OBJEK WISATA SITU LEMBANG BANDUNG

Objek Wisata Situ Lembang Bandung – Situ Lembang adalah salah satu Tempat Wisata Di Bandung, yaitu sebuah Situ atau danau yang berada di daerah Lembang Bandung yang tepatnya berada di daerah Desa Kertawangi, wilayah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Situ Lembang Terletak di ketinggian kira-kira 1.567 m dari permukaan laut  dengan Luas sekitar 68 hektare dan mempunyai juga suhu udara sekitar 15 s/d 25 derajat Celsius, suhu yang lumayan terasa cukup dingin untuk ukuran suhu di Indonesia, apalagi bagi Anda yang sehari-hari tinggal di daerah dengan udara yang cukup panas.

Di setiap pagi dan sore hari, tempat wisata Situ Lembang biasanya selalu diselimuti oleh kabut-kabut tebal yang membuat kondisi terasa begitu sangat dingin. Dalam suasana yang dingin seperti itu, Anda mungkin akan memilih untuk menggunakan jaket ataupun sweater yang cukup tebal, Anda juga bisa menghangatkan diri dengan secangkir teh hangat ataupun kopi kopi yang panas yang dapat dibeli dari warung-warung yang ada di sekitar danau. Bagi kamu yang gemar memancing, jangan lupa untuk membawa perlengkapanya karena di sana juga banyak ikan.
situ lembang bandung
Sejuknya udara di Situ Lembang

Objek Wisata Situ Lembang Bandung yang juga merupakan danau buatan yang indah ini, sudah ada dan dibangun sejak zaman Pemerintahan Belanda mengekspansi Indonesia, yaitu kira-kira sekitar tahun 1914an. Air di situ Lembang ini bersumber dari hulu Sungai Cimahi juga berasal dari beberapa mata air yang ada di sekitarnya. Salah satu mata air yang mengisi danau Lembang iniberasal dari bagian Barat Daya yang mengalir dengan sangat deras. Masyarakat sekitar danau menyebutnya dengan Hulu Cai (sumber mata air) yang kemungkinan besar berasal dari resapan mata air dari Gunung Burangrang. Situ Lembang ini memang menjadi salah satu tempat penampung air terbesar yang berada di kawasan Bandung utara. Dari sana, airnya kemudian disalurkan kembali ke Sungai Cimahi dan juga Curug Cimahi, kemudian air dari sana dibagi-bagi lagi ke saluran irigasi dan juga PDAM daerah setempat. Wilayah Cisarua Lembang, Parongpong, dan juga Cimahi menjadi kawasan-kawasan yang bisa menikmati air pegunungan alami dari Situ Lembang tersebut.

situ lembang bandung
Situ Lembang, dulu hanya hutan produksi

Selain itu Situ Lembang atau danau Lembang ini memiliki fungsi yang cukup beragam. Dengan hutan alami yang ada di sekeliling situ lembang, kawasan ini yang dulunya hanya dijadikan sebagai kawasan hutan produksi. Namun sekarang ini fungsinya jauh lebih luas lagi, yaitu sebagai tempat rekreasi dan objek wisata. Masyarakat sekitar, terutama yang tinggal dan bermukim di kaki Gunung Burangrang, selalu menjadikan Situ Lembang ini sebagai tempat untuk memancing ikan. Menurut kabar yang berdar di masyarakat, situ ini masih dihuni ikan ‘penghuni asli’ yang masih tetap hidup sejak zaman dulu.

Namun, dari sekian banyaknya fungsi Danau, Situ Lembang juga cukup populer sebagai tempat untuk latihan bagi kalangan pencinta alam dan juga para anggota militer. Bagi para anggota militer, terutama bagi Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, latihan bersama di wilayah Situ Lembang sudah dilakukan sejak dulu, yaitu sejak tahun 1958. Secara geografis, kawasan Danau atau Situ Lembang ini memang sangat memadai dan strategis untuk berlatih simulasi tempur yang menggunakan senjata seperti granat dan peluru tajam. Jadi tidak heran apabila kita akan sering melihat bedeng-bedeng di sana yang dibangun sebagai basecamp TNI di sekitar wilayah Situ Lembang. 

situ lembang bandung
Situ Lembang, tempat latihan militer juga
Yang cukup menarik, sebagai tempat yang dijadikan medan untuk latihan militer, Situ Lembang ini juga ternyata dikenal oleh pasukan khusus atau pasukan elit tentara nasional dari negara lain, seperti Negara Australia, Singapura, dan juga yang lainnya. Bahkan, tersiar kabar bahwa tentara dari Australia juga pernah berlatih di kawasan Situ Lembang ini.

Bagaimana apakah kamu mau berwisata ke Objek Wisata Situ Lembang Bandung??? Dijamin aman kok, jangan takut dengan latihan militer, karena tidak setiap waktu tentunya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang situ lembang, situ lembang bandung. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "OBJEK WISATA SITU LEMBANG BANDUNG"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak