BERSANTAI DI WADUK CIRATA, MENIKMATI IKAN BAKAR

Bersantai Di Waduk Cirata, Menikmati Ikan Bakar – Libur akhir pekan atau sekedar jalan-jalan sore di kawasan waduk Cirata merupakan kegiatan rutin sebagian warga di tiga Kabupaten berbeda di Jawa Barat. Karena memang tempat yang disebut sebagai bendungan Cirata oleh masyarakat ini terdapat di perbatasan Kab. Bandung Barat, Kab. Purwakarta Dan Kabupaten Cianjur, sehingga secara administratif bendungan Cirata dimiliki oleh 3 Pemkab.

Perjalanan untuk menuju waduk cirata sebenarnya tidak terlalu susah, karena jalur masuknya berada di lintas utama Bandung – Jakarta dengan menggunakan jalur arteri. Tapi jika Anda menggunakan jalan tol Cipularang dari arah Jakarta, Anda harus keluar dari pintu tol Ciganea – Purwakarta dan melalui jalur biasa, nantinya Anda tinggal belok kanan di pertigaan Cianting dan masuk ke Plered. Sedangkan jika Anda dari arah Bandung, Anda dapat keluar dari pintu tol Padalarang atau Cikamuning, kemudian belok kiri di perempatan Cikalongwetan. Dan untuk Anda yang masuk dari wilayah Cianjur bisa melalui jalur Cikalong Kulon, kemudian berbelok ke kiri menyusuri sepanjang tepian Waduk Cirata.

Cirata Purwakarta

Kawasan Utama Waduk Cirata
(Image: travelling.blogekstra.com)

Bendungan Cirata sendiri sebenarnya merupakan sebuah PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air paling besar se-Asia Tenggara. PLTA ini mempunyai konstruksi power house yang terdapat di bawah tanah dengan kapasitasnya yang mencapai  8 x 126 Megawatt (MW), sehingga total kapasitas yang terpasang adalah 1.008 Megawatt (MW) dengan produksi dari energi listriknya rata-rata 1.428 Giga Watthour (GWh) dalam setiap tahunnya.

Waduk Cirata ini membendung aliran Sungai Citarum, dengan luas genangannya yang mencapai 62 km persegi. Luas keseluruhan dari Waduk Cirata sendiri adalah 43.777,6 ha, komposisinya terdiri dari 37.577,6 ha daerah daratan dan 6.200 ha sisanya merupakan wilayah perairan. Fungsi utama dari waduk ini memang sebagai pembangkit tenaga listrik, khususnya bagi wilayah Jawa dan Bali. Namun saat ini berbagai kegiatan menjadi ikut berkembang di kawasan yang cukup sejuk dan tenang ini, termasuk diantaranya pariwisata. Warga sekitar sering melakukan berbagai aktivitas di kawasan Waduk Cirata, ada yang sekedar menikmati panorama alam yang memanjakan mata, berperahu, berolahraga dengan jogging atau bersepeda, memancing dan bersantai.

Cirata Purwakarta 2

Sisi lain Waduk Cirata Jawa Barat

Saat bersantai di Waduk Cirata, menikmati ikan bakar merupakan salah satu kegiatan yang mesti Anda coba. Anda dapat menikmati nasi liwet plus ikan bakar yang masih segar dengan dagingnya yang empuk, dipadukan dengan bumbunya yang maknyus sambil menikmati indahnya pemandangan yang eksotis bersama teman atau keluarga di bawah tenda sederhana serta tempat lesehan di tepian danau. Harga yang ditawarkan antara 50.000 hingga 150.000, tergantung untuk berapa porsi Anda memesan.

Cirata Purwakarta 3

Panen hasil budidaya ikan di Cirata
(Image: kkp.go.id)

Warung-warung makan seperti ini memang banyak terdapat di pinggir jalan di sekitar tepian Waduk Cirata. Kuliner yang ditawarkan kebanyakan adalah makanan khas Kota Purwakarta seperti Sate Maranggi. Sate dengan daging kambing atau sapi yang empuk dan bumbu sangat lezat dengan perpaduan rasa pedas,manis dan asam. Lebih asyik lagi jika di sore hari, Anda bisa bersantai sambil menikmati matahari tenggelam atau sunset yang menyinari air danau sehingga warnanya agak merah keemasan.

PLTA Cirata

Nasi liwet khas Sunda di Cirata
(Image: gayadanmenarik.blogspot.com)

Di bagian kiri kanan Waduk Cirata tampak panorama perbukitan tinggi Gunung Cantayan, sawah hijau yang subur milik petani juga struktur beton Waduk Cirata yang menarik susunannya. Waduk ini juga digunakan sebagai salah tempat untuk budidaya ikan air tawar seperti ikan mas, gurame, nila, dan lain-lain dalam puluhan ribu petak kolam jaring apung.

PLTA Cirata 2

Keluarga yang makan bersama di tepian waduk Cirata
(Image: pikiran-rakyat.com)

Nah, jika Anda sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir. Dan saat bersantai di Waduk Cirata, menikmati ikan bakar juga sate maranggi mesti Anda coba, dijamin membuat ketagihan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang waduk cirata, cirata. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "BERSANTAI DI WADUK CIRATA, MENIKMATI IKAN BAKAR"

KOPI AROMA BANCEUY, OLEH-OLEH WISATA BANDUNG
Kopi Aroma Banceuy, Oleh-Oleh Wisata Bandung -
DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
DAFTAR TEMPAT WISATA KULINER BANDUNG
Daftar Tempat Wisata Kuliner Bandung - Para
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik