BERLIBUR KE PULAU UMANG BANTEN DI AKHIR PEKAN

Berlibur Ke Pulau Umang Banten Di Akhir Pekan – Provinsi Banten memang lebih identik dengan wisata Pantai Carita, kawasan Anyer ataupun Tanjung Lesung. Tapi jangan lupa, Banten juga mempunyai kawasan wisata Pulau Umang. Pulau yang indah ini memiliki pantai dengan pasir yang putih serta perairan berwarna biru jernih. Di Pulau Umang ini Anda bersama teman atau keluarga bisa berenang, bermain banana boat ataupun malas-malasan sambil memancing. Berlibur ke pulau Umang Banten di akhir pekan bersama keluarga memang mengasyikan.

Lokasi Pulau Umang ini tepatnya terletak di wilayah Kecamatan Sumur – Banten. Bagi sebagian orang yang pernah berkunjung dan bersenang-senang di Pulau ini mengatakan bahwa Pulau Umang merupakan salah satu destinasi yang tidak kalah cantik dan indah dengan kawasan wisata lainnya di wilayah Banten seperti Tanjung Lesung ataupun Pantai Carita. Wisata laut di Pulau ini masih alami dan memiliki pesona tersendiri.

Umang Island Indonesia

Pantai Pasir Putih Pulau Umang (Image from: yukpegi.com)

Untuk mencapai lokasi Pulau Umang, Anda mesti menyusuri jalan darat yang lumayan panjang menuju ke daerah Sumur, jaraknya sekitar 183 km dari pusat Kota Jakarta lewat daerah Pandeglang dan menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 6 jam. Setelah itu perjalanan wisata Anda dilanjutkan dengan menyeberangi laut dengan menumpangi speedboat yang menuju ke Pulau Umang, dengan waktu tempuhnya yang hanya sekitar 5 menit.

Sebenarnya ada dua rute perjalanan lewat darat yang dapat Anda lalui, rute yang pertama adalah melalui Tol Kebun Jeruk – Merak, keluar di wilayah Serang Timur, tepatnya km 71, setelah itu Anda terus ikuti jalan Pandeglang hingga Labuan dan kemudian menuju ke Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibaliung – Cimanggu dan akhirnya Anda akan sampai di wilayah Sumur.

Umang Island is beautiful

Bermain di tepi pantai Pulau Umang (Image: sijanggut.blogdetik.com )

Sedangkan rute yang kedua Anda dapat melalui Tol Kebun Jeruk-Merak, kemudian keluar di Cilegon Barat, selanjutnya mengikuti jalur Anyer-Carita hingga bertemu lagi dengan wilayah Labuan, kemudian Anda ikuti saja jalur yang sama dengan rute darat pertama hingga sampai ke wilayah Sumur.

Meskipun Anda akan menghabiskan waktu perjalanan yang cukup lama, namun rasa lelah Anda selama perjalanan akan terbayar begitu Anda sampai di lokasi. Cottage yang memiliki atap cantik yang bentuknya menyerupai cangkang hewan umang-umang yang sekaligus menjadi ciri khas dari Pulau Umang ini akan selalu siap menyambut kedatangan setiap wisatawan.

Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan para wisatawan di pulau ini, misalnya saja seperti snorkeling, bermain jet ski dan juga banana boat, atau jika Anda hanya ingin refreshing dengan bermalasan sambil duduk di pinggir pantai dan menikmati semilir angin dan juga deburan ombak. Pasir pantai yang berwarna putih di Pulau Umang sangat tampak bersih serta di hiasi banyak karang-karang dan juga ganggang di bagian tepiannya.

beautiful umang island

Cottage Khas Pulau Umang (Image: pariwisatapulautidung.net)

Untuk Anda yang mempunyai hobi snorkeling, sebaiknya Anda menyeberang sedikit ke wilayah Pulau Oar. Sebab, terumbu karang yang terdapat di sekitar Pulau Oar ini masih sangat alami dan sangat indah, jangan lupa untuk menyiapkan kamera underwater untuk mengabadikan keindahan bawah lautnya.

Pada saat bermain di sekitar tepi pantai, Anda dapat melihat cukup banyak ikan-ikan kecil yang asyik berenang dan juga keramba-keramba milik para nelayan. Untuk para wisatawan yang membawa anak-anak, pihak pengelola pulau sudah mempersiapkan taman bermain dengan tema outbond dan juga ada kolam renang khusus untuk anak-anak yang menghadap ke arah laut lepas. Bukan cuma itu, pengunjung juga dapat memanfaatkan bagian tepi pantai yang cukup luas untuk bermain bola bersama teman-temannya ataupun bermain voli pantai.

Jika Anda telah merasa lelah karena bermain seharian di pinggir pantai, Anda dapat memanjakan perut dengan berbagai menu hidangan yang lezat khas Pulau Umang, yaitu aneka menu kuliner seafood. Makanan yang khas di pulau yang indah ini adalah ikan kakap merah dan juga kerapu. Namun untuk Anda yang tidak suka dengan seafood, jangan khawatir, beberapa restoran di sekitar Pulau Umang ini juga menyediakan berbagai aneka olahan daging dan menu kuliner lainnya yang siap untuk mengatasi lapar Anda.

Jika Anda ingin bermalam di Pulau Umang ini, Anda tidak akan repot untuk mencari tempat menginap. karena berbagai kamar dengan tema rumah panggung siap untuk dijadikan tempat peristirahatan Anda. Pulau Umang ini mempunyai 30 kamar, 15 kamar diantaranya menghadap ke arah sunset dan 15 kamar lainnya menghadap ke arah sunrise, Anda bebas untuk memilih kamar yang akan dijadikan tempat bermalam. Namun sebelum Anda tidur dan melepas lelah, Anda akan dihibur oleh sebuah pertunjukkan musik organ tunggal dengan para penyanyi yang tentunya memiliki suara indah hingga larut malam tiba.

Night at Umang island

Suasana malam di Pulau Umang (Image: yukpegi.com)

Untuk Anda yang akan berlibur ke Pulau Umang ketika musim libur panjang, Anda sebaiknya memesan kamar sejak jauh-jauh hari, karena biasanya pulau ini akan dipadati oleh pengunjung. Biaya yang mesti Anda keluarkan untuk dapat menginap disini selama 3 hari 2 malam sekitar Rp 4.800.000 per kamarnya untuk 4 orang, atau sekitar Rp 1.200.000 per orang.

Itulah sedikit informasi untuk Anda yang akan berlibur ke pulau Umang Banten di akhir pekan atau saat libur panjang tiba. Pulau ini menjadi salah satu bukti kecantikan alam Banten. Selamat berlibur dan berwisata ke Pulau Umang!

Terima kasih telah membaca artikel tentang jalan menuju pulau umang, jalan menuju pulau umang umang. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "BERLIBUR KE PULAU UMANG BANTEN DI AKHIR PEKAN"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali