7 CARA MENIKMATI WISATA CANDI BOROBUDUR

7 Cara Menikmati Wisata Candi Borobudur – Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur, tempat wisata yang satu ini memang sangat populer bukan hanya bagi wisatawan lokal, namun juga mancanegara. Borobudur merupakan nama sebuah candi Budha yang berada di wilayah Borobudur, Magelang – Jawa Tengah. Meskipun lokasinya berada di Kabupaten Magelang, tapi biasanya Candi Borobudur dimasukan sebagai paket wisata Jogja. Mungkin karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta. Sebelum tempatwisatamu.com memberikan 7 cara menikmati wisata Candi Borobudur, kita kenali dulu lebih dekat salah satu keajaiban dunia ini.

Lokasi Candi Borobudur
Untuk para wisatawan yang akan berwisata ke Borobudur tentu tidak akan kesulitan. Lokasi candi Borobudur adalah kurang lebih berjarak 100 km di arah sebelah barat daya Kota Semarang, 86 km di arah barat Surakarta, dan 40 km di arah barat laut Yogyakarta.
Candi Borobudur
Salah satu keajaiban dunia

Desain Candi Borobudur

Menurut sebagian sejarawan, Candi yang berbentuk stupa ini pada zaman dulu didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana, tepatnya sekitar tahun 800 Masehi yang pada masa itu berada di bawah pemerintahan wangsa Syailendra. Situs Wikipedia mencatat bahwa monumen Borobudur ini terdiri atas enam buah teras yang berbentuk bujur sangkar dan di bagian atasnya terdapat tiga buah pelataran yang berbentuk melingkar, pada bagian dindingnya dihiasi oleh lebih dari 2.600 panel relief dan juga terdapat 504 arca Budha. Stupa utama yang paling besar terletak di bagian tengah yang sekaligus memahkotai bangunan Candi yang eksotis ini, dikelilingi oleh 3 barisan yang melingkar dengan 72 stupa berlubang yang di bagian dalamnya terdapat sebuah arca Budha sedang duduk bersila dalam sebuah posisi teratai sempurna juga dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra alias memutar roda dharma.
Candi Borobudur
Borobudur, tempat wisata dan berziarah
Monumen ini adalah sebuah model alam semesta yang dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Sang Budha sekaligus juga berfungsi sebagai tempat berziarah untuk menuntun seluruh umat manusia berpindah dari alam nafsu duniawi menuju ke dalam pencerahan dan kebijaksanaan sesuai dengan ajaran Budha.

Sejarah Pemugaran Candi Borobudur
Menurut bukti-bukti sejarah yang dikemukakan sebagian sejarawan, Candi Borobudur ditinggalkan pada sekitar abad ke-14 seiring dengan melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan juga Budha di Pulau Jawa serta mulai masuknya ajaran Islam. Dunia mulai menyadari tentang keberadaan bangunan Candi ini sejak ditemukan di tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang ketika itu menjadi Gubernur Jenderal Inggris atas tanah Jawa. Sejak saat itulah Borobudur telah mengalami berbagai upaya penyelamatan dan juga banyak pemugaran. Proyek pemugaran yang paling besar adalah pada kurun 1975 sampai 1982. Atas usaha Pemerintah Republik Indonesia dan juga UNESCO, kemudian Candi bersejarah ini hingga termasuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia.
Candi Borobudur
Termasuk situs warisan dunia
Borobudur hingga kini masih digunakan menjadi tempat ziarah keagamaan. Setiap tahunnya, umat Budha banyak yang datang dari seluruh pelosok Indonesia serta dari mancanegara untuk memperingati hari Waisak. Di dalam dunia pariwisata, Candi Borobudur merupakan obyek wisata tunggal di negeri ini yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Wisata Di Candi Borobudur
Di Tempat Wisata Candi Borobudur, para wisatawan tidak hanya sekedar dapat menikmati peninggalan sejarah. Karena disini juga terdapat berbagai objek wisata menarik lainnya yang bisa dinikmati. dan beragam pilihan aktivitas yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah 7 Cara Menikmati Wisata Candi Borobudur.

1. Menunggangi Gajah Di Borobudur
Jika Anda merasa bosan dengan melihat-lihat dan berfoto di bangunan Candi Borobudur. Sebaiknya Anda mencoba untuk berkeliling menyusuri desa, sawah dan juga sungai dengan menunggangi gajah yang sudah tersedia dengan nama Safari Gajah Borobudur. Anda berkeliling dan melihat berbagai aktivitas warga perdesaan sekitar Borobudur secara langsung sekaligus menikmati udara segar.

2. Bersepeda Menyusuri Areal Borobudur
Menyusuri hijaunya areal persawahan di waktu pagi dan sore hari dengan menggunakan sepeda tentu akan menjadi aktivitas berlibur yang menyenangkan. Di sore hari juga para wisatawan bisa bersepeda dari lokasi Candi Borobudur menuju ke wilayah Candi Pawon serta Candi Mendut, kemudian perjalanan dapat dilanjutkan lagi dengan mengikuti ritual Chanting di kompleks Candi Mendut. Siang hari kita bisa menyewa sepeda yang ada di dalam areal candi dan kemudian singgah ke Museum Kapal Samudra raksa dan juga Museum Karma wibhangga.
Sunrise di Candi Borobudur
Menikmati sunrise di Borobudur
3. Mengunjungi Pedesaan Sekitar Borobudur
Kawasan wisata Candi Borobudurdikelilingi oleh berbagai wilayah perdesaan yang indah dan memiliki udara yang cukup segar. Selain itu, deretan desa-desa di sekitar Borobudur juga mempunyai pesona wisata dan keunikan tersendiri. Para wisatawan dapat berkunjung ke Dusun Klipoh untuk melihat dan belajar membuat berbagai jenis gerabah atau bisa berkunjung ke Dusun Jowahan untuk dapat menyaksikan joglo kuno yang usianya lebih dari satu abad. Untuk berbagai desa di sekitar Borobudur tersebut para wisatawan bisa berjalan kaki, naik andong ataupun dengan naik sepeda.

4. Naik Kereta Kelinci Di Borobudur
Jika Anda mengunjungi objek wisata Candi Borobudur bersama keluarga dan mempunyai anak-anak yang masih kecil, Anda dapat mengelilingi Candi Borobudur dengan naik kereta kelinci atau trackless train. Anak-anak pasti menyukainya jika dibandingkan dengan berjalan kaki tentu yang tentu saja akan cukup melelahkan.

5. Wisata Kuliner Borobudur
Berbagai menu kuliner di kawasan objek wisata Candi Borobudur memang cukup beragam. Namun salah satu menu kuliner yang cukup populer disini adalah Bakmi Jawa, sebuah menu kuliner yang melegenda karena terkenal kelezatannya. Anda juga dapat mencoba menu lain seperti Tongseng Jamur Pondok Selera yang ada di Jalan Balaputradewa. Selain rasanya yang enak, tongseng jamur ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol di tubuh kita.
Sunset di Candi Borobudur
Menikmati sunset di Borobudur
6. Menikmati Sunrise Di Borobudur
Menikmati terbitnya matahari di kawasan objek wisata Candi Borobudur akan menjadi pengalaman yang cukup berkesan. Setidaknya dua spot menarik yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menikmati Sunrise di candi Borobudur. Yang pertama adalah di puncak candi, Anda akan merasakan hangatnya mentari diantara keheningan pagi di tengah megahnya Candi Borobudur. Sedangkan yang kedua berada di atas puncak Bukit Punthuk Setumbu. Untuk mencapai tempat yang indah ini Anda harus berjalan kaki dengan melintasi hutan dan ladang yang hijau. Dari ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, para wisatawan akan disuguhi pemandangan Sunrise di Candi Borobudur yang masih berselimutkan kabut.

7. Menikmati Sunset Di Borobudur
Sebagai penutup hari pada perjalanan wisata Anda, bersama para pengunjung lain Anda bisa menikmati indah dan romantisnya suasana senja diantara deretan stupa. Cahaya mentari yang perlahan memudar dan seolah tenggelam menambah keindahan tersendiri bagi siapapun yang menyaksikannya. Jangan lupa untuk mengamambil sudut yang bagus untuk berfoto ya!

Happy Traveling! ^_^
Terima kasih telah membaca artikel tentang menikmati sunset di borobudur, sunset candi borobudur. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "7 CARA MENIKMATI WISATA CANDI BOROBUDUR"

BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik