WISATA SEJARAH KE CANDI SINGOSARI MALANG

Wisata Sejarah Ke Candi Singosari Malang – Merasa bosan dengan liburan yang bernuasa pantai dan lama pegunungan? Atau sudah terlalu sering mengunjungi arena bermain? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba wisata edukasi dengan mengenal lebih dekat peninggalan sejarah di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah Candi, yang merupakan peninggalan bersejarah dan saksi bisu atas terbentuknya negara ini.

Jika Anda sedang mencari tempat wisata di Malang dan sekitarnya, mungkin tertarik untuk mencoba wisata sejarah ke Candi Singosari Malang. Sejarah Candi Singosari sebenarnya sudah cukup populer, karena sejak di bangku SD kita sudah diperkenalkan dengan berbagai peristiwa dibalik pembangunannya.

Candi Singhasari Singosari Malang

Menelusuri jejak sejarah Candi Singhasari
(Image: id.wikipedia.org)

Pada abad ke-13, Singosari hanyalah sebuah desa kecil tidak berarti di sebelah timur Gunung Kawi, tepatnya di hulu Sungai Berantas. Kini, wilayah tersebut masuk dalam Kabupaten Malang – Jawa Timur. Konon katanya, datanglah seorang pemuda bernama Ken Arok dari Desa Pangkur ke Singosari. Dialah orang yang berhasil merebut wilayah tersebut dari tangan Kerajaan Kediri yang waktu itu diperintah oleh Raja Kertajaya (1222 Masehi).

Semenjak itu, berdirilah kerajaan yang berpusat di Desa Kutaraja dan Ken Arok mengambil gelar Rajasa Sang Amurwabhumi. Lalu, pada 1254 Masehi, berganti nama menjadi Singosari saat diperintah oleh cucu dari Ken Arok, Jaya Wisnuwarchana. Singosari menguasai Jawa Timur selama kurang lebih 70 tahun (1222 – 1292 Masehi).

Kisah Ken Arok tidak bisa dilepaskan dari kisah cinta segitiga antara Ken Arok, Ken Dedes dan Tunggul Ametung. Serta kutukan dari keris Mpu Gandring yang menyebabkan saling bu-nuh di Singasari. Ken Arok membu-nuh Tunggul Ametung, dan anak dari Tunggul Ametung, yang bernama Anusapati kemudian membu-nuh Ken Arok.

Begitu terkenalnya kisah kerajaan dan sejarah Candi Singosari hingga di muat dalam berbagai buku sejarah anak sekolah, namun apa yang tersisa sekarang? Sisa peninggalan Ken Arok dan Kerajaan Singosari dapat ditemui di objek wisata Candi Singosari.

Disana, terdapat dua gupala besar sebagai simbol penjaga dunia. Sebuah candi pemujaan yang dinamai Candi Singhasari atau Singosari serta sebuah stupa candi yang bernama Candi Sumber Awam. Kolam pemandian yang konon digunakan oleh Ken Dedes, kini menjadi kolam renang untuk umum. Keberadaan Candi Singosari yang terbuat dari Batu Andesit ini tidak bisa terlepas dari Gunung Arjuna yang menjadi tempat pertapaan pada zamannya.

Gupala besar yang ada di kompleks Candi Singasari yang disebut sebagai Dwarapala dan memiliki tinggi hingga 4 meter. Uniknya, posisi gada Dwarapala di Candi ini menghadap ke bawah, diartikan sebagai walaupun berwujud raksasa, namun tetap memiliki rasa kasih sayang pada makhluk hidup lain. Dan posisi ini, hanya ada di Candi Singosari dan tidak ditemukan di tempat lain. Hanya itulah yang tersisa dari sebuah kerajaan termasyur di bagian Timur pulau Jawa.

Jika Anda ingin menjadi saksi sejarah Candi Singosari dan kerajaannya yang sempat besar di wilayah Jawa timur ini, silahkan mencoba wisata sejarah ke Candi Singosari Malang bersama teman ataupun keluarga. Lihat sendiri sisa-sisa peninggalan sejarah yang memiliki banyak pelajaran hebat yang bisa kita ambil.

Terima kasih telah membaca artikel tentang wisata candi singosari. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA SEJARAH KE CANDI SINGOSARI MALANG"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT
Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa