PULAU WAKATOBI, SURGA PECINTA DIVING

Pulau Wakatobi adalah termasuk salah satu dari 50 taman nasional yang terdapat di Indonesia, terletak di kabupaten Wakatobi, wilayah Sulawesi Tenggara. Tahun 1996 taman nasional diresmikan dengan area seluas 1,39 juta ha. Keistimewaan yang terdapat di Wakatobi adalah keindahan alam bawah laut yang benar-benar indah, sehingga banyak wisatawan yang datang mulai dari wisatawan dalam negeri dan wisatawan luar negeri. Berbagai macam terumbu karang terdapat di Taman Nasional Wakatobi, bahkan terdapat lebih dari 112 jenis. Selain terumbu karang, varietas ikannya juga tak kalah menakjubkan. Waktu kunjungan yang baik adalah bulan April sampai dengan bulan Juni dan bulan Oktober sampai dengan bulan Desember dalam setiap tahunnya.

Terdapat 4 pulau besar di Taman Nasional Wakatobi antara lain Binongko, Wangi-Wangi, Kaledupa dan Tomia. Masing-masing pulau memiliki keunikan tersendiri serta area keindahan bawah laut yang berbeda. Pulau Binongko merupakan tempat dimana kehidupan masyarakatnya bermata pencaharian sebagai pandai besi. Jika mengunjungi pulau ini, Anda dapat melihat ikan lumba-lumba yang saling beriringan mengikuti motor laut. Di Pulau Wangi-Wangi, Anda akan menjumpai resort yang menyewakan fasilitas untuk melakukan kegiatan menyelam. Pulau Kaledupa memiliki keindahan alam berupa table coral yang berukuran 2-3 meter.

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
(Image: tripadvisor.com)

Pulau Wakatobi juga menawarkan resort eksotis yang berada di atas laut yang terbuat dari kayu. Fasilitas di dalamnya tak kalah dengan resort modern. Terdapat pula resort gantung dan resort yang berada di darat. Masing-masing kategori memberikan tarif menginap yang berbeda sesuai dengan kelas kamarnya. Tentu ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman berlibur di pulau yang indah itu. Jika Anda ingin melakukan diving untuk melihat surga bawah laut Wakatobi, Anda tidak perlu bingung karena banyak resort yang memberikan pelayanan penyewaan peralatan diving. Harga penyewaan alat diving di Taman Nasional Wakatobi memang cukup mahal, namun Anda akan merasa puas menikmati surga bawah lautnya.

Kepulauan Wakatobi

Kepulauan Wakatobi Sulawesi Tenggara
(Image: (Image: tripadvisor.com))

Jika Anda ingin mengunjungi Taman Nasional tersebut, Anda harus melakukan perjalanan yang cukup jauh dari Kendari. Gunakan alat transportasi kapal cepat regular dari Kendari menuju Bau-bau. Kapal beroperasi dua kali dalam 1 hari dengan waktu perjalanan selama lima jam. Naik kendaraan bermotor selama dua jam dari Bau-bau Anda bisa menuju Lasalimu. Sedangkan untuk menuju Wanci naiklah kapal cepat selama satu jam. Daerah Wanci adalah pintu gerbang pertama untuk masuk ke dalam kawasan Pantai Wakatobi.

Pantai Wakatobi diving

Wakatobi, disukai pecinta diving dalam dan luar negeri
(Image: tripadvisor.com)

Keindahan akan pantai pasir putih akan menyambut kedatangan Anda di Wakatobi. Pantai yang masih terjaga kealamiannya ini dapat Anda nikmati tanpa biaya yang mahal. Bahkan terdapat salah satu yang memiliki keunikan, dimana pada pinggiran pantai terdapat mata air yang berjumlah ratusan. Pantai Wakatobi Moli Sahatu terletak di Desa Patuno, wilayah Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi – Sulawesi Tenggara. Lokasi terhubung jalan darat yang hanya memerlukan waktu kurang lebih 60 menit dari pusat kota Wangi-Wangi dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Bawah laut wakatobi

Menyelami keindahan bawah laut Wakatobi
(Image: oceanrealmimages.com)

Biaya yang harus dikeluarkan jika berkunjung ke Pulau Wakatobi terdapat dalam bentuk paket wisata. Harga bervariasi sesuai dengan jumlah orang yang mengikuti. Misalnya untuk 2 orang Anda harus membayar biaya Rp. 15.000.000. Paket yang ditawarkan sudah termasuk menginap dan diving. Semakin banyak rombongan yang Ana ajak, maka semakin murah paket yang ditawarkan. Pantai Wakatobi yang indah akan membuat Anda terkesan dan ingin kembali ke Wakatobi. Berwisata ke Wakatobi menjadi pilihan tepat dalam mengisi hari libur Anda.

Related Post "PULAU WAKATOBI, SURGA PECINTA DIVING"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk