WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK

Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik – Pantai Klayar merupakan objek wisata yang indah dihiasi dengan bukit-bukit cantik di sekitarnya dan juga berbagai batu karang besar yang tak henti memecah ombak menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lokasi Pantai Klayar Pacitan ini terletak di Kabupaten Pacitan, wilayah provinsi Jawa Timur. Anda akan menghabiskan waktu kira-kira 2 jam perjalanan dengan kendaraan roda 2 dan roda 4 dari pusat Kota Pacitan karena jaraknya kurang lebih sekitar 40 km. Perjalanan menuju ke lokasi Pantai Klayar ini melewati daerah Kecamatan Pracimantoro yang berada di Kabupaten Wonogiri. Jalan menuju ke lokasi Pantai Klayar ini agak bergelombang dengan beberapa bukit dan tebing di sisinya. Sepanjang perjalanan juga Anda akan melihat cukup banyak terdapat gua-gua wisata. Cukup jauh dan melelahkan memang, namun pemandangan yang akan Anda dapatkan sepadan dengan perjalanan dan juga waktu yang Anda habiskan.

Wilayah Pacitan, sebelum SBY menjadi Presiden RI, lebih populer dengan Wisata 1000 gua karena banyaknya gua wisata di daerah ini. Namun sekarang ini, orang lebih banyak membicarakan surga tersembunyi yang ada di sana. Apalagi kalau bukan Pantai Klayar.

Rute pantai Klayar

Pantai unik di wilayah Pacitan, Jawa Timur
(Image: travelmatekamu.com)

Satu lagi yang asyik saat Anda melakukan perjalanan wisata ke Pantai Klayar Pacitan yang unik ini, Anda akan menemukan Batu Sphinx seperti di Negara Mesir, batu ini sebenarnya merupakan karang raksasa yang merupakan bagian tebing yang bentuknya menyerupai sphinx. Apabila dilihat dari jauh, tebing-tebing ini memang sangat mirip dengan patung Sphinx yang ada di Mesir sana. Anda bisa naik ke bagian atas tebing, tapi harus tetap berhati-hati karena tebingnya sangat curam.

Bukan cuma itu, Pantai Klayar juga mempunyai pemandangan yang tampak sangat indah serta ombak besar yang selalu berdebur di sepanjang pantai. Keindahannya semakin lengkap dengan jejeran nyiur yang tampak melambai dan pasir putih yang menghampar luas, sehingga membuat Anda leluasa bermain-main di sekitar pantai.

rute pantai klayar 2

Seruling samudera di Pantai Klayar
(Image; warawiriwisata.com)

Ada juga keunikan lainnya berupa karang bernama Seruling Laut atau Seruling Samudera yang terus bersiul. Seruling Samudera ini sebenarnya merupakan sebuah cekungan yang terdapat di bagian bawah batuan yang ada di perairan Pantai Klayar. Karena adanya cekungan tersebut, maka air laut masuk ke bagian dalam cekungan, kemudian air laut menyembur lagi ke atas permukaan melewati sela-sela yang terdapat di batuan. Karena hal tersebutlah akhirnya menghasilkan sebuah bunyi yang mirip dengan bunyi seruling.

Kata samudera sendiri digunakan karena air laut yang berada Pantai Klayar ini memang berasal dari perairan Samudera Hindia. Kuatnya semburan air di tepi pantai tergantung dari ombak yang mengalir di bagian bawah batuan. Memang sangat luar biasa keunikan yang terdapat di pantai ini.

rute pantai klayar 3

Pantai Klayar, surga tersembunyi di Pacitan
(Image: kacungngeblog.blogspot.com)

Pantai Klayar ini menurut sebagian wisatawan memiliki pemandangan cantik dan mirip dengan kawasan Pura Tanah Lot di Bali. Begitu juga bukit-bukit bebatuan serta ombak besar yang menjadi ciri khas dari Pantai Klayar, persis seperti yang dapat ditemukan di Tanah Lot.

Perjalanan wisata ke Pantai Klayar Pacitan yang unik ini memang menyenangkan. Sejak dulu Pantai Klayar memang cukup populer keindahan panoramanya. Mulai dari hamparan pasir putih, hingga bebatuannya yang menjulang dan eksotis. Apabila Anda beruntung, Anda dapat melihat sunset yang indah di pinggir pantai, sangat romantis, apalagi bagi Anda yang sedang berbulan madu. Karena lokasi yang cukup jauh dari Kota Pacitan, sebaiknya Anda membekali diri untuk menginap.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pantai klayar, pantai klayar pacitan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak