TIKET MASUK TAMAN MINI INDONESIA INDAH TERBARU

Ingin keliling Indonesia dalam waktu kurang dari 1 hari? Tentunya Anda sudah mengenal Taman Mini Indonesia Indah atau biasa kita sebut TMII. Peta Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jakarta Timur bagaikan peta mini budaya Indonesia. Harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah sangat terjangkau sehingga dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu akhir pekan Anda bersama keluarga, atau dapat mengisi liburan sekolah dengan libur sambil belajar. TMII memiliki area luas 150 hektare alias 1,5 Km2.

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah di prakarsai oleh Ibu Negara, Siti Hartinah atau Ibu Tin Soeharto di Jalan Cendana No. 8 Jakarta pada 13 Maret 1970. Sebagai salah satu usaha pengenalan keanekaragaman budaya Indonesia yang beragam pembangunan taman budaya Indonesia ini dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. Mulai dibangun tahun 1972 diresmikan sekitar 3 tahun berikutnya, tepatnya pada 20 April 1975.  Sejak tahu 1975 hingga 2000 terdiri atas anjungan rumah adat dari 27 provinsi di Indonesia termasuk Timor-Timur. Sejarah Taman Mini Indonesia Indah berlanjut pada tahun 2002 saat Timor-Timur melepaskan diri dari Indonesia anjungan rumah adat resmi menjadi museum Timor-Timur. Sekarang terdapat 33 provinsi sehingga terdapat anjungan baru seperti Bangka Belitung, Maluku Utara, Banten, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat yang dibangun di sudut timur laut TMII.

tiket masuk TMII

Miniaturnya Indonesia

Nah, begitulah sejarah Taman Mini Indonesia Indah, Ibu Tin sebagai pemrakarsa, sadar bahkan kekayaan budaya di Indonesia yang menarik untuk dipelajari dan harus diketahui oleh generasi penerus. Tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah di bandrol Rp 10.000,00 /orang untuk usia di bawah 3 tahun belum dikenai biaya di pintu masuk utama ini. Mobil Rp 10.000,00 untuk bus/truk Rp 30.000,00 motor Rp 6.000,00 dan sepeda Rp 1.000,00. Tiket masuk di pintu utama ini tidak termasuk sebagai tiket masuk di tiap wahana maupun museum dan naik perahu. Tiap-tiap wahana pendidikan maupun wahana rekreasi memiliki tiket masuk masing-masing. Harganya berkisar antara Rp 5.000,00 – Rp 150.000,00.

TMII sering disebut miniaturnya Indonesia, seperti halnya dalam altas kita juga dapat mengelilingi TMII dengan peta Taman Mini Indonesia Indah sebagai panduannya yang telah disediakan oleh petugas. Kita dapat mengelilingi dengan mobil keliling Rp 5.000,00 atau kereta api mini seharga Rp 10.000,00. Terdapat pula charter mobil keliling per jam Rp 100.000,00 atau charter mobil bus sedang per jam Rp 200.000 saja.

Peta TMII

Peta TMII

Selain terdapat anjungan-anjungan rumah adat, terdapat pula anjungan keagamaan dengan yang berisi tempat-tempat ibadah seluruh agama di Indonesia. Museum-museum Indonesia seperti Museum IPTEK, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Perangko Indonesia, Museum Listrik dan sebagainya. Terdapat sarana hiburan seperti Istana Anak-anak Indonesia dan Teater Imax Keong Mas yang juga terdapat di peta Taman Mini Indonesia Indah. Tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah yang terjangkau membuat tempat wisata budaya dekat kota ini menjadi pilihan menghabiskan waktu liburan si kecil.

Terima kasih telah membaca artikel tentang biaya msuk TMI, tiket masuk bus wisata taman mini. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TIKET MASUK TAMAN MINI INDONESIA INDAH TERBARU"

11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik
10 TEMPAT NGABUBURIT DI BANDUNG YANG ASYIK
10 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik