung
Selain berbagai koleksi satwa, kebun binatang Bandung juga menyediakan taman untuk kita lesehan. Anda bisa duduk di kursi ataupun menyewa tikar yang banyak disediakan untuk membuka bekal makanan bersama keluarga, tarifnya hanya 5 ribu rupiah dengan waktu yang tidak dibatasi. Dengan banyaknya pohon rindang yang usianya mungkin sudah ratusan tahun juga banyak tanaman yang tumbuh di area kebun Kebun binatang Bandung, membuat kita merasa nyaman untuk melepas lelah setelah berkeliling melihat berbagai jenis satwa. Selain berfungsi sebagai pelindung alami bagi satwa dari sengatan matahari dan juga angin, berbagai pohon dan juga melindungi tanah di areal kebun dari air hujan serta menjadi salah satu daerah di Kota Bandung yang berfungsi sebagai paru-paru kota.

Naik Gajah di Kebun binatang Bandung
Naik gajah Sumatera di Kebun Binatang Bandung
Selain itu ada beberapa taman bermain bagi anak seperti yang ada di taman kanak-kanak seperti ayunan dan lain-lain dengan tarif 3 ribu rupiah, ada juga Istana balon atau yang dikenal dengan balon loncat, serta balon air dengan tarif 10 ribu. Anda juga bisa menunggangi unta, gajah atau kuda dengan biaya sewa 10 hingga 15 ribu.

Anda juga bisa naik bebek kayuh atau sepeda air dengan biaya sewa 5000 per orang atau perahu dengan tarif 3000 per orang mengelilingi kolam yang cukup luas dengan sebuah daratan ditengahnya yang menjadi tempat beberapa monyet yang dibiarkan liar selalu berayun tanpa henti di siang hari.
Kandang beruang di Kebun binatang Bandung
Kandang beruang di Kebun Binatang Bandung
Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan beberapa satwa seperti burung kakatua, ular piton atau lainnya yang biasa ditawarkan oleh beberapa orang disekitar area kebun binatang.

Harga tiket kebun binatang Bandung
Ada tiga gerbang yang bisa Anda masuki ketika masuk ke area kebun binatang Bandung. Saya biasanya memilih gerbang ke tiga karena lokasinya cukup nyaman untuk parkir kendaraan yang cukup luas dibandingkan gerbang lainnya. Harga tiket masuk kebun binatang Bandung adalah 15 ribu rupiah dan jika di hari libur Anda dikenakan tarif 20 ribu rupiah.

Fungsi Kebun Binatang Bandung
Fungsi kebudayaan. Selain sebagai tempat wisata, Kebun Binatang Bandung juga berfungsi sebagai tempat pagelaran seni budaya. Anda akan menemukan sebuah panggung teater yang cukup besar di areal kebun dekat dengan tempat pedagang makan dan beberapa café. Tentunya teater di areal kebun binatang ini mempunyai fungsi kebudayaan, karena dapat menanamkan kesadaran pada banyak orang akan budayanya sendiri dan juga rasa cinta tanah air melalui berbagai pengamatan serta pemahaman akan kekayaan budaya. Dan tentu saja pengamatan dan pemahaman kekayaan akan flora dan fauna.

Memberi makan kuda zebra di Kebun binatang Bandung
Mengajari anak mengenal fauna di Kebun Binatang Bandung
Fungsi pendidikan dan Iptek. Kebun Binatang Bandung juga menjadi sebuah wahana yang bisa dimanfaatkan sebagai wahana edukatif untuk menambah pengetahuan, khususnya mengenai fauna. Selain itu, Kebun Binatang Bandung bisa dimanfaatkan sebagai objek penelitian di berbagai keilmuan. Makanya tidak heran selalu banyak anak sekolah dari berbagai tingkatan yang secara rombongan berwisata kesini sebagai tugas sekolah, para pencinta satwa juga sering terlihat mengamati beberapa jenis binatang tertentu.

Fungsi perlindungan serta pelestarian kekayaan alam. Sebagai sebuah tempat yang berfungsi untuk mengembangkan dan melestarikan wahana flora dan fauna. Kebun binatang Bandung juga berkomitmen untuk terus menjaga dan melestarikan berbagai jenis flora dan fauna dengan tujuan untuk menjaga kekayaan alam.

Makan di taman Kebun binatang Bandung
Beristirahat sambil makan bersama keluarga di Kebun Binatang Bandung
Fungsi rekreasi. Fungsi yang satu ini sudah cukup jelas, karena kebun binatang Bandung menjadi salah satu tempat rekreasi favorit bagi masyarakat Bandung khususnya.

Nah, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata kebun binatang Bandung bersama keluarga? 
Terima kasih telah membaca artikel tentang kebun binatang bandung, bus paeo wisata restu untuk tujuan kebun binatang bandung harganya bis sewa berapa tambun bekasi. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA KE KEBUN BINATANG BANDUNG"

KOPI AROMA BANCEUY, OLEH-OLEH WISATA BANDUNG
Kopi Aroma Banceuy, Oleh-Oleh Wisata Bandung -
DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
DAFTAR TEMPAT WISATA KULINER BANDUNG
Daftar Tempat Wisata Kuliner Bandung - Para
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik