Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Pulau Belitung

Pantai Tanjung Tinggi – Pulau Belitung merupakan pulau yang terletak di pantai timur sumatera dan berada diantara selat gaspar dan selat karimata. Pulau Belitung terdiri dari dua kabupaten yaitu kabupaten Belitung dengan ibukota Tanjung Pandan dan kabupaten Belitung Timur dengan ibukota Manggar.

Pulau Belitung ini terkenal dengan lada putih yang dihasilkan dari sektor perkebunan. Sedangkan di bidang pertambangan, pulau Belitung terkenal dengan pasir kuasa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Pulau ini adalah salah satu pulau di indonesia yang kaya akan keindahan wisata baharinya seperti pantai tanjung kelayang, punai, penyabong, nyiur melambai, dan pantai tanjung tinggi.

Keindahan Pantai di Pulau Belitung

Pulau Belitung merupakan pulau yang dikenal dengan keindahan pantainya. Pantai yang terdapat di pulau Belitung memiliki ciri-ciri pasir yang putih, air laut yang jernih, dan kaya akan bebatuan granit dengan berbagai bentuk dan ukuran. Berikut ini adalah daftar pantai yang terdapat di pulau Belitung.

Pantai tanjung kelayang

Pantai tanjung kelayang adalah salah satu pantai yang terletak di pulau Belitung yang terkenal dengan pasir yang putih dan air lautnya yang jernih dan tenang. Namun, di pantai tanjung kelayang ini memiliki jumlah batu granit yang terbilang cukup sedikit dibandingkan dengan pantai-pantai di pulau Belitung lainnya. Pantai tanjung kelayang ini memiliki satu ciri khas yang membedakannya dengan pantai lain yaitu batu kelayang yang menjadi maskot dari sail wakatobi. Lokasi pantai tanjung kelayang terletak di desa keciput kecamatan sijuk kabupaten Belitung.

Pantai punai

Salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata di pulau Belitung adalah pantai punai. Pantai punai terletak di Desa Tanjung Kelumpang Tenggara Kabupaten Belitung. Sama halnya dengan pantai tanjung kelayang, pantai punai ini memiliki pasir yang putih, air yang jernih, dan kaya akan batu granit yang berukuran kecil. Bagi anda yang menginginkan liburan dengan suasan yang asri dan tenang, pantai punai sangat cocok untuk menjadi salah satu pilihan.

Pulau memperak

Seperti yang kia tahu bahwa pulau Belitung merupakan pulau yang memiliki kekayaan dan keindahan pada sektor baharinya. Salah satu kekayaan bahari yang dimiliki pulau Belitung adalah pulau memperak dengan keindahan bawah lautnya yang memukau dan alami. Apabila anda mengujungi pulau memperak, anda akan disuguhi dengan pemandangan air laut yang berwarna biru dan bersih. Pulau memperak ini terletak di kabupaten Belitung timur.

Pantai Tanjung Tinggi Pulau Belitung Pernah Jadi Lokasi Syuting Film

Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Pulau Belitung

Bagi anda pecinta film Laskar Pelangi dan sedang mengunjungi pulau bangka belitung, tempat wisata yang wajib anda kunjungi adalah pantai tanjung tinggi. Pantai tanjung tinggi merupakan salah satu tempat yang dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi yang fenomenal pada tahun 2008. Pantai tanjung tinggi ini berada di Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk 31 km dari Kota Tanjung Pandan.

Nama tanjung tinggi berasal dari dua kata yaitu tanjung yang berarti semenanjung dan tinggi. Hal tersebut menjelaskan bahwa di pantai tanjung tinggi terdapat bebatuan granit yang besar dan tinggi. Pantai dengan luas 80 hektar ini memberikan kebebasan bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas. Diantaranya seperti berenang, surfing, memancing di sekitar batu granit yang menjulang tinggi, dan lain-lain.

Pantai tanjung tinggi merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang memiliki peminat paling banyak di bandingkan dengan pantai-pantai lainnya di pulau bangka belitung. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan pantai Tanjung Tinggi sebagai salah satu tempat syuting film Laskar Pelangi. Banyak orang dari dalam atau luar pulau Belitung tertarik untuk berbondong-bondong datang dan menyaksikan keindahan pantai tersebut, seperti yang digambarkan dalam film Laskar Pelangi.

Tak hanya itu, pantai tanjung tinggi ini juga memiliki keelokkan dan keindahan pantai yang menawan. Keindahan hamparan pasir yang putih dan halus, air laut yang hijau dan tenang, dan kaya akan bebatuan granit berbagai bentuk dan ukuran. Pepohonan yang menjulang tinggi sebagai tempat untuk berteduh dari sinar matahari menjadikan tempat ini menjadi surga bagi anda yang hobi untuk berlibur di pantai.

Tips Perjalanan ke Pantai Tanjung Tinggi

Agar perjalanan anda menyenangkan dan sesuai dengan rencana, sebaiknya anda mengikuti beberapa tips di bawah ini

  • Pada saat anda berenang atau snorkling, sebaiknya anda tetap berhati-hati dan waspada atas keberadaan ubur-ubur yang dapat membahayakan.
  • Sebagai wisatawan yang baik, sebaiknya anda tidak membuang sampah sembarangan dan membuang sampah tersebut di tempat yang telah disediakan.
  • Apabila anda ingin berkeliling dan menikmati pemandangan di sekitar batu granit dan pantai, sebaiknya anda tetap berhati-hati terhadap batu yang licin terutama batu yang bersentuhan dengan air. Selain berhati-hati terhadap batu yang licin, anda sebaiknya juga menghindari berjalan di bebatuan yang dipenuhi dengan kerang-kerang di atasnya. Kerang-kerang yang menyelimuti bebatuan tersebut sangat keras dan tajam sehingga dapat melukai kaki anda.
  • Bagi anda yang memiliki alergi terhadap seafood, sebaiknya berhati-hati dan memilih warung yang tidak menjual makanan yang menyebabkan alergi anda kambuh.

Fasilitas dan Akomodasi di Pantai Tanjung Tinggi

Bagi anda yang ingin berkunjung dan berlibur di pantai tanjung tinggi, tidak perlu khawatir terhadap fasiltas penginapan atau tempat makan. Fasilitas yang telah disediakan di pantai tanjung tinggi dapat dikatakan cukup lengkap. Antara lain warung makan, wc umum, tempat penginapan, penyewaan jetski, bahkan hotel berbintang.

Apabila anda lebih tertarik untuk menginap di hotel, sebaiknya anda menggunakan jasa hotel Lux Melati Hotel, Hotel Resort Grand Pelangi, dan Lor In dengan kisaran harga antara 600.000-1.500.000 per malam. Dengan harga yang anda bayarkan tersebut, anda akan mendapatkan pemandangan laut saat bermalam.

Fasilitas Transportasi

Apabila anda berniat untuk mengunjungi pantai tanjung tinggi, lebih baik anda menggunakan kendaraan pribadi atau agen wisata karena arah menuju pantai tanjung tinggi tidak lewati oleh transportasi umum. Setelah anda sampai di bandara H.A.S Hanandjoeddin, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau menyewa mobil menuju pantai tanjung tinggi. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai di pantai tanjung tinggi adalah 45 menit.

Kuliner di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai tanjung tinggi merupakan tempat yang cocok bagi anda pecinta seafood. Pantai tanjung tinggi merupakan laut yang menghasikan makanan laut yang cukup tinggi. Tidak sulit untuk menemukan berbagai masakan dan olahan makanan laut. Apabila anda mengunjungi pantai tanjung tinggi, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba dan menikmati masakan khas pulau Belitung yaitu gangan. Gangan adalah masakan olahan dari kelapa ikan, nanas yang masih muda, dan sayur yang dicampur dengan bumbu khusus. Gangan memiliki cita rasa yang pedas, asam, dan segar. Setelah anda puas berlibur di pantai tanjung tinggi, anda dapat membeli oleh-oleh khas pantai tanjung tinggi di sekitaran pantai. Oleh-oleh khas dari pantai tanjung tinggi adalah madu asli yang konon manfaat madu ini memiliki beragam khasiat untuk kecantikan. Selain itu ada juga kerupuk, hingga bumbu khas yang pulau Belitung.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai pantai tanjung tinggi di pulau Belitung. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk dapat menikmati perjalanan di pantai tanjung tinggi Belitung.

Tags: Pantai

Related Post "Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Pulau Belitung"

Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa Tengah
Tempat Wisata Pantai Sodong di Cilacap Jawa
Destinasi Wisata Pantai Sedahan, Surga Baru yang Tersembunyi
Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di
INDONESIA THE BEST DIVE DESTINATION 2017
Indonesia The Best Dive Destination 2017 -
TEMPAT WISATA PANTAI PASIH UUG DI NUSA PENINDA BALI
Tempat Wisata Pantai Pasih Uug di Nusa