SEJARAH & KEINDAHAN PELABUHAN TELUK BAYUR

Pelabuhan Teluk Bayur merupakan salah satu pelabuhan yang ada di kota Padang – Sumatera Barat. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar di Sumatera Barat. Teluk bayur sendiri terkenal dalam sebuah lirik lagu lawas yang dinyanyikan oleh penyanyi bernama Emy Johan. Pelabuhan ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan ekonomi di Indonesia sekaligus pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan pelabuhan ini berperan sebagai tempat masuk dan keluarnya barang ekspor impor, dari dan menuju luar negeri. Tak hanya sebagai pelabuhan saja, Teluk Bayur juga populer sebagai salah satu objek wisata yang menawarkan pemandangan pantai yang eksotis.

Sejarah

Pelabuhan ini mulai dibangun sejak zaman pemerintahan Belanda, yaitu di tahun 1988 dengan nama Emmahaven. Pembangunan pelabuhan tersebut tidak lain oleh seorang arsitek yang bernama Ir.J.P.Yzerman. Sementara itu, penamaan pelabuhan ini sendiri berdasarkan nama dari seorang ratu Belanda yang bernama Ratu Emma. Pembangunan dari pelabuhan ini banyak menyimpan cerita yang sangat memprihatinkan karena semua orang yang dipekerjakan dalam pembangunan pelabuhan ini berasal dari para pribumi yang berupa tahanan Belanda dengan masa tahannya hingga 5 tahun lebih.

Teluk Bayur

Para pribumi yang dipekerjakan ini di paksa oleh para pemerintah Belanda untuk bekerja sembari kedua tangan dan kakinya dirantai agar tidak kabur. Maka tak heran, jika pembangunan pelabuhan ini telah mengorbankan banyak nyawa untuk setiap harinya. Karena pekerjaan yang dibebankan kepada para pribumi tidak sesuai dengan makanan yang diberikan. Hingga akhirnya, di tahun 1995 pelabuhan ini telah selesai dibangun dan diberi nama Pelabuhan Teluk Bayur. Sejak saat itulah, peranan teluk bayur sangat penting khususnya untuk menunjang sistem perdagangan internasional pada pemerintah Belanda. Akan tetapi, Teluk Bayur akhirnya kalah bersaing dari Pelabuhan Batavia yang ada di pulau Jawa. Hal ini dikarenakan Pelabuhan Batavia lebih strategis letaknya dibanding Teluk Bayur.

Keindahan

Sebagai salah satu tempat wisata, Teluk Bayur juga memiliki keindahan pesona alam pantai yang sangat menakjubkan. Pemandangan pantai di Teluk Bayur sendiri sangat eksotis terutama pada saat hari sudah senja. Karena menyuguhkan panorama sunset di sore hari. Meskipun begitu, pemandangan pantai juga tak kalah menariknya ketika disaksikan saat pagi maupun siang hari. Di siang hari sendiri, Teluk Bayur menawarkan keindahan alam pantai yang berwarna biru dengan banyaknya kapal di sekitar pantai yang kian hilir mudik. Saat sore hari tiba, cahaya matahari mulai memerah apalagi saat mulai tenggelam dilengkapi juga dengan cahaya lampu yang berkerlip yang berasal dari kapal-kapal yang berlayar. Baca juga: Pantai Air Manis Padang.

Teluk bayur padang

Image: www.panoramio.com

Fasilitas

Sebagai pelabuhan yang populer, Teluk Bayur menyuguhkan berbagai macam pelabuhan serta pelayanan lainnya, seperti pelayanan tunda maupun tandu, kolam pelabuhan, lapangan, penanganan barang, gudang, operasi penanganan bulk cargo, terminal penumpang, utilitas area darat, operasi menangani peti kemas, dan berbagai fasilitas infrastruktur pelabuhan. Baca juga: 11 Objek Wisata Terbaik Di Padang.

Nah, bagi Anda yang bingung untuk menentukan tempat wisata yang sangat menarik, maka Pelabuhan Teluk Bayur ini layak untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta!

Terima kasih telah membaca artikel tentang pelabuhan teluk bayur, sejarah teluk bayur. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "SEJARAH & KEINDAHAN PELABUHAN TELUK BAYUR"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk