6 OBJEK WISATA PONTIANAK YANG UNIK & MENARIK

Sedang melakukan perjalanan wisata Pontianak ? Kota Pontianak terkenal juga dengan sebutan kota khatulistiwa, itu karena letaknya atau posisinya yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Salah satu ikon yang menjadikan Pontianak sebagai kota khatulistiwa ini adalah tugu yang didirikan di kota tersebut. Tak hanya itu saja, hal yang tak kalah menarik dari kota ini adalah dua sungai yang melalui kota ini, seperti sungai Landak dan sungai Kapuas. Selain populer sebagai kota khatulistiwa, ternyata Pontianak juga memiliki objek wisata yang tak kalah menariknya dibandingkan tempat-tempat lainnya.

Tugu Khatulistiwa

Salah satu objek wisata menarik, juga sebagai ikon kota khatulistiwa di Pontianak ini adalah Tugu Khatulistiwa. Objek wisata yang satu ini berlokasi kurang lebih berjarak 3 km dari jantung kota Pontianak. Pada tugu ini terletak tulisan yang bertuliskan “EVENAAR” yang berada di antara pilar-pilar tugu bagian belakang. Sementara tugu utama itu sendiri berupa 4 pilar berupa kayu berlian, dengan 2 pilar tugu depan lebih pendek dibandingkan 2 pilar tugu bagian belakang. Nah, pada objek wisata ini Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang garis imajinasi yang ada di dunia. Tak hanya itu saja, di sekitar tugu juga terdapat para penjual yang menjajakan barang-barang miniatur berbentuk Tugu Khatulistiwa. Tak perlu mengeluarkan budget untuk pergi berwisata ke tempat ini.

Tugu Khatulistiwa

Masjid Jami Pontianak

Salah satu tempat wisata Pontianak yang menawarkan bangunan arsitek menawan dari sebuah masjid adalah Masjid Jami Pontianak. Masjid ini juga disebut sebagai Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid Jami Pontianak merupakan sejarah dari terbentuknya kota Pontianak pertama kali. Bangunan arsitektur masjid ini dilengkapi dengan 4 tingkat atap dan juga 4 pilar yang terbuat dari material kayu belian. Tak hanya itu saja, dengan bangunan masjid yang sangat luas ini bisa menampung sebanyak 1500 jamaah. Salah satu ciri khas dari masjid ini adalah bentuk bangunan masjid yang dibentuk seperti model rumah panggung. Masjid ini tergolong cukup strategis, selain Anda bisa menikmati bangunan masjid sembari beribadah, Anda juga bisa berkunjung ke sebuah pasar tradisional.

Masjid Jami Pontianak

Rumah Betang Radakng

Salah satu tempat wisata yang tak kalah menarik di Pontianak adalah Rumah Betang Radakng. Rumah yang berupa sebuah replika dari rumah adat yang berasal dari suku Dayak, Kalimantan Barat ini menjadi sebuah pemandangan objek wisata yang tak kalah menarik dari tempat lainnya. Tak hanya itu saja, Rumah Betang Radakng ini juga disebut-sebut sebagai rumah adat yang terpanjang di negara Indonesia. Rumah Betang mempunyai ciri-ciri dengan bentuk rumah panggung yang panjang. Rumah ini juga memiliki 3 bagian, yaitu ruang selasar sebagai ruang keluarga, pante atau teras rumah, serta ruang tempat tidur yang terbuat dari bilik.

Rumah Betang Radakng

Taman Bukit Bougenville

Temat wisata yang menyuguhkan keindahan pesona alam yang sangat menakjubkan layaknya taman bunga yang indah adalah Taman Bukit Bougenville. Taman ini terletak di sebuah desa yang dinamakan desa Sikanjung dengan luas lahan sebesar 1,5 hektar. Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai aneka macam bunga-bunga bougenville yang cantik dan indah. Di sini juga Anda bisa menikmati taman bermain.

Taman Bukit Bougenville

Sinka Island Park

Tempat wisata yang populer dan tak kalah menariknya di Pontianak adalah Sinka Island Park. Objek wisata ini menyuguhkan sebuah teluk Ma’jantuh – Singkawang. Objek wisata ini juga menyuguhkan kolam renang, kebun binatang hingga pantai. Kebun binatang yang terdapat di Sinka Island Park ini adalah Sinka Zoo. Di Sinka Zoo Anda bisa menjumpai sebanyak 200 ekor macam-macam binatang dengan 62 spesies binatang. Adapun jika Anda ingin berkunjung ke pantainya, Anda bisa berkunjung ke Pantai Banjau dengan tarif masuknya sebesar 25 rupiah saja.

Sinka Island Park

Museum Kalimantan Barat

Museum yang juga populer dengan nama Museum Negeri Pontianak. Objek wisata in terdapat di daerah Jl. Jendral Ahmad Yani, di Pontianak. Di sini Anda bisa menemukan aneka macam kerajinan, seperti benda-benda kerajaan bersejarah, keramik yang berasal dari China serta budaya dari suku Dayak.

Museum Kalimantan Barat

Nah, itulah 6 objek wisata Pontianak yang unik dan menarik yang wajib dikunjungi selama berlibur di Pontianak, jangan pernah melewatkannya saat sedang keliling Pontianak ya.

Related Post "6 OBJEK WISATA PONTIANAK YANG UNIK & MENARIK"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali
WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT
Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa