TIPS MENJADI BACKPACKER YANG SUKSES

Tips Menjadi Backpacker Yang Sukses – Mempunyai hobi berwisata memang sangat menyenangkan. Kita bisa mengunjungi berbagai tempat wisata sekaligus mengenal adat dan tradsisi berbagai daerah yang kita kunjungi. Tentu saja selain dapat berekreasi guna menghilangkan berbagai kepenatan dan juga stress, melakukan perjalanan wisata juga memberikan kita banyak pengetahuan. Kali ini tempatwisatamu.com akan memberikan tips menjadi backpacker yang sukses.

Bagi Anda yang belum tahu backpacker, menurut web Wikipedia backpacker adalah wisata beransel, kata ini berasal dari Bahasa Inggris ‘backpacking’ atau Backpack yang berarti tas yang digendong di belakang punggung. Adapun secara istilah pengertiannya adalah melakukan perjalanan ke suatu tempat, terutama tempat wisata tanpa membawa barang-barang yang bisa memberatkan dan tidak membawa koper. Adapun barang bawaan seorang backpacker hanya berupa tas ransel yang digendong, membawa pakaian secukupnya dan beberapa perlengkapan lain yang dipandang perlu.
Cute and beautiful backpacker
Wisata hemat dengan ransel

Biasanya orang yang mengadakan perjalanan seperti ini adalah pemuda, mereka tidak perlu tidur di tempat mewah dan nyaman hotel tetapi cukup di tempat manapun yang dapat dijadikan sarana untuk beristirahat atau tidur. Perjalanan dengan menjadi backpacker seperti ini dapat dilakukan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi seorang backpacker, terutama bagi pemula, tips menjadi backpacker yang sukses ini cocok sekali bagi Anda yang punya hobi bepergian ke berbagai tempat wisata. Perlu diketahui bahwa menjadi seorang backpacker yang baik tidak hanya dibutuhkan keahlian untuk dapat  mengelola budget agar perjalanan wisata menjadi murah, akan tapi juga masih banyak hal lain yang penting untuk diketahui agar perjalanan wisata tetap aman dan nyaman. Inilah tips menjadi backpacker sejati:
Cute and beautiful woman backpacker
Kelola budget agar biaya seminimal mungkin

Cuci baju di shower atau wastafel

Menjadi backpacker sejati bukan berarti Anda harus bepergian dengan baju yang kotor. Jika mau hemat, cucilah baju Anda dengan sabun yang tersedia di wastafel/shower motel atau penginapan di saat Anda menginap.

Bawa selalu tisu basah
Kadang sebagai backpacker Anda terjebak di dalam sebuah perjalanan panjang tanpa ada pemberhentian sama sekali. Untuk dapat menghilangkan rasa yang tidak nyaman karena wajah Anda kotor, Anda dapat menggunakan tisu basah sementara waktu sebagai pengganti air untuk mencuci muka.
Cute and beautiful woman backpacker
Selalu bawa tisu basah untuk jaga-jaga
Gulung pakaian
Simpan pakaian Anda di dalam ransel atau tas Anda dengan cara digulungkan. Dengan cara seperti ini, Anda akan mampu menghemat banyak ruang di dalam tas ransel Anda.

Selalu bawa kantung plastik
Baju seorang backpacker yang terkadang kotor dan juga bau dapat membuat baju lain yang masih bersih bisa ikut kotor dan bau apabila tidak dipisahkan. Itulah mengapa Anda harus menggunakan kantung plastik agar dapat memisahkan dan menyimpan pakaian kotor atau basah.

Bersiap untuk tidur di manapun
Berwisata dengan cara menjadi backpacker sejati adalah waktunya untuk berpergian dengan menggunakan biaya seminimal mungkin. Apabila Anda ingin lebih menghemat uang dengan cara tidur di bandara ataupun stasiun, sebaiknya bawa selalu penutup mata dan juga telinga agar Anda tidak terganggu oleh cahaya dan suara ribut.

Ketahui letak kantor kedutaan
Kemanapun Anda akan melakukan perjalanan wisata dengan menjadi backpacker yang baik, penting bagi Anda untuk mengetahui dimana letak kantor Kedutaan Besar Indonesia. Terutama bagi Anda yang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.Jika Anda kehilangan dompet di perjalanan atau kehilangan paspor, kedutaan merupakan tempat pertama yang mesti Anda tuju untuk segera melapor.

Scan paspor dan dokumen lain
Berikan scan paspor dan dokumen perjalanan ini pada keluarga ataupun teman yang ada di rumah. Jika paspor Anda hilang, Anda dapat meminta kepada mereka untuk mengirimkannya via email.
Cute and beautiful woman backpacker
Menguasai peta dan peralatan yang digunakan
Kuasai peta
Pelajari peta destinasi wisata Anda atau petunjuk lainnya untuk mengetahui daerah mana saja yang akan anda jelajahi dan jangan lupa untuk memperkirakan waktu yang nantinya akan ditempuh untuk mencapai lokasi. Berikan perkiraan waktu yang ekstra untuk kemungkinan adanya penundaan-penundaan, seperti kereta api yang terlambat ataupun pesawat yang delay.

Cari info tempat tujuan
Cari informasi sebanyak mungkin tentang tempat tujuan Anda. Pelajari juga pola cuaca di daerah tersebut untuk setahun dan juga akomodasinya. Selalu bersiap untuk segala kemungkinan cuaca terburuk. Berpakaianlah yang sesuai dengan daerah tujuan agar selalu nyaman. Bersiaplah untuk kondisi cuaca yang mungkin berubah-ubah, suhu biasanya selalu berubah ditempat yang cukup tinggi dan ketika sore hari. Hindari menggunakan celana jeans ataupun pakaian katun. Gunakan pakaian berbahan polypropylene, wol atapun material yang cepat kering dan dapat membuang lembab.

Kenali peralatan
Kenali semua peralatan Anda sebelum melakukan perjalanan. Pelajari juga cara mendirikan tenda, bagaimana cara mengoperasikan pemanas ataupun kompor sehingga nantinya Anda tidak terjebak di dalam kegelapan atau jika hujan memadamkannya. Barang bawaan anda seharusnya tidak lebih dari 25 persen dari berat badan anda.
Selamat berwisata dan menjadi backpacker yang baik ^_^

Related Post "TIPS MENJADI BACKPACKER YANG SUKSES"

11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik
10 TEMPAT NGABUBURIT DI BANDUNG YANG ASYIK
10 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik