DAFTAR LENGKAP TEMPAT WISATA DI JAWA TIMUR

Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Jawa TimurJawa Timur merupakan sebuah provinsi yang ada di bagian timur Pulau JawaIndonesia. Ibukota dari provinsi yang satu ini terletak di Kota Surabaya. Menurut situs Wikipedia, luas wilayah Jawa timur kurang lebih sekitar 47.922 km² dengan jumlah penduduknya yang mencapai 37.476.757 jiwa pada tahun 2010 silam. Jawa Timur sendiri mempunyai wilayah yang paling luas di antara enam provinsi yang ada di Pulau Jawa. Provinsi ini mempunyai jumlah penduduk terbanyak urutan kedua di Indonesia setelah wilayah provinsi Jawa Barat. Jawa Timur dibatasi oleh Laut Jawa di arah sebelah utara, Selat Bali menjadi batasnya di arah sebelah di timur, di sebelah selatan secara langsung dibatasi oleh Samudra Hindia, sedangkan di sebelah barat dibatasi oleh wilayah Provinsi Jawa Tengah. Wilayah Jawa Timur ini termsuk juga meliputi wilayah Pulau Madura, Pulau Bawean, wilayah Pulau Kangean serta beberapa pulau-pulau kecil yang terdapat di Laut Jawa dan juga perairan Samudera Hindia, misalnya Pulau Sempu dan juga Pulau Nusa Barung.

Gunung Bromo
Gunung Bromo Jawa Timur
Jawa Timur ini cukup populer sebagai pusat Kawasan Timur dari Indonesia dan mempunyai signifikansi perekonomian yang terbilang cukup tinggi, yakni memberi kontribusi sekitar 14,85% bagi Produk Domestik Bruto nasional.

Panjang bentangan dari barat hingga timur provinsi ini mencapai sekitar 400 km. Lebar bentangan dari ujung utara hingga selatan di bagian baratnya mencapai sekitar 200 km, tapi bentangan di bagian timurnya lebih pendek, hanya sekitar 60 km saja. Madura merupakan pulau yang paling besar di wilayah Jawa Timur, Pulau Madura ini dipisahkan dengan daratan Pulau Jawa oleh perairan Selat Madura. Sedangkan Pulau Bawean berada pada jarak sekitar 150 km ke arah sebelah utara Jawa. Di bagian timur Madura terdapat beberapa gugusan pulau, yang berada di ujung paling timur adalah Kepulauan Kangean dan yang berada di ujung paling utara bernama Kepulauan Masalembu. Di bagian selatan juga terdapat dua buah pulau kecil, yaitu Nusa Barung serta Pulau Sempu. Di bawah ini adalah daftar lengkap tempat wisata di Jawa Timur sesuai dengan Kota dan Kabupaten masing-masing, Anda tinggal klik satu per satu nama Kabupaten atau Kota yang ingin Anda lihat daftar tempat wisatanya.

Air terjun Laweyan di Tulungagung Jawa Timur
Itulah daftar lengkap tempat wisata di Jawa Timur sesuai dengan Kota dan Kabupaten masing-masing. Jika Anda ingin berwisata dengan menjadi backpacker, silahkan membaca tips menjadi backpacker agar petualangan Anda lebih mengesankan. Anda juga bisa membaca tips liburan menyenangkan jika berlibur bersama keluarga atau teman teman. Silahkan berkomentar di bawah jika ada daftar kota atau tempat wisata yang terlewat agar Kami bisa menyempurnakannya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang tempat wisata di jawa timur, wisata jawa timur. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "DAFTAR LENGKAP TEMPAT WISATA DI JAWA TIMUR"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak