10 TIPS WISATA SAAT PUASA BAGI PECINTA TRAVELING

10 Tips wisata saat puasa ini sangat penting bagi para pecinta traveling. Bulan puasa tentunya merupakan bulan dimana kita lebih banyak memanfaatkan waktu untuk beramal baik & beribadah, baik itu di rumah, di sekolah ataupun kantor. Tapi apabila Anda memutuskan untuk berlibur saat bulan puasa tentu boleh-boleh saja. Wisata religi adalah salah satu kegiatan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga bermanfaat untuk dapat menambah wawasan kita.

Saat bulan puasa telah tiba, bukan berarti Anda hanya berdiam diri di dalam rumah dan menghentikan semua aktivitas sehari-hari. Di bulan suci yang penuh dengan berkah ini, Anda masih bisa melakukan banyak kegiatan seperti biasanya & tentu saja masih dapat mengisi waktu dengan berwisata. Kegiatan wisata atau traveling bagi umat Muslim di bulan puasa memang akan sedikit berbeda apabila dibandingkan liburan pada hari-hari biasa. Hal tersebut karena Anda perlu daya tahan tubuh yang cukup ekstra. Apapun bentuk aktifitas saat Anda berwisata, sebaiknya diisi juga dengan hal-hal yang bermanfaat serta tidak mengurangi pahala berpuasa. Berikut 10 tips wisata saat puasa bagi pecinta traveling.

10 Tips wisata saat puasa

Image: www.wanitasia.com

Istirahat Yang Cukup

Istirahatlah yang cukup dan berkualitas, minimal sehari sebelum Anda memulai traveling. Ini sangat berguna untuk mengumpulkan tenaga supaya jalan-jalan wisata esok hari lebih bersemangat.

Pehatikan Asupan Makanan Saat Sahur

Pada saat sahur sebaiknya konsumsilah makanan yang punya nilai gizi & nutrisi yang tinggi. Apabila perlu tambah juga dengan asupan multivitamin, supaya saat menjalani ibadah puasa seharian Anda tetap segar & tetap menjalani berbagai kegiatan wisata dengan tetap bugar. Jangan lupa juga untuk membiasakan diri dengan membaca doa saat akan traveling. Siapkan juga pribadi Anda untuk tetap menjaga kesabaran & menjaga emosi diri.

Persiapkan Semua Kebutuhan

Siapkan semua kebutuhan pribadi Anda untuk traveling, seperti Al Quran, sarung dan mukena. Sehingga Anda tetap dapat menjalankan ibadah selama beribur. Sediakan juga air mineral untuk persiapan Anda buka puasa pada saat terpaksa harus berbuka puasa di perjalanan.

Wisata Religi

Sempatkan diri untuk mengisi waktu berlibur dengan safari Ramadhan, yaitu dengan melakukan perjalanan wisata ke tempat-tempat yang punya nilai religi untuk dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda mengenai Islam. Salah satunya mungkin bisa dengan melakukan shalat tarawih di berbagai masjid yang belum pernah Anda datangi sebelumnya.

Manfaatkan Waktu Perjalanan

Selama dalam perjalanan, jika Anda memakai kendaraan pribadi, isilah kegiatan dengan mendengarkan ceramah atau kajian Islami lainnya di radio yang tersedia pada kendaraan Anda selama dalam perjalanan. Sisihkan juga uang Anda untuk dapat bersedekah & diberikan kepada pihak yang membutuhkan saat sedang dalam perjalanan liburan.

Waktu Berbuka Puasa

Saat waktu untuk buka puasa telah tiba, segeralah beristirahat untuk berbuka puasa dengan makanan dan juga minuman yang manis agar meningkatkan kembali tenaga Anda. Setelah itu lakukan ibadah wajib terlebih dahulu seperti shalat maghrib, sebelum melanjutkan wisata Anda.

Berlibur Bersama

Lebih baik Anda pergi liburan beramai-ramai atau bersama-sama teman Anda atau keluarga yang juga sama-sama sedang berpuasa. Liburan nantinya akan jauh lebih menyenangkan serta tidak merasa kesepian pada saat berbuka puasa.

Jangan Terlalu Banyak Destinasi Wisata

Meski puasa tidak menghentikan aktifitas traveling, ini bukan berarti kegiatan yang dilakukan sama persis dengan pada saat sedang tidak puasa. Anda tetap perlu membatasinya. Salah satunya dengan cara mengurangi jumlah destinasi liburan yang dikunjungi. Jika ketika tidak puasa, Anda bisa mendatangi 4 tempat, maka ketika puasa batasi saja hanya sampai 2 tempat, agar tidak banyak tenaga yang harus dikeluarkan & puasa tetap terjaga.

Utamakan Wisata Indoor

Destinasi outdoor biasanya akan membuat Anda lebih banyak berkeringat & mudah kelelahan. Oleh sebab itu, selama berpuasa, sebaiknya Anda pilih destinasi indoor & punya pendingin udara. Museum misalnya bisa jadi pilihan.

Kurangi Keluar Di Siang Hari

Di siang hari, matahari tentu memancarkan sinarnya dengan terik. Bayangkan betapa akan lelah dan hausnya apabila Anda traveling di saat siang hari. Untuk itu, usahakan untuk menghindari keluar dan pilih saja sore atau saat malam hari.

Itulah 10 tips wisata saat puasa bagi pecinta traveling. Puasa bukan waktu untuk bermalas-malasan, Anda tetap bisa berlibur, namun tetap melakukan kegiatan yang bermanfaat secara menyenangkan dan mengasyikan.

Related Post "10 TIPS WISATA SAAT PUASA BAGI PECINTA TRAVELING"

11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik
10 TEMPAT NGABUBURIT DI BANDUNG YANG ASYIK
10 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik