PESONA PULAU MENTAWAI DI SUMBAR

Menjelajahi indahnya Indonesia tidak akan lengkap jika tak singgah di indahnya alam Pulau Indonesia Barat, Sumatera.  Salah satu Andalannya adalah Pulau Mentawai sebagai salah satu maskot wisata sumbar. Pada tahun 1999, Mentawai resmi ditetapkan menjadi salah satu kabupaten di Sumatra Barat. Tempat wisata yang memanjakan bagi Anda yang hobi surfing. Pantai yang terhubung langsung dengan Samudra Hindia sehingga menghasilkan gelombang ombak yang tinggi cocok untuk Anda pecinta olahraga air surfing. Kabupaten Mentawai terdiri dari banyak pulau, 4 pulau utamanya adalah Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, Pulau Sipora dan juga Pulau Pagai Selatan sebagai pusat tempat Wisata di Sumbar.

Selain menyuguhkan pesona pantai yang indah, Mentawai juga menjadi pusat berkumpulnya satwa-satwa endemic seperti Beruk Mentawai, Monyet ekor Babi, Tupai Kasturi, tupai terbang Sipora, Tupai terbang Siberut, dan masih banyak lagi. Yang tentunya akan semakin memanjakan wisata Anda dan dapat menjadi salah satu wisata pendidikan untuk putra-putri Anda di wilayah wisata Sumbar. Saat Anda datang ke Mentawai jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Mentawai, kripik keladi yang berasal dari tanaman keladi, hanya akan Anda temukan di tempat Wisata di Sumbar.

Pulau Mentawai

Pulau Sikuai, salah satu surga wisata di Mentawai
(Image: www.blitarvaganza.com)

Untuk sampai ke Pulau Mentawai, transportasi laut masih menjadi andalannya. Menggunakan kapal motor yang beroperasi seminggu dua kali, setiap minggu malam (Kapal Sumber Rezeki Baru) dan Kamis malam (Kapal Simasin). Perjalanan di tempuh dalam 1 hari, kapal ini yang menjadi transportasi utama pula saat kembali ke Padang yakni berangkat pada Selasa dan Jum’at malam. Harga tiketnya Rp 105.000,00 – Rp 125.000 saja.

Anda dapat pula menggunakan transportasi udara, berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau, kemudian menyewa pesawat kecil seperti Tiger Air atau SMAC hingga sampai ke Tuapejat di Pulau Sipora. Waktu tempuhnya lebih singkat yakni sekitar 3-4 jam untuk sampai di muara Siberut. Beberapa paket tour yang ada di wisata Sumbar ini menyediakan pula paket-paket termasuk penginapan, transportasi pulang-pergi, dan fasilitas berfoto bersama suku asli Mentawai serta tour guide dengan kisaran harga 1-2 juta rupiah.

Kepluauan Mentawai Sumbar

Tempat surfing wisatawan asing
(Image: jasonwolcottphotography.com)

Nah bagi Anda yang berminat untuk menjelajah sendiri kabupaten Kepulauan Mentawai ini, Anda tidak perlu khawatir dengan dimana harus menginap jika harga penginapan tidak sesuai dengan kantong Anda. Beberapa pulau di kecamatan Siberut Selatan dan Pagai Utara menyediakan homestay. Keramah tamahan penduduk sudah dikenal oleh wisatawan sehingga mereka akan senang hati menerima Anda untuk menginap dan singgah di kediaman mereka.

Homestay banyak di temukan di kawasan pantai Nyangnyang, Pantai Karonik, Pantai Karang Bajat dan juga Pantai Pananggelat. Pulau Mentawai dapat menjadi salah satu tujuan wisata Anda untuk menjelajahi salah satu pulau di wilayah Indonesia Barat. Walaupun jarak tempuh salah satu tempat Wisata di Sumbar ini cukup jauh dan masih sulit ditempauh, namun akan terbayar dengan indahnya panorama indahnya, terlebih bagi Anda pecinta surfing yang akan dimanjakan oleh deburan ombak.

Terima kasih telah membaca artikel tentang mentawai wisata, tempat wisata mentawai. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "PESONA PULAU MENTAWAI DI SUMBAR"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk