Trend Wisata Pilihan Netizen

Trend Wisata
Trend wisatawisata adalah hal yang selalu berkembang tiap tahunnya. Karena itu, semakin ke sini minat dan kebutuhan akan wisata mulai beragam. Keberagaman tersebut membuahkan hasil di mana sekarang mulai banyak tempat wisata unik, menarik dan layak untuk dikunjungi. Di samping itu, minat wisata pun makin bertambah, sehingga memunculkan ide dan gagasan untuk membuat tempat wisata baru yang lebih unik, menarik, anti mainstream, tapi layak untuk dikunjungi.

Munculnya kesadaran akan hiburan dan liburan pun mendorong terciptanya tempat wisata baru yang lebih nyaman, aman dan refresentatif.

Selain itu munculnya tren selfie dan fotografi belakangan terakhir juga memunculkan minat masyarakat untuk datang ke tempat-tempat indah, anti mainstream dan cantik jika dilihat kamera.

Nah, semua hal tadi ada sebab musahabat kenapa trend wisata ini akan menarik dan lain dari tahun-tahun sebelumnya.

Lantas, seperti apakah trend yang sedang berkembang? Serta bagaimana penerapan dan sikap kita dalam menghadapinya? Yuk simak jawabannya dalam ulasan lengkap berikut ini.

Ragam Trend Wisata

1. Tempat dengan panorama alam masih mendominasi

Merebaknya minat selfie dan mulai bermunculannya gadget penunjang jadi alasan kenapa tempat ini masih digandrungi. Sebab, dari survei yang dilakukan oleh beberapa pihak, mayoritas pegiat selfie akan mendatangi tempat-tempat unit, menarik dan barbau dengan hal-hal yang alami.

Bukan hanya itu. Penorama alam Indonesia yang terkenal eksotis juga jadi alasan kenapa trend wisata ini masih muncul.

Di sisi lain, destinasi wisata yang berbau alam juga mulai banyak yang diperbaiki, sehingga memunculkan minat dan keinginan masyarakat untuk datang karena penasaran.

Di samping itu, banyaknya foto alam Indonesia yang diunggah di media sosial juga memunculkan anime masyarakat, membuat mereka penasaran, lalu memunculkan niat untuk datang dan menikmati hal yang serupa dengan foto yang mereka lihat di media sosial.

Kejenuhan warga kota akan hiruk pikuk dan problematika kota, serta keingintahuan masyarakat pedesaan akan potensi daerahnya juga jadi alasan trend wisata alam tetap disukai, bahkan berkembang hingga sekarang.

Sebab itu, jika dibandingkan dengan trend lain, trend seperti ini masih akan terus disukai, bahkan dikembangkan demi kepentingan ekonomi di daerah potensial.

2. Tempat yang anti mainstream

Di samping tempat dengan panorama cantik, tempat-tempat yang anti mainstream juga jadi trend baru. Rasa bosan dengan wisata yang ada juga keinginan untuk tampil beda dan diperhatikan jadi landasan utama kenapa trend ini muncul.

Di sisi lain, kenekadan dan keinginan tahuan masyarakat Indonesia yang tinggi juga jadi penunjang kenapa trend wisata ini muncul.

Walau demikian, trend plesiran yang satu ini juga harus diperhatikan, khususnya dalam hal keselamatan dan keamanan pengunjung. Sebab, bagaimana pun juga, tempat anti mainstream sangat berpotensi menimbulkan bahaya dan mengancam keselamatan pengunjung. Oleh sebab itu, baik wisatawan atau pun pemerintahan setempat harus memperhatikan batas-batas keamanan di tempat yang dimaksud.

3. Trend wisata romantis juga digandrungi

Semua tahu; romantisme akan selalu punya tempat di tahun berapa pun, dan akan terus berkembang seiring waktu. Nah, itulah yang dilirik pihak pengembang dan pengelola. Hal itu juga yang melandasi kenapa trend wisata romantis ini mulai digalangkan dan diperbaharui hingga saat ini.

Di saat yang bersamaan Indonesia juga dilanda trend pacaran. Dengan trend ini, wisata romantis pun mulai dikembangkan ke tahap yang lebih serius. Maka jangan heran jika belakangan sudah banyak berdiri tempat-tempat wisata romantis yang jadi trend dan banyak diperbincangkan di media sosial. Sebab, bagaimana pun juga, trend wisata ini sekarang jadi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk saat ini, khususnya untuk mereka yang punya pasangan, baik itu statusnya menikah atau sekedar pacaran.

Tapi perlu dipertahatikan; bagaimana pun trend-nya, kehati-hatian dan kewaspadaan harus tetap dijunjung tinggi. Sebab, seperti apa pun tempat wisatanya, potensi bahaya dan merugikan akan selalu ada. Oleh karenanya, pengunjung harap memperhatikan keselamatan dan potensi bahaya yang mungkin muncul.

4. Tempat-tempat yang aman juga jadi trend di tahun ini

Banyaknya kejadian membahayakan, khususnya dalam tempat wisata, membuat kewaspadaan dan kehati-hatian pengunjung meningkat. Hal ini terlihat dari minimnya kecelakaan yang terjadi di tempat wisata. Di samping itu, trend wisata ini juga tergambar dari ditinggalkannya perilaku beresiko yang kerap dilakukan pengunjung di beberapa tahun terakhir.

Adapun perilaku beresiko yang dimaksud adalah:

  • Berselfie di tempat-tempat tinggi nan bahaya;
  • Melakukan aktivitas beresiko yang mengancam keselamatan, baik untuk dirinya atau orang lain;
  • Perilaku acuh terhadap himbauan pengelola terhadap potensi bahaya yang mungkin terjadi;
  • Maniak selfie yang selalu mencari sudut pandang bagus tanpa mengindahkan keselamatan diri dan orang lain;

Dengan banyaknya kejadian akibat keempat hal ini, trend wisata ini nampaknya berkembang dan banyak dilakukan oleh banyak kalangan. Di samping muncul di kalangan pengunjung, trend ini juga mulai ditumbuhkembangkan di kalangan pengelola. Walhasil sudah banyak tempat wisata yang menyediakan pengelola yang siap dan sigap dalam memperingati wisatawan yang melakukan perilaku beresiko dan berbahaya.

5. Tempat-tempat mahal dan berkelas juga akan muncul sebagai trend wisata

Tingginya gengsi dan persaingan dalam hal wisata memunculkan trend baru, khususnya dalam kunjungan tempat-tempat berkelas dan mahal. Walau tak terjangkau oleh semua kalangan, namun trend ini akan bertahan selama rasa gengsi dan persaingan wisata masih ada.

Kendati terkesan hedon dan tak baik untuk dilakukan, tapi rasa iri dan keinginan untuk pamer jadi alasan kemunculan trend wisata yang satu ini.

6. Keinginan untuk datang ke tempat-tempat baru nan indah akan semakin tinggi

Iri, kepo dan ingin mendapat tempat pertama dalam menemukan tempat-tempat jadi alasan kenapa trend ini akan berkembang. Hal itu tergambar dari banyaknya tempat-tempat baru yang muncul dan hits dari postingan foto di Facebook, Instagram, atau pun Twitter yang nantinya jadi trend wisata baru yang banyak disukai dan diminati oleh pengunjung.

Dan perlu dicatat; kekuatan media sosial terbilang besar. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya tempat wisata baru yang mulai populer dan banyak dikunjungi.

Terlepas dari apa dan seperti apa tempatnya, asal tempat tersebut indah dan cantik jika diposting, tempat tersebut akan jadi destinasi wisata yang banjir like, pujian dan pengunjung di waktu lanjutan.

Jadi, khusus untuk trend wisata baru yang satu ini, peran media sosial masih sangat tinggi dalam mempromosikan tempat-tempat baru yang layak untuk dikunjungi.

7. Tempat-tempat yang hits di media sosial

Seperti yang disampaikan di atas, peran dan fungsi media sosial sebagai media promosi sangat tinggi hingga saat ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tempat wisata baru yang mulai hits dan besar akibat media sosial. Tingginya pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, Path dan Instagram juga jadi alasan kenapa trend wisata terbaru ini muncul dan berkembang hingga sekarang. Bahkan, selama media sosial masih dan terus berkembang, trend wisata ini mungkin akan terus ada dan berkembang hingga nanti.

Nah, itulah beberapa trend wisata yang hits. Trend-trend di atas sejatinya terusan dari trend yang telah ada. Namun, karena satu dan lain alasan, trend-trend di atas akan terus berkembang hingga nanti.

Tags: Trend Wisata

Related Post "Trend Wisata Pilihan Netizen"

5 TIPS MENGATASI FLU DAN PILEK SAAT WISATA
5 Tips Mengatasi Flu Dan Pilek Saat
5 TIPS LIBURAN SENDIRIAN BAGI WANITA
5 tips liburan sendirian bagi wanita ini
TIPS LIBURAN PANJANG
LIBURAN Banyak orang yang yang menganggap bahwa
5 TIPS WISATA DI BULAN PUASA
5 Tips Wisata Di Bulan Puasa -