PESONA SITU CILEUNCA BANDUNG

Jalan-jalan di kota Bandung tak lengkap jika tak singgah di Situ Cileunca. Pesona indah di Kota kembang ini tepatnya terletak di kecamatan Pangalengan diantara dua desa yakni desa Wanasari dan Pulosari. Sekitar ± 45 km dari kota Bandung, ± 185 Km dari ibu kota Jakarta. Terletak pada ketinggian ± 1550 meter di atas permukaan laut, Situ Cileunca Pangalengan ini menyajikan kesejukan dan pesona alam yang luar biasa. Situ ini merupakan danau buatan yang menyuguhkan pesan alam indah, susuri danau dengan perahu, arum jeram dan fasilitas out bond. Dulu situ ini mendapat julukan Swissnya Indonesia, sebab suguhan pesona yang mirip dengan Negara Swiss.

Sejarah singkat menyebutkan bahwa situ ini berasal dari danau buatan yang dibuat oleh banyak orang dengan cara membendung aliran sungai Cileunca. Situ ini merupakan milik pribadi orang Belanda bernama Kuhlan yang dibangun selama 7 tahun (1912-1926) dan menghasilkan bendungan danau besar dengan luas genangan air mencapai 180 hektare. Situ ini juga diwarnai cerita-cerita mistis seperti kadang terdengar gelar wayang kulit, padahal tidak sedang ada pertunjukan wayang kulit di Situ Cileunca Pangalengan ini. Konon dulu pernah ada satu rombongan seniman wayang yang tenggelam di danau tersebut, rombongan inilah yang dipercaya memainkan gelar wayang kulit.

Situ Cileunca Pangalengan

Liburan di Situ Cileunca Pangalengan – Bandung
(Image: bdg.co.id)

Dibalik cerita sejarah dan cerita mistis dari situ ini, keindahan dan fasilitas yang disediakan seakan tak mampu menggugurkan keinginan untuk singgah dan berlibur bersama keluarga. Untuk menuju situ ini Anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka setelah keluar tol batu segera menuju arah Soreang-Ciwidey dan Pangalengan. Situ Cileunca termasuk tempat wisata sehingga sudah banyak petunjuk jalan kesana. Ketika sudah sampai di pusat kota Bandung langsung cari jalan menuju Kota Sorenang, ikuti jalan utamanya hingga sampai pada jalan menuju Banjaran.

Ketika sudah mencapai jalan utama Banjaran dapat langsung melewati Dangdeur, dari sini Anda tinggal mengikuti jalan dan sudah memasuki jalan utama Situ Cileunca Pangalengan. Tinggal lihat papan nama dan petunjuk yang telah banyak disediakan. Untuk menuju tempat ini dengan kendaraan umum, Anda dapat naik bus jurusan Leuwi Panjang – Pangalengan dari Terminal Leuwi Panjang ongkosnya berkisar antara Rp 15.000,00- Rp20.000,00/orang.

Situ Cileunca Bandung

Tempat Refreshing yang murah, Situ Cileunca
(Image: foblog.psikomedia.com)

Biaya akomodasi tiket masuk termasuk sangat terjangkau, untuk hari biasa di patok harga Rp 5.000,00 dan untuk hari libur Rp 10.000,00. Jika Anda ingin menambah dengan fasilitas out bond Anda harus menambah biaya sekitar Rp 150.000,00 – Rp 450.000,00/ orang. Untuk arum jeram dipatok harga Rp 150.000,00 / orang. Keindahan tempat wisata ini sayang untuk dilewatkan, dapat menjadi alternatif pilihan tempat wisata keluarga Anda selain wilayah puncak yang selalu diwarnai kemacetan. Selain fasilitas tadi Situ Cileunca menyediakan hotel dan penginapan, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu sehari dua hari di sini bersama keluarga.

Terima kasih telah membaca artikel tentang jalan menuju situ cileunca. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "PESONA SITU CILEUNCA BANDUNG"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
WISATA KULINER KE D’COST SEAFOOD DI BANDUNG
Wisata Kuliner Ke D’Cost Seafood Di Bandung
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali