8 TEMPAT REKREASI DI SOLO NUANSA TRADISIONAL

Solo atau lebih tepatnya Surakarta adalah sebuah kota yang terkenal dengan budaya tradisionalnya. Kota ini masih merawat berbagai macam tempat peninggalan kerajaan. Karena memiliki cukup banyak tempat bersejarah, maka kota Solo sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Berbicara masalah tempat rekreasi di Solo, anda mungkin tidak akan bisa mengunjungi semua obyek wisatanya dalam satu kali kunjungan.

Daftar Tempat Rekreasi di Solo Nuansa Tradisional

Jika waktu liburan cukup terbatas, mungkin Anda bisa mencoba mengunjungi rekomendasi 8 tempat rekreasi di Solo berikut ini terlebih dahulu:

1. Keraton Surakarta

Tempat Rekreasi di Solo-Keraton Surakarta

Tempat rekreasi di Solo yang sangat kental dengan nuansa tradisional yang pertama adalah Keraton Surakarta. Jika berkunjung ke kota Solo, tidak lengkap rasanya jika Anda belum melihat secara langsung bagaimana Keraton Surakarta itu.

Keraton Surakarta bisa dikunjungi oleh siapa saja. Namun demikian, Keraton Surakarta tidak selalu dibuka untuk umum. Tempat rekreasi satu ini hanya buka pada hari senin, selasa, rabu, kamis, dan sabtu.

Dari hari senin sampai kamis, Keraton Surakarta dibuka untuk umum mulai dari jam 09.00 sampai 14.00 WIB. Sedangkan khusus untuk hari sabtu, Keraton Surakarta tutup lebih awal yaitu hanya sampai jam 13.00.

Untuk bisa menikmati nuansa sejarah yang kental di Keraton Surakarta, Anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6.000 saja per orangnya. Cukup murah bukan tarif masukknya?

2. Taman Kota Balekambang

Taman Kota Balekambang dibangun pada tahun 1921. Jadi tempat rekreasi di Solo satu ini juga termasuk tua. Namun meskipun usianya sudah sangat tua, Taman Kota Balekambang ini tidak kalah menariknya dengan tempat-tempat rekreasi modern.

Di dalam Taman Kota Balekambang ini, Anda bisa melihat keindahan tari-tarian tradisional. Selain itu, Taman Kota Balekambang juga memiliki kebun binatang mini, wisata perahu, dan bahkan ada kereta kuda.

Menariknya, Taman Kota Balekambang ini dibangun diatas lahan seluas 5 hektar. Jadi jelas Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk mengelilingi tempat rekreasi di Solo satu ini.

Taman Kota Balekambang ini dibuka setiap hari dari mulai jam 06.00 sampai 17.00 WIB. Anda sama sekali tidak dipungut biaya masuk. Namun demikian, Anda harus membayar biaya sekitar Rp 2.000 sampai maksimal Rp 7.000 untuk bisa menikmati setiap wahana yang ada di dalam Taman Kota Balekambang.

3. Museum Sangiran

Museum Sangiran memang tidak berada tepat di tengah kota Surakarta atau Solo. Lokasi Museum Sangiran ini berada kurang lebih 17 kilometer dari kota Solo, tepatnya berada di Kabupaten Sragen.

Museum Sangiran ini memiliki koleksi penemuan purbakala berupa kerangka manusia purba yang disebut dengan pithecanthropus erectus.

Museum Sangiran ini sangat cocok dijadikan salah satu destinasi wisata keluarga karena bisa sekaligus menunjukkan sejarah penemuan kerangka manusia purba kepada putra putri Anda.

Tempat rekreasi di Solo ini buka dari hari selasa sampai hari minggu (hari senin tutup) mulai dari jam 08.00 sampai 16.30 WIB. Biaya masuk Museum Sangiran per orang hanya Rp 3.500 saja.

4. Museum Keris

Satu lagi tempat rekreasi di Solo yang sangat kental dengan nuansa tradisional adalah Museum Keris. Di dalam Museum ini terdapat peninggalan berbagai macam keris.

Keris tertua yang disimpan di dalam museum ini adalah keris peninggalan dari jaman kerajaan Majapahit. Museum Keris di Solo ini dibuka setiap hari mulai dari jam 09.00 sampai 16.00.

Biaya masuk Museum Keris di Solo ini juga cukup murah. Anda hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 6.000 per orang.

Baca Juga : Tempat Wisata di Solo

5. Museum Radya Pustaka

Jika berkunjung ke kota Solo, pastikan untuk meluangkan waktu untuk mengunjungi Museum Radya Pustaka yang berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Solo.

Kenapa? Karena Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua peringkat kedua di Indonesia. Di dalam Museum ini terpajang banyak peninggalan sejarah seperti arca, wayang, alat musik kuno, dan juga berbagai macam buku kuno.

Selain itu, Museum Radya Pustaka ini juga menyimpan berbagai macam naskah berharga dari jaman kerajaan.

Museum Radya Pustaka ini buka untuk umum mulai dari hari minggu sampai selasa (hari senin tutup) dari jam 08.30 sampai 13.00. Tarif masuk tempat rekreasi di Solo ini hanya Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak-anak yang mengenakan seragam sekolah.

6. Monumen Pers

Tempat Rekreasi di Solo-Monumen Pers

Monumen Pers juga termasuk salah satu museum yang berisi barang-barang tradisional. Di dalam Monumen Pers ini, Anda bisa melihat berbagai macam sejarah jurnalistik nusantara mulai dari Koran terbitan pertama sampai dengan berbagai macam alat komunikasi jaman dulu.

Monumen Pers berlokasi di jalan Gajah Mada yang bisa dikatakan cukup strategis karena cukup dekat dari jalan utama yaitu jalan Brigjen Slamet Riyadi. Monumen Pers buka setiap hari dari jam 08.00 sampai 16.00 Wib.

7. Museum Batik Danar Hadi

Jika berbicara mengenai kota Solo, sudah pasti juga akan membicarakan mengenai kain Batik. Ya, kota Solo memang cukup terkenal dengan kerajinan kain batiknya.

Danar Hadi merupakan salah satu pengrajin kain Batik yang sudah cukup kondang namanya di Indonesia.

Jika sedang berkunjung ke kota Solo, tidak ada salahnya untuk melihat Museum Batik Danar Hadi yang berada di jalan Brigjen Slamet Riyadi. Tempat rekreasi di Solo ini tidak hanya menyajikan koleksi berbagai macam kain Batik saja, Andapun bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan kain Batik tulis.

Menariknya, Museum Batik Danar Hadi ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik saja, justru mayoritas pengunjungnya merupakan wisatawan mancanegara.

Museum Batik Danar Hadi buka setiap hari dari mulai jam 09.00 sampai 16.00. tarif masuk tempat rekreasi di Solo ini memang sedikit lebih mahal yaitu Rp 35.000 untuk umum dan Rp 15.000 untuk anak-anak berseragam sekolah.

Namun meskipun tarif masuknya tidak semurah tempat rekreasi di Solo lainnya, Anda pasti tidak akan pernah menyesal setelah melihat isi dari Museum Batik Danar Hadi.

8. Museum Bank Indonesia

Tempat rekreasi di Solo terakhir yang cukup kental dengan nuansa tradisionalnya adalah Museum Bank Indonesia.

Museum Bank Indonesia dulunya memang digunakan sebagai Bank Indonesia. Nuansa Kolonial Belanda terasa sangat kental di gedung ini karena memang gedung yang digunakan benar-benar asli hasil buatan Belanda.

Di dalam Museum Bank Indonesia ini Anda bisa melihat koleksi uang lama. Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi arsip dan foto-foto kuno di Museum Bank Indonesia Solo ini.

Museum Bank Indonesia Solo ini buka setiap hari dari mulai jam 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. Tarif masuk ke tempat rekreasi di Solo ini cukup murah yaitu hanya Rp 2.000 saja. Anak-anak sama sekali tidak dipungut tarif masuk.

Jadi jika nanti berencana untuk berkunjung ke kota Solo, silakan berkunjung ke 8 tempat rekreasi di Solo yang sudah direkomendasikan di artikel ini. Pastikan juga pulsa dan paket data Anda cukup agar liburan lebih menyenangkan. Bila Anda membutuhkannya sekarang, jangan khawatir karena banyak yang jual pulsa murah secara online.

Selain refreshing bersama keluarga, mengunjungi 8 tempat rekreasi di Solo tersebut juga sekaligus bisa mengajarkan budaya dan sejarah kepada putra putri Anda bukan?

Related Post "8 TEMPAT REKREASI DI SOLO NUANSA TRADISIONAL"

Destinasi Tempat Wisata Romantis di Yogyakarta
Tempat Wisata Romantis di Yogyakarta. Jogja merupakan
Daftar Tempat Wisata Kuliner di Malang yang Legend
Daftar tempat wisata kuliner di malang yang
BUKIT JAMUR RANCABOLANG CIWIDEY BANDUNG
Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey Bandung - Jawa
TEMPAT WISATA BUKIT MOKO BANDUNG
Tempat Wisata Bukit Moko Bandung – Siapa