SERUNYA PULAU BANDA & NEIRA UNTUK BERLIBUR

Sejak abad pertama Masehi, Pulau Banda & Neira sudah menjadi produsen tunggal bagi rempah-rempah seperti pala & fuli. Pulau ini dikunjungi oleh banyak kapal laut dari Cina, India & Arab. Rempah-rempah ini memang sangat berharga & dijual dengan keuntungannya yang sangat besar di berbagai pasar dunia saat itu. Masyarakat Banda sangat bergantung pada sumber daya alam berupa rempah rempahnya hingga berubah setelah penjajah Belanda mulai memonopoli perdagangan rempah-rempah di dunia.

Meskipun punya reputasi besar, Pulau Banda hanyalah sekumpulan pulau-pulau kecil yang terdiri dari 3 pulau besar & 7 pulau yang  lebih kecil. Gugusan kepulauan ini bertengger pada tepi jurang bawah laut terdalam yang ada Indonesia yaitu Laut Banda. Perairan di daerah sini bisa mencapai kedalamannya yang lebih dari 6.500 meter. Dua pulau paling besar yaitu Banda Besar & Naira, ditumbuhi dengan banyak pohon pala. Pulau ketiga adalah Gunung Api ataupun ‘puncak api’ yang merupakan gunung berapi yang aktif. Di perairan sekeliling pulau-pulau ini Anda dapat menemukan beberapa area taman bawah laut yang paling spektakuler. Anda bisa menikmati keindahan karang & ikan yang berwarna-warni, berenang di dalam air sebening kristal, menyelam serta snorkeling, atau mungkin sekadar rekreasi saja sudah cukup memuaskan keinginan berwisata bahari Anda.

Pulau Banda Naira

Image: sahabatimajinasi.blogspot.com

Terletak sekitar 132 km tenggara Kota Ambon, kepulauan ini termasuk daerah terpencil yang sangat indah. Dengan banyaknya terumbu karang yang berwarna warni, perairan lautnya yang hangat & kehidupan lautnya yang eksotis. Banda merupakan surga bagi para pecinta diving dari seluruh dunia untuk menjelajahi tempat menyelam terbaik & yang paling terpencil serta sangat alami di dunia.

Saat ini, Banda mampu menyihir para penyelam, para pelaut & banyak kapal pesiar dari seluruh dunia dengan berbagai keindahan alamnya. Baik di atas ataupun di bawah laut, keindahan Banda ini dapat disejajarkan dengan keindahan perairan Raja Ampat di Papua, sebuah surga bagi pecinta wisata bahari lainnya di timur Indonesia.

Kepulauan Banda sendiri merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia yang paling populer bagi para penyelam. Baik itu penyelam ahli maupun penyelam pemula. Semua bisa menyelam dari laguna dangkal yang ada di antara Bandaneira & Gunung Api hingga ke area dinding vertikal di Pulau Hatta.

Kepulauan Banda Neira

Image: menerjemahkan.com

Kemanapun Anda pergi berkeliling di tempat ini, maka akan menemui pemandangan tropis yang sangat menakjubkan, sejarahnya yang luar biasa, penduduknya yang ramah & beragam terumbu karangnya yang masih alami.

Scuba diving juga termasuk masih relatif baru di tempat ini, namun penyelam yang sudah ahli juga tidak harus bekerja keras untuk dapat menemukan keindahannya. Alam bawah laut di sekitar Ambon & pulau terdekat Saparua juga memiliki beberapa tempat untuk menyelam dengan reputasinya yang mendunia. Saat Anda menjelajahi bagian permukaan bawah lautnya, maka Anda akan menykaksikan segalanya di mulai dari hiu, kura-kura yang besar, ikan jenis napoleon wrasse, ikan kerapu berukuran raksasa, ikan tuna, sinar mobula & cepluk redtooth, ada juga berbagai spesies ikan paus, jenis lumba-lumba pemintal & kerabat dekat lobster besar, sampai ikan karang yang  jinak ataupun ikan endemik lepu ambon.

Datanglah saja ke Pulau Banda dan kunjungi berbagai rahasia yang tersimpan belahan timur Indonesia ini. Meskipun penerbangan kesini memang tidak sering, tapi penantian Anda akan terbayar lunas dengan keindahan alam surga tropis yang ideal ini.

Banda Neira

Image: acara-event.com

Menyelam merupakan daya tarik paling utama di tempat ini. Gerombolan ikan yang berwarna-warni & makhluk laut lainnya yang hidup di perairan ini memang sangat mempesona, bahkan penyelam yang paling berpengalaman juga akan terkagum-kagum. Kepulauan ini mempunyai lebih dari 25 situs menyelam, oleh karena itulah Anda nantinya tidak akan merasakan bosan. Beberapa spot yang paling populer merupakan Pulau Ai, ini merupakan sebuah tempat diving yang sangat indah, namun Anda juga patut berhati-hati dengan area permukaan lautnya yang cukup kasar, disini ada juga Batu Kapal, Hatta Reef alias Karang Hatta, Pulau Keraka & Nusa Laut.

Berlayar merupakan kegiatan tepat untuk Anda yang ingin mencoba menaklukkan batas laut. Sail Banda adalah salah satu kegiatan yang paling menarik karena akan ada ratusan wisatawan  datang ke wilayah perairan ini. Sail Banda merupakan acara yang pasti tidak boleh Anda lewatkan. Acara ini telah menarik minat para pelaut yang paling berani dari seluruh belahan dunia yang akan datang ke Pulau Banda untuk dapat menaklukkan kondisi lingkungannya yang menantang & berangin.

Bandaneira merupakan kota sepi yang sangat menawan dengan pohon-pohon yang berbaris di tepi jalan. Di sini Anda juga dapat berjalan-jalan & melihat sisa-sisa reruntuhan bangunan masa kolonial. Benteng yang telah direnovasi yaitu Belgica Fort, ini merupakan sebuah benteng dari era abad ke 17. Anda dapat masuk ke dalam & merasakan kembali ke sebuah periode ketika perdagangan rempah-rempah pernah mendominasi pulau ini. Apabila Anda bersabar untuk menunggu moment pencahayaan terbaik, maka Anda dijamin akan dapat menangkap sebuah objek fotografi yang sangat menawan. Baca juga: Eksotisme Pulau Ora Mengguncang Dunia.

Dapatkan juga pemandangan yang menakjubkan saat matahari sedang terbit di Pulau Gunung jika  sebelumnya Anda sudah mendaki puncak Gunung Api. Pendakian yang menghabiskan waktu  selama 90 menit ini adalah salah satu kegiatan yang menantang & disana tersedia pemandu untuk Anda sewa.

Anda juga bisa bersantai sambil berenang di sekitar pantai selatan Banda Besar ataupun di pulau Nailaka yang kecil. Salurkan juga naluri petualang Anda dengan cara hiking dengan mengunjungi berbagai macam tempat menarik seperti desa tradisional & hutan pala yang berumur empat abad disekitar Pulau banda & Naira yang indah.

Related Post "SERUNYA PULAU BANDA & NEIRA UNTUK BERLIBUR"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk