SITU PATENGGANG SALAH SATU TEMPAT WISATA CIWIDEY

Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey – Libur awal tahun ini mau kemana? Mau berkumpul dengan keluarga kah? Atau malah liburan? Untuk Anda yang ingin liburan, Situ Patenggang salah satu tempat wisata Ciwidey ini bisa menjadi pilihan terbaik. Karena di samping kaya akan pemandangan yang indah, di sini juga terdapat fasilitas yang lengkap dan terawat tidak hanya itu tiket masuk Situ Patenggang juga terbilang murah dan mudah dijangkau, didukung dengan beberapa hotel murah Ciwidey yang bisa mempermudah anda untuk menikmati beberapa tempat wisata ciwidey, selain Situ Patenggang.

Bukan Cuma itu, di Situ Patenggang juga terdapat mitos Situ Patenggang yang mungkin membuat Anda penasaran dan tertarik untuk datang kembali. Mitos di sini berkaitan dengan pasangan. Konon, siapa pun yang datang ke sini dengan pasangan, cepat atau lambat akan mendapat kejutan istimewa. Nah, kejutan apakah yang dimaksud? Maka simak penjelasannya di bahasan Mitos Situ Patenggang di bawah ini.

Mitos Situ Patenggang

Seperti kebanyakan wisata lain yang ada di Bandung, situ ini juga punya cerita dan mitos Situ Patenggang yang amat melekat dengan dirinya. Mitos Situ Patenggang itu sendiri berkembang dari tahun ke tahun hingga sekarang. Situ Patenggang merupakan salah satu tempat wisata Ciwidey yang sering didatangi oleh pengunjung terutama karena mitos Situ Patenggang yang tersebar. Untuk memulainya, kita awali dari nama dari situ Patenggang itu sendiri. Nama Situ Patenggang sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu Patenggang atau Pateangan. Dalam bahasa Sunda, Patengan sendiri disamakan dengan ‘Pateangan teangan’. Dalam bahasa Indonesia ’Pateangan teangan’ diartikan sebagai kegiatan ‘saling mencari’.

Konon pada masa itu ada dua orang sejoli yang dimabuk asmara, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Entah karena sebuah kesalahan atau bagaimana, mereka pun dipisahkan oleh dewa. Karena saling mencintai satu sama lain, mereka pun saling mencari hingga bertemu di salah satu lokasi Situ Patenggang. Untuk mengabadikan kisahnya, Dewi Rengganis pun meminta Ki Santang untuk membuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Dan karena rasa cinta Ki Santang pada Dewi Rengganis, Ia pun melakukan apa yang kekasihnya inginkan.

Sebagai simbol kesempurnaan cinta mereka, mereka pun menggunakan perahu tersebut sebagai bukti dan bisa dilihat hingga sekarang. Tapi perahu tersebut bukan lagi berbentuk perahu, melainkan Pulau Asmara dan Pulau Sasaka yang berbentuk hati. Konon ktanya siapa saja yang singgah ke pulau tersebut, kisah cintanya akan sama dengan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Begitulah mitos Situ Patenggang yang berkembang di masyarakat sekitar, apakah anda tertarik untuk mencoba dan mendatangi Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey, maka jangan sia-siakan untuk datang ke Situ Patenggang ini.

Pesona dan Keindahan Situ Patenggang Tempat Wisata Ciwidey yang Mendunia

Kalau berbicara tentang wisata alam di Bandung mungkin tak pernah habis. Sebab, menurut pengalaman kami, wisata alam di Bandung terutama beberapa tempat wisata Ciwidey terkenal eksotis, keren, instagramable dan sayang untuk dilewatkan. Dan salah satu dari tempat wisata ciwidey yang dimaksud adalah Situ Patenggang.

Situ Patenggang ini sendiri adalah sebuah danau alami dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Untuk Anda yang gemar fotografi, situ patenggang ini mungkin jadi pilihan terbaik untuk spot hunting Anda. Bagaimana tidak, dengan paduan alam yang sedap dipandang, juga dengan udaranya yang super duper segar, situ patenggang yang merupakan salah satu tempat wisata ciwidey ini pasti jadi spot hunting terbaik Anda.

Tak berhenti sampai di situ. Selain memiliki pesona yang mendunia, Situ Patenggang ini juga punya daya tarik lain yang tak terbantahkan, seperti:

1. Bersantai ria dengan menikmati pemandangan danau dan perkebunan teh

Sudah menjadi rahasia umum jika pemandangan di Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey terbilang indah dan sangat mengesankan. Tak hanya datang dari lingkup situnya saja. Jika Anda melihat dari jauh, Anda akan menikmati pemandangan keren dari perkebunan teh yang berada di samping danau. Pemandangan yang ada di Situ Patenggang juga anda dapat jumpai di tempat wisata Ciwidey lainnya, Dengan pemandangan seindah itu, kami yakin, semua masalah dan beban pikiran yang Anda alami pasti sirna dalam hitungan menit.

Kalau Anda ingin yang lebih indah, bisa datang di pagi, atau saat kabut di sini turun. Dengan perpaduan kabut dan hijaunya pemandangan, kami yakin, Anda akan merasa dimanjakan di sini. Tidak hanya itu Tiket masuk Situ Patenggang juga dapat dijangkau dan banyak sekali hotel murah Ciwidey yang berada disekitar lokasi sehingga mempermudah para wisatawan untuk menikmati tempat wisata Ciwidey salah satunya Situ Patenggang ini. Bagaimana? Tertarik untuk datang dan mencoba?

2. Dengan semua pemandangan tadi tidak baik jika Anda ke sini tanpa mengabadikan gambar

Daya tarik Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey terletak di keindahan alamnya. Jadi, jika Anda ke sini tanpa mengabadikan keindahan tersebut, rasa-rasanya Anda salah dan akan menyesal di kemudian hari. Oleh sebab itu, jika Anda ke Situ Patenggang, pastikan untuk selalu membawa kamera. Entah itu kamera HP, pocket atau yang pro (DLSR/Mirrorless). Dengan Anda membawa kamera, setidaknya Anda tak akan bingung saat melihat spot indah di situ Patenggang ini, serta bisa memotret spot mana pun yang Anda mau.


Lokasi foto di situ ini terbilang banyak. Jika Anda bosan dengan satu lokasi foto yang itu-itu saja, Anda bisa mencari lokasi foto lain. Jarak antar lokasi foto di Situ Patenggang juga terbilang dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi perlu diperhatikan; beberapa dari lokasi foto di sini harus ditempuh dengan medan yang cukup menanjak, bahkan licin jika sebelumnya terjadi hujan. Jadi, untuk Anda yang ingin mencari lokasi foto baru diharapkan untuk berhati-hati. Ingat, utamakan keselamatan, bukan keindahan dari foto yang Anda dapatkan.

Fasilitas Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey

Situ Patenggang ini telah dikelola dengan baik. Di sana terdapat beberapa fasilitas dengan kondisi yang cukup baik, seperti:

1. Tempat parkir yang luas
Sebagai salah satu destinasi yang sudah maju, objek wisata Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey ini membebaskan pengunjung untuk membawa kendaraan pribadi. Bukan Cuma itu, di sana juga terdapat lahan parkir yang luas, serta mampu menampung aneka kendaraan seperti sepeda motor, mobil, mini bus, hingga bus wisata.
Tarif parkir di sini pun terbilang normal dan tak jauh beda dengan tempat-tempat lain di Bandung, sehingga memberi kesan nyaman untuk pengunjung. Begitu juga dengan tiket masuk Situ Patenggang yang mudah dijangkau.

2. Tempat ibadah yang bersih
Tak hanya menyediakan lahan parkir, tempat wisata Ciwidey ini juga menyediakan tempat ibadah berupa musholah atau langgar. Kondisinya pun terbilang baik dan memenuhi espektasi pengunjung.

3. Toilet
Fasilitas Situ Patenggang yang satu ini jadi yang paling vital. Bagaimana tidak, tanpa adanya toilet, mungkin pengunjung akan kapok dan enggan untuk berkunjung ke tempat ini. Oleh sebab itu, untuk mempertahankan kepercayaan pengunjung, pihak pengelola pun menyediakan toilet sebagai satu dari beberapa fasilitas terpenting di sini. Lokasi dan kondisinya pun terbilang baik. Jadi sesuai dengan apa yang diinginkan pengunjung.

4. Toko souvenir
Untuk pengunjung yang ingin mendapat kenang kenangan, di sini menyediakan toko souvenir yang menyediakan produk-produk keren dan berkaitan dengan Situ Patenggang. Harganya pun terbilang murah, mulai dari Rp 5.000,- hingga lebih dari Rp 30.000,- per item.

5. Penginapan atau hotel murah Ciwidey
Untuk Anda yang datang dari luar Bandung, Anda bisa menginap dan bermalam di beberapa penginapan atau hotel murah Ciwidey. Beberapa penginapan yang ada di sana seperti Legok Kondang Ciwidey, Ciwidey Valley Resort, EmTe Highland Ciwidey Resort dan beberapa lainnya. Beberapa hotel murah Ciwidey mudah untuk didapatkan, hal ini karena banyak sekali tempat wisata Ciwidey.

6. Restaurant
Nah, jika Anda ingin makan, Anda bisa datang ke berbagai tempat makan, salah satunya adalah Pinisi Resto. Pinisi Resto sendiri adalah tempat makan yang ada di Bandung. Dengan konsep bangunan yang unik, tempat ini belakangan ramai didatangi pengunjung, khususnya mereka yang datang setelah menikmati keindahan Situ Patenggang.

7. Gazebo
Jika Anda enggan untuk pergi ke restoran, Anda bisa membawa perbekalan dan makan di gazebo yang berada di sekitar situ. Tak hanya nyaman, Gazebo di sini juga menghadap langsung ke situ Patenggang, sehingga menampilkan pemandangan yang indah nan khas.

Lokasi Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey

Untuk Anda yang tertarik, silahkan datang ke Jalan Raya Ciwidey, Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Situ Patenggang merupakan salah satu tempat wisata Ciwidey yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Rincian Biaya atau tiket masuk Situ Patenggang bisa anda lihat di bawah ini.

Berikut adalah daftar harga tiket masuk yang berlaku hingga sekarang:

1. Senin – Jumat :
– Wisatawan lokal: Rp 18.000,- per orang
– Wisatawan asing: Rp 135.000,- per orang

2. Sabtu – Minggu dan hari libur nasional
– Wisatawan lokal: Rp 20.500,- per orang
– Wisatawan asing: Rp 185.000,- per orang

3. Tarif parkir
– Roda 2: Rp 3.500,- per kendaraan
– Roda 4: Rp 11.500,- per kendaraan
– Bus/truk: Rp 22.000,- per kendaraan
*catatan: tarif di atas adalah tarif sementara tiket masuk Situ Patenggang yang bisa berubah kapan pun waktunya

Akses Menuju Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey

Untuk Anda yang ingin mendatangi Situ Patenggang, ada beberapa rute dari Jakarta yang bisa anda gunakan, seperti:

1. Rute 1: Tol Cipularang → keluar dari Tol Kopo → Soreang → Ciwidey → Patengan/Patenggang → lokasi
2. Rute 2: Tol Cipularang → keluar Tol Buah Batu → Banjaran → Soreang → Ciwidey → Patengan/Patenggang → Lokasi
3. Rute 3: Tol Cipularang → keluar ke Leuwi Gajah → Soreang → Ciwidey → Patengan/Patenggang → Lokasi

*catatan: rute Situ Patenggang di atas adalah rute yang umum digunakan wisatawan. Jika Anda punya rute lain yang dinilai lebih cepat, Anda bisa menggunakannya. Untuk menunjang perjalanan ke sana, Anda dianjurkan untuk menggunakan aplikasi peta seperti Google Map atau semacamnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko tersesat atau kehilangan arah.

Perlu diingat, Objek wisata Situ Patenggang Salah satu Tempat Wisata Ciwidey yang memiliki misteri dan mitos yang sangat kuat tetapi punya pemandangan yang sangat indah. Aturan dan norma adat yang dianut pun masih kuat. Jadi, pengunjung dianjurkan untuk selalu menjaga sikap, tingkah laku dan perkataan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tips rute wisata ke ciwidey, apa yang dimaksud dengan gazebo fasilitas situ patenggang. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "SITU PATENGGANG SALAH SATU TEMPAT WISATA CIWIDEY"

Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa Tengah
Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa
Destinasi Wisata Pantai Sedahan, Surga Baru yang Tersembunyi
Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di
Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Pulau Belitung
Pantai Tanjung Tinggi - Pulau Belitung merupakan
INDONESIA THE BEST DIVE DESTINATION 2017
Indonesia The Best Dive Destination 2017 -