PANTAI BATU HIU, OBJEK WISATA PENUH LEGENDA

Pantai Batu Hiu, Objek Wisata Penuh LegendaBatu Hiu adalah salah satu tempat wisata populer yang ada di wilayah kota CiamisJawa Barat. Pantai Batu Hiu dapat ditempuh hanya dengan 20 hingga 30 menit saja dari Kecamatan Pangandaran karena jaraknya sekitar 14 km. Lokasi pantai Batu Hiu tepatnya terletak di Desa Ciliang, wilayah Kecamatan Parigi. Tempat wisata pantai yang satu ini mempunyai panorama alam yang sangat mengagumkan.

Dari atas sebuah bukit kecil yang penuh dengan pohon-pohon Pandan Wong, kita dapat menyaksikan Samudra Indonesia yang birunya memanjakan mata diselingi deburan ombaknya yang menggulung putih silih berganti.
Pantai Batu Hiu Ciamis
Berwisata ke pantai Batu Hiu Ciamis
Pantai Batu Hiu memang cukup populer dengan pantainya yang unik dan mempunyai ciri karang yang mirip bentuknya seperti ikan hiu. Kawasan tempat wisata Pantai Batu Hiu ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan setiap musim liburan tiba atau saat weekend. Pantainya indah dan terdapat sebuah bukit yang teduh karena ditumbuhi pohon yang cukup rindang. Dari atas bukit tersebut, di Pantai Batu Hiu ini dengan cukup jelas terlihat sebuah Karang di bagian tengah pantai yang bentuknya menyerupai sebuah ikan hiu yang jaraknya jarak sekitar 200 M dari bibir pantai.

Di arah sebelah utara dari bukit ini para wisatawan dapat menemukan beberapa petilasan. misalnya saja seperti sebuah makam keramat yang konon merupakan tempat petilasan para tokoh yang ada kaitannya dengan legenda dan sejarah Pantai Batu Hiu ini.

Pantai Batu Hiu, objek wisata penuh legenda dan dibumbui dengan berbagai mitos serta cerita rakyat yang masih dipercaya serta melekat pada para penduduk sekitarnya memang cukup menarik untuk ditelusuri.

Berdasarkan cerita dari warga sekitar, konon pada abad ke 11 silam, ada sejumlah pasukan buangan yang berasal dari kerajaan Mataram. Pasukan ini dipimpin oleh dua orang tokoh yang cukup melegenda, yaitu Aki Gede dan Nini Gede. Mereka semua tiba di lokasi pantai Batu Hiu ini lewat jalur laut. Saat mereka tiba di daratan, mereka kemudian memutuskan untuk beristirahat dan juga tinggal sementara daerah di dekat bukit. Setelah itu Aki dan Nini Gede memerintahkan sebagian pasukannya untuk mencari makanan. Salah seorang pasukannya yang bernama Ki Braja Lintang memutuskan untuk mencari makanan di pantai dengan menangkap seekor ikan hiu. Ketika Aki dan juga Nini Gede mengetahui tentang hal ini, mereka kemudian memerintahkan Ki Braja Lintang untuk melepaskan ikan hiu tersebut kembali ke lautan. Ketika Ki Braja Lintang melepaskannya, ikan hiu tersebut malah berubah menjadi sebuah batu berwarna hitam besar yang bentuknya menyerupai hiu dan masih hingga sekarang masih bisa dilihat dan dinamakan dengan Batu Hiu.
Gerbang pantai batu hiu
Gerbang pantai Batu Hiu Jawa Barat
Pantai Batu Hiu menawarkan sebuah pemandangan eksotis Samudra Hindia yang biru. Di atas sebuah bukit, para pengunjung dapat menyaksikan dan sekaligus mendengarkan gemuruh ombak yang besar. Tempat ini dihiasi oleh deretan Pandan Wong (semacam pohon palem) yang indah dan cantik. Ketika hari mulai senja, para wisatawan dapat menyaksikan indahnya pesona sunset di cakrawala.

Pintu masuk utama menuju kawasan objek wisata Pantai Batu Hiu cukup unik. Hal itu karena gerbangnya berbentuk sebuah gua yang menyerupai kepala Hiu besar. Pada saat pengujung berada di dalam gua tersebut, seolah-olah mereka sedang berada di dalam sebuah rahang hiu raksasa dengan banyak giginya yang tajam. Ketika menuju ujungnya yang lain, para wisatawan akan menemukan sebuah tempat di salah satu bagian pantai para pengunjung bisa bermain-main. Di tempat ini beberapa gua yang indah, penduduk setempat mempercayai bahwa salah satu dari gua ini terhubung dengan sebuah gua yang ada di Pantai Utara Cirebon.

Meskipun pada umumnya pantai selatan seperti Batu Hiu ini tidak cocok untuk berenang karena ombaknya yang besar, Namun Batu Hiu merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai. Sebuah tempat rekreasi yang membuat para wisatawan bisa melepaskan segala kepenatan dari berbagai rutinitas sehari-hari.
Objek wisata pantai batu hiu
Pantai Batu Hiu tidak cocok untuk berenang
Kira-kira 15 kilometer ke arah bagian barat dari Pantai Batu Hiu, kita bisa mengunjungi sebuah penangkaran penyu hijau yang dikelola dengan baik oleh sebuah Kelompok Pelestari Biota Laut atau KPBL Batu Hiu. Penangkaran penyu hijau ini adalah salah satu tempat wisata edukasi yang ada di wilayah Pangandaran, di sini para wisatawan dapat mengetahui berbagai jenis penyu serta proses perkembangbiakannya.

Selain itu para wisatawan juga diperbolehkan jika ingin mengelus dan juga memberi makan penyu-penyu yang terdapat dalam penangkaran. Jika Anda sedang beruntung, di bulan-bulan tertentu kita dapat ikut melepaskan tukik atau anak penyu ke lautan.
Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik untuk mengunjungi Pantai Batu Hiu, objek wisata penuh legenda yang ada di Ciamis?
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tempat wisata di Tasikmalaya, pantai batu hiu. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "PANTAI BATU HIU, OBJEK WISATA PENUH LEGENDA"

LIBURAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG YANG POPULER
Liburan Di Saung Angklung Udjo Bandung Yang
BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas