LEGENDA DANAU TOBA DAN OBJEK WISATA

Danau Toba merupakan salah satu danau yang menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Keindahan pemandangannya juga tidak kalah dengan pemandangan alam yang lainnya. Banyak sekali wisatawan yang datang untuk berkunjung ke Danau Toba ini. Dibalik keindahan alamnya, Danau Toba menyimpan legenda. Legenda Danau Toba sudah terkenal, bahkan ada beberapa stasiun TV yang mengangkat cerita rakyat ini menjadi film. Namun sayangnya, ada beberapa versi asal-usul Danau Toba. Dalam tulisan kali ini akan diberikan legenda bagaimana terbentuknya danau Toba.

Sejarah Danau Toba bermula pada suatu lembah yang ada di Sumatera Utara. Disana hiduplah seorang petani muda yang masih lajang. Petani ini bernama Toba. Toba merupakan pemuda yang senang bekerja keras. Setelah di pagi harinya sibuk meladang, di sore harinya dia melanjutkan aktivitasnya memancing disalah satu sungai yang ada di lembah tersebut. Hampir setiap hari rutinitas ini dilakukan oleh Toba. Tanpa kenal lelah Toba selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhan dirinya setiap harinya. Entah apa yang dilakukannya yang penting kebutuhannya bisa tercukupi. Begitulah awal dari cerita rakyat Danau Toba.

Legenda danau toba

Cerita rakyat dibalik Danau Toba
(Image: kaskus.co.id)

Legenda Danau Toba ini berawal ketika Toba memancing di sungai dan mendapatkan seekor ikan mas yang cantik. Ikan ini tidak langsung dia olah menjadi makanan melainkan ditaruh di sebuah kendi di dapur rumahnya. Sejarah Danau Toba berawal dari kejadian ini. Toba sangat kaget ketika ikan yang dia tangkap berubah menjadi seorang wanita cantik. Toba terpesona dengan kecantikan wanita ini dan akhirnya mereka berdua menikah. Sebelum menikah, putri ikan ini memberikan syarat kepada Toba bahwa nantinya jika mereka berdua mempunyai anak jangan sampai mencerca anaknya dengan sebutan anak ikan. Cerita rakyat Danau Toba mengisahkan bahwa Toba menerima persyaratan tersebut dan bersumpah tidak akan mencerca anaknya dengan sebutan anak ikan.

Sejarah Danau Toba berlanjut, setelah satu tahun pernikahan Toba dan putri ikan, mereka berdua dikaruniai seorang putra yang diberi nama Samosir. Anak laki-laki Toba dan istrinya tumbuh menjadi anak yang nakal dan juga pemalas. Hal ini dikarenakan ibunya selalu memanjakan anak tersebut. Apapun keinginan Samosir selalu dipenuhi oleh sang ibu. Toba sebagai ayah sebenarnya tidak menyukai sifat anaknya yang pemalas dan juga nakal ini.  Asal usul Danau Toba dimulai ketika suatu hari Samosir di perintahkan oleh ibunya untuk mengantarkan makanan pada ayahnya di Ladang.

Pulau Samosir Danau Toba

Pulau Samosir di tengah Danau Toba
(Image: anekatempatwisata.com)

Di tengah jalan Samosir menuju ladang sang ayah, dia bertemu dengan teman-temannya yang sedang bermain. Samosir yang memang anaknya nakal dan pemalas, menunda perjalanannya sejenak menuju ladang sang ayah. Dia berfikiran bahwa bermain dulu kemudian baru mengantarkan makanan pada sang ayah. Toba yang ada di ladang menunggu makanan yang biasanya dibawakan sang istri. Setelah lama menunggu tidak ada satupun yang muncul. Dengan menahan lapar dan haus Toba pulang menuju ke rumah.  Dalam berbagai versi cerita rakyat Danau Toba ini ada yang mengisahkan bahwa Samosir datang ke ladang sang ayah terlambat dan ada juga yang mengisahkan bahwa Toba bertemu Samosir di tempat bermain dan mendapati anaknya tengah asyik bermain.

Pada intinya asal-usul Danau Toba tidak berbeda jauh. Setelah melihat anaknya lalai, sang ayah marah besar karena Samosir tidak mengantarkan makanan ke ladang. Kemarahan Toba di luapkan dengan mencerca anaknya. Dia berkata pada anaknya ‘dasar anak ikan’. Samosir menangis dan mengadu pada ibunya. Samosir disuruh ibunya untuk pergi ke bukit dan naik ke puncak pohon yang paling tinggi. Setelah anaknya naik ke puncak pohon ibunya langsung menuju sungai dan kembali menjadi ikan, air sungai langsung meluap serta terjadi hujan badai. Dalam sekejap lembah tersebut menjadi danau yang tengahnya ada pulau kecil yang disebut dengan pulau Samosir.

Legenda Danau Toba ini sudah sangat melegenda dan sejak itu danau Toba mulai terkenal di Sumatera. Saat ini, danau Toba menjadi objek wisata yang cukup populer di Indonesia, sebuah danau yang indah dan luas serta eksotisnya Pulau Samosir di tengahnya. Sebuah tempat wisata yang mengajarkan Kita tentang pelajaran hidup.

Related Post "LEGENDA DANAU TOBA DAN OBJEK WISATA"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali