BERKEMAH DI TEMPAT WISATA CURUG LAYUNG BANDUNG

Berkemah Di Tempat Wisata Curug Layung BandungSelain lokasinya yang terdapat di Kawasan Bandung Utara yang berhawa sangat sejuk, Curug Layung juga berada pada ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Bagi para pecinta aktivitas di ruang yang terbuka serta dekat dengan alam, kawasan air terjun yang eksotis ini patut untuk dipertimbangkan menjadi destinasi wisata untuk mengisi liburan. Apalagi tidak sedikit aktivitas yang dapatdilakukan di tempat wisata yang satu ini.

Lokasi Curug Layung Bandung tepatnya beralamat di Desa Kertawangi, wilayah Kecamatan Cisarua, dan termasuk dalam pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Karena lokasinya yang berada di wilayah kaki Gunung Tangkuban Parahu, mata kita juga akan dimanjakan dengan hijaunya hutan dari segala penjuru mata angin. 

Curug Layung Cisarua Lembang
Camping Ground baru di Curug Layung

Lokasi Curug Layung ini berjarak hanya sekitar 2,5 km dari Curug Cimahi. Keindahan Curug Layung dapat dilihat setelah pengunjung berjalan kaki sekitar 500 meter dari pos tiket. Berbeda dengan trek menuju ke Curug Cimahi, untuk mencapai tempat wisata Curug Layung terbilang lebih landai. Sehingga cocok bagi pengunjung yang suka dengan hiking. Dan ini dapat ditempuh oleh anak-anak usia balita hingga orang lanjut usia.

Apa saja yang bisa kita dapatkan dengan berkemah di tempat wisata Curug Layung Bandung? Secara umum, para pengunjung akan disuguhi panorama alam yang indah di sekitar perkebunan teh Sukawana. Di arah sebelah utara, mata pengunjung dapat memandang luas hutan alami Gunung Tangkuban Parahu. Di arah sebelah barat, terlihat jelas pemandangan Gunung Burangrang. Sedangkan, di arah selatan pemandangan para pengunjung akan terarah pada view kota Bandung Raya yang bentuknya berupa cekungan.

Wanawisata Curug Layung ini terbilang masih baru. Pihak Perhutani sebagai pemilik lahan di area Curug Layung memang baru membuka destinasi wisata ini pada tahun 2012 lalu. Sebelumnya, tempat yang indah ini tertutup untuk umum dikarenakan lokasinya termasuk wilayah untuk latihan Komando Pasukan Khusus atau Kopassus.

Menurut Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) wilayah Cisarua, Eem Sulaeman, kawasan curug Layung ini mulai bisa dikunjungi oleh umum mulai pada hari Lebaran di tahun 2012. Kawasan wisata Curug Layung ini diresmikan dengan soft opening pada hari Lebaran 2012. Dengan luas area wisata  sekitar 11,6 hektare, pengunjung diajak untuk berkemah karena memang Curug Layung ini dijadikan sebagai kawasan untuk camping ground.

Untuk dapat menampung para pecinta alam dan juga para pengunjung yang suka kemping, pihak pengelola telah menyediakan beberapa blok hamparan. Kapasitasnya sendiri mampu menampung hingga 2.000 orang dengan luas area sekitar 100 meter persegi, di kawasan Curug Layung juga terdapat sekitar 23 lapak yang dapat dipakai pengunjung untuk berkemah.

Selain pemandangan yang indah, udara yang sejuk dan pesona alam yang asri, memang tidak ada yang cukup istimewa di Curug Layung ini. Soalnya, air terjun atau Curug Layung sendiri tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 4 meter saja. Hanya saja tepat di bawah air terjun itu ada kolam yang berukuran cukup luas dan cukup dalam untuk berenang. Dan enaknya lagi, air kolam tersebut merupakan hulu sungai Cimahi yang masih sangat jernih.

Tidak hanya itu, jika sedang beruntung, para pengunjung juga dapat berinteraksi dengan beberapa hewan liar dan memberi mereka makan berang-berang ataupun kera ekor panjang yang masih cukup banyak terdapat di daerah sana. Namun jangan khawatir, karena disini tidak ada hewan buas, jadi aman untuk Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan di sekitar Curug Layung merupakan area tempat latihan Kopassus yang hampir setiap hari ada saja suara letusan yang membuat beberapa hewan buas seperti macan kumbang dan juga macan tutul menjauh.

Dikarenakan masih terbilang cukup baru, di tempat wisata Curug Layung belum mempunyai fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas. Namun, fasilitas lainnya seperti kamar mandi yang ada sudah cukup memadai. Untuk memenuhi kebutuhan makan para pengunjung juga di sana sudah terdapat warung-warung makan sederhana.
Curug Layung Cisarua Lembang 2
Berenang di Curug Layung
Saat ini pihak pihak pengelola sedang membangun sekitar 10 hingga 12 MCK baru di dekat Curug Layung dan satu buah mushala. Selain itu, tempat parkir juga akan diperluas hingga dapat  menampung 5 sampai 10 bus atau sekitar 50 unit mobil minibus. Ada juga pihak pengembang yang sedang membangun Dusun Bambu di dekat Curug yang akan dibuka akhir tahun 2013 ini. Sedangkan  grand opening Curug Layung Sendiri itu recananya digelar pada tahun 2014.

Bagaimana dengan Anda? Apakah merasa tertarik untuk berkemah di tempat wisata Curug Layung Bandung? Atau sekedar jalan-jalan menikmati panorama alam di Camping Ground yang masih baru ini? Tiket masuknya hanya sekitar 5000 rupiah saja.
Terima kasih telah membaca artikel tentang curug layung, berenang di curug layung. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "BERKEMAH DI TEMPAT WISATA CURUG LAYUNG BANDUNG"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
WISATA KULINER KE D’COST SEAFOOD DI BANDUNG
Wisata Kuliner Ke D’Cost Seafood Di Bandung
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali