WISATA EDUKATIF DI BENTENG OTANAHA GORONTALO

Wisata edukatif di Benteng Otanaha Gorontalo merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi pecinta wisata sejarah. Saksi sejarah yang masih kokoh beridir di atas bukit & berpadu dengan pemandangan yang indah ini lokasinya terdapat di Kelurahan Dembe I, wilayah Kecamatan Kota Barat – Kota Gorontalo. Benteng bersejarah ini bisa Anda temukan tidak terlalu jauh dari Danau Limboto.

Benteng ini merupakan saksi sejarah akan kisah heroik warga Gorontalo pada abad pertengahan silam. Bukan cuma sekedar cerita historis yang akan Anda peroleh saat berkunjung ke tempat ini, tetapi juga perasaan kagum karena keunikan landscapenya. Dikelilingi oleh hijaunya pepohonan rimbun dan perbukitan, Benteng Otanaha memiliki kisah panjang kejayaan Gorontalo. Dimulai dari kedatangan Portugis pada sekitar abad ke 15 silam, petempuran antara 2 kerajaan bersaudara (Gorontalo & Limboto), hingga saksi bisu kisah pendangkalan Danau Limboto yang sekarang ini menjadi ancaman serius bagi berbagai masalah lingkungan. Disinyalir bahwa Gorontalo dan Limboto pada awalnya merupakan suatu genangan air yang terhubung dengan laut. Kondisi ini memungkinkan kapal-kapal besar bisa bersandar masuk ke daerah yang sekarang makin dangkal tersebut.

Benteng Otanaha

Image: jurnaland.blogspot.com

Wajahnya yang kusam semakin mempertegas usia Benteng Otanaha yang sudah semakin uzur. Namun lokasi Benteng tersebut yang letaknya di atas sebuah bukit merupakan suatu keistimewaan tersendiri karena ketika Anda sedang berada di puncaknya, Anada akan merasa sedang berada di puncak bumi Gorontalo. Tentu saja nilai lebinya saat melakukan perjalanan wisata edukatif di Benteng Otanaha Gorontalo ini adalah hamparan pemandangan eksotis & mengesankan dari berbagai arah.

Untuk mencapai puncaknya menjadi tantangan tersendiri, setiap pengunjung harus melalui 4 buah tempat persinggahan dan juga 348 buah anak tangga. Namun rasa letih Anda akan terbayar pada saat Anda tiba di puncak benteng.

Benteng Otanaha Di Gorontalo

Image: prajuritkecil99.blogspot.com

Hamparan dari keindahan Danau Limboto ini menyajikan panorama yang sangat indah, perbukitan hijau yang kehitaman disapu oleh cahaya matahari yang sebagiannya tertahan awan, seolah seperti sebuah guratan lukisan raksasa, hijaunya sawah-sawah terbentang luas serta keindahan view Kota Gorontalo. Anda disini akan merasakan suasana yang tenang dengan hembusan angin semilir yang bertiup dengan sepoi-sepoi, segarnya membuai pikiran & perasaan. Di dekat Benteng ini juga terdapat dua benteng bersejarah lainnya, yaitu Benteng Otahiya & Benteng Ulupahu yang akan sayang untuk dilewatkan begitu saja dalam langkah kaki Anda. Baca juga: Daftar Lengkap Destinasi Wisata Sulawesi

Perjalanan menuju lokasi wisata edukatif di Benteng Otanaha ini bisa dimulai dari Bandar Jalaludin Isimu yang jarak tempuhnya sekitar 20 km. Jarak Otanaha dari pusat Kota Gorontalo sekitar 8 km. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menyewa sebuah bentor (becak motor) karena disini tidak tersedia kendaraan umum, waktu tempuhnya  sekitar 20 menit. Perjalanan Anda akan melewati Jalan Trans Batudaa dan elewati wilayah Kecamatan Bongomeme serta wilayah Kecamatan Batudaa. Setelah Anda memasuki perbatasan di wilayah Kabupaten Gorontalo dan juga Kota Gorontalo, tepatnya di wilayah Kelurahan Dembe I, maka di bagian kanan jalan akan terlihat pintu gerbang bertuliskan ‘Benteng Otanaha’.

Related Post "WISATA EDUKATIF DI BENTENG OTANAHA GORONTALO"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT
Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa